Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SD Tahun 2021

Silabus KSN SD 2021 Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset. dan Teknologi telah menerbitkan Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021. Kompetisi Sains Nasional tingkat SD merupakan salah satu wadah strategis untuk menyiapkan sumber daya manu…

Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SD Tahun 2021
Silabus KSN SD 2021
Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset. dan Teknologi telah menerbitkan Silabus Kompetisi Sains Nasional KSN SD Tahun 2021.

Kompetisi Sains Nasional tingkat SD merupakan salah satu wadah strategis untuk menyiapkan sumber daya manusia memiliki kemampuan yang handal di bidang sains dan memiliki karakter kuat, kokoh, tahan uji.

Efektifitas program Kompetisi Sains Nasional ditentukan antara lain melalui proses persiapan pra Kompetisi baik di babak penyisihan maupun nasional,

Pelaksanaan KSN SD tahun 2021 masih di laksanakan secara daring/online seperti tahun sebelumnya. KSN SD tahun 2021 merupakan kompetisi ke-2 yang dilaksanakan secara daring/online oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). KSN SD tahun 2021 dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap, yaitu tahap penyisihan dan tingkat nasional.

Tujuan umum KSN SD tahun 2021 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong.

Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Sedangkan tujuan khusus KSN SD tahun 2021 adalah sebagai berikut.

  1. Menyediakan wahana bagi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk mengembangkan talenta di bidang Matematika dan IPA sehingga peserta didik dapat berkreasi, terampil, memecahkan masalah, dan mampumengembangkan seluruh aspek kepribadiannya.
  2. Memotivasi peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat untuk selalu meningkatkan kemampuan spiritual, emosional, dan intelektual berdasarkan norma dan tata nilai yang baik.
  3. Untuk mengaplikasikan pengetahuan bidang Matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari.
  4. d. Memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran Matematika, dan IPA di SD dan atau yang sederajat;e.memotivasi institusi/lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan,
  5. Memotivasi para pemangku kepentingan untuk menyosialisasikan dan menanamkan nilai-nilai spiritual, emosional, dan intelektual pada lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya.

Tema dari KSN SD tahun 2021 adalah “Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesiaku Kuat”. Sedangkan sasaran KSN SD tahun 2021. yaitu peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat.

Download Silabus KSN SD Tahun 2021

Dan pada tahun 2021 Pusat Prestasi Nasional membuat silabus Kompetisi sains nasional (KSN) SD tahun 2021. Silabus KSN SD tahun 2021 dimaksudkan untuk bertujuan memberikan informasi cakupan materi KSN sesuai dengan kurikulum sekolah dasar.

Adapaun silabus KSN SD tahun 2021 berisi tentang Kisi-kisi soal KSN bidang IPA dan matematika tingkat SD atau yang sederajat,

Silabus mencakup kompetensi inti dan kompetensi dasar kelas IV, V dan VI serta pengembangan materi sesuai dengan olimipiade sains tingkat Internasional,

Silabus Kompetisi Sains Nasional SD Tahun 2021 selengkapnya dapat anda baca dan mengunduhnya melalui link berikut ini.


Demikian informasi mengenai Silabus Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SD Tahun 2021 yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.