Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 SD Halaman 190 193 194 195 dan 196 Subtema 4 Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 SD Halo adik-adik, kita akan mempelajari Kunci Jawaban Lengkap Tema 8 Kelas 3 Subtema 4 Aku suka Bertualang Pembelajaran 4 halaman 190, 193, 194, 195, 196.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 SD Halaman 190 193 194 195 dan 196 Subtema 4 Pembelajaran 4
Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 SD
Halo adik-adik, kita akan mempelajari Kunci Jawaban Lengkap Tema 8 Kelas 3 Subtema 4 Aku suka Bertualang Pembelajaran 4 halaman 190, 193, 194, 195, 196.

Sebelum melihat kunci jawaban ini, sebaiknya adik-adik mengerjakan terlebih dahulu sesuai kemampuan. Kunci jawaban ini hanya digunakan sebagai pedoman orang tua atau wali.

Dirangkum dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk Kelas 3 SD/MI Tema 8 Subtema 4 berikut kunci jawabannya:

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 190-191

Ayo Berlatih



denah lokasi kemah


Denah lokasi perkemahan menunjukkan posisi setiap tempat dengan baik. Meja makan ada di sebelah timur tenda pembina. Kamar kecil ada di sebelah barat tenda utama. Pusat air minum ada di sebelah utara meja makan. Sementara tungku ada di sebelah selatan tenda anggota pramuka. Seorang anggota pramuka akan menuju tenda pembina.

Tentukan arah yang harus dilewati anggota tersebut!

Dari tenda anggota pramuka akan berjalan ke arah barat sampai menuju tungku. Dari tungku anggota pramuka akan berjalan ke arah selatan menuju meja makan. Dari meja makan anggota pramuka berjalan ke arah barat menuju tenda pembina.


Cobalah membuat denah menuju lokasi perpustakaan sekolahmu! Gunakan simbol sesuai imaginasimu!

Lengkapi denah lokasi perpustakaan dengan keterangan arah mata angin!

Untuk jawaban ini, silahkan adik-adik jawab sesuai dengan denah lokasi perpustakaan masing-masing sekolah adik-adik.


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 193-194


Ayo Berlatih

Perhatikan beberapa peraturan perpustakaan berikut ini! Adakah kaitan aturan tersebut dengan sikap pengamalan sila Pancasila? Sebutkan bunyi dan simbol sila Pancasila yang sesuai dengan aturan tersebut! Berikan pula alasannya!

1. Meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?

Meminjam buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengembalikan buku sesuai dengan waktu yang ditetapkan artinya memberi kesempatan yang sama untuk yang lain.


2. Memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?

Memperbaiki buku yang rusak dan mengganti buku perpustakaan yang hilang. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengganti buku yang rusak sama dengan memberi kesempatan yang sama kepada anggota perpustakaan lain.


3. Menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?

Menjaga ketertiban selama berada di perpustakaan. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila kelima yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Menjaga ketertiban agar anggota perpustakaan lain dapat memanfaatkan perpustakaan dan dapat memberi kesempatan yang sama kepada anggota perpustakaan lain


4. Ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya. Apakah aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila?

Ikut serta menjaga kebersihan perpustakaan dengan cara kerja bakti bersama anggota perpustakaan lainnya. Hal itu sesuai dengan pengamalan sila Pancasila. Aturan tersebut sesuai dengan pengamalan sila Pancasila, yaitu sila ketiga Pancasila yang berbunyi Persatuan Indonesia.


Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 Halaman 195-196


Ayo Bercerita

Apakah kamu pernah melakukan sikap adil terhadap keluarga? Buatlah cerita tentang sikap adil yang pernah kamu lakukan! Buatlah cerita dalam 3 paragraf! Tuliskan terlebih dahulu pikiran pokok dari setiap paragraf!

Aku sangat menyayangi adikku. Usianya yang ada di bawahku membuatnya tidak bisa lepas dari pantauanku. Dia adalah tanggung jawab keduaku setelah diriku sendiri. Dia juga teman bermainku.

Aku selalu membagi segala sesuatu dengan adil. Misalnya saja saat menggunakan mainan. Meski adikku lebih muda, hak kami sama. Walau kadang kami berebut, sering aku sengaja mengalah demi adiikku tersayang.

Sikap adil menambah kasih sayang. Bersikap adil terhadap adik membuat aku semakin sayang kepada adiku. Adiku adalah saudaraku yang harus kusayangi.


Kegiatan Bersama Orang Tua


Orang tua membantu siswa mencari contoh kegiatan di rumah yang sesuai dengan pengamalan sila Pancasila.

1. Ajarkan kepedulian kepada anak.
Mulai dari hal-hal sepele seperti jangan buang sampah Sembarangan.

2. Berikan anak tanggung jawab
Berilah ia suatu pekerjaan ringan dan ajarkan anak untuk bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. Misal nyapu atau ngepel dan membersihkan kamar tidur.

3. Adil
Adil dalam segala hal, selalu menyangi anak dan tidak pilih kasih.

Sekian postingan kami untuk Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 SD Halaman 190 193 194 195 dan 196 Subtema 4 Pembelajaran 4 ini. Semoga dapat membantu adik-adik dalam belajar,

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.