Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Penetapan Pemenang KSN SD, SMP dan SMA Tingkat Nasional Tahun 2021

Pemenang KSN SD, SMP dan SMA 2021 Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Penetapan Pemenang KSN SD, SMP dan SMA Tingkat Nasional Tahun 2021
Pemenang KSN SD, SMP dan SMA 2021

Kompetisi Sains Nasional (KSN) diselanggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dan dilakukan secara rutin tiap tahunnya untuk dimaksudkan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik, memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang sains. dan juga ditujukan untuk melakukan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional.

Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diberitahukan bahwa perubahan organisasi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berdasarkan peraturan tersebut, maka telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik.

Sehubungan dengan hal tersebut, lebih lanjut diinformasikan bahwa Kegiatan Lomba, Festival, dan Kompetisi jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, Pendidikan Khusus, dan Pendidikan Tinggi pada tahun 2020 akan diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

Perubahan organisasi ini diikuti juga dengan perubahan nama "Olimpiade Sains Nasional (OSN)" menjadi "Kompetisi Sains Nasional (KSN)", dan beberapa perubahan istilah lainnya pada Kompetisi Sains Nasional 2020 adalah sebagai berikut:
  • Kemendikbud adalah Kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan tinggi, dan pendidikan masyarakat, serta pengelolaan kebudayaan.
  • Ditjen Dikdasmen (Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah) adalah Unit Utama di Kemdikbud yang mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan dasar, menengah dan tinggi.
  • Direktorat Pembinaan SMA adalah Unit Eselon II di Kemdikbud yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pembinaan sekolah menengah atas.
  • Bidang Sains adalah cabang-cabang sains yang dilombakan dalam Kompetisi dan disebutkan dalam pedoman, panduan, POS atau peraturan pelaksanaan KSN lainnya
  • Kompetisi Sains adalah sebuah kegiatan kompetisi siswa pendidikan dasar dan menengah di bidang sains, yang diatur dengan seperangkat regulasi dalam kerangka sistem kompetisi untuk menentukan juara-juara
  • Kompetisi Sains Nasional (KSN) adalah Kompetisi sains yang diselenggarakan di tingkat nasional
  • Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P) adalah Kompetisi sains yang diselenggarakan di tingkat provinsi
  • Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K) adalah Kompetisi sains yang diselenggarakan di tingkat kabupaten/kota
  • Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSN-SS) adalah Kompetisi sains yang diselenggarakan di tingkat satuan pendidikan
  • Kompetisi Sains Internasional adalah kompetisi/olimpiade yang diselenggarakan pada tingkat internasional dalam berbagai bidang sains, dimana masing-masing bidang umumnya diselenggarakan sendiri-sendiri oleh lembaga/institusi pemerintah ataupun non-pemerintah dari suatu negara.

KSN diselenggarakan selain sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi sains, teknologi, dan matematika, kegiatan ini juga sesungguhnya adalah wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh dan cinta tanah air. Melalui KSN juga kita peroleh siswa terbaik calon-calon duta bangsa yang akan kita ikutsertakan dalam Kompetisi sains internasional.

Oleh karena itu KSN yang setiap tahun yang rencananya diselenggarakan harus dapat berjalan dengan sebaik-baiknya sejak tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota hingga ke tingkat internasional.

Download Penetapan Pemenang KSN SD, SMP dan SMA tingkat Nasional Tahun 2021


Selengkapnya mengenai file Penetapan Pemenang KSN SD, SMP dan SMA Tingkat Nasional Tahun 2021 ini bisa anda download melalui link dibawah ini:

  • Pemenang KSN SD Tingkat Nasional - DOWNLOAD
  • Pemenang KSN SMP Tingkat Nasional - DOWNLOAD
  • Pemenang KSN SMA Tingkat Nasional - DOWNLOAD

Demikian informasi mengenai Penetapan Pemenang KSN SD, SMP dan SMA tingkat Nasional tahun 2021. Semoga bermanfaat...

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.