Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendaftaran SNMPTN Sudah Dibuka, Simak 7 Langkah Sukses Mendaftar SNMPTN 2021


7 Langkah Sukses Mendaftar SNMPTN 2021
7 Langkah Sukses Mendaftar SNMPTN 2021
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN maupun SNMPTN Premium adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, selain seleksi mandiri (melalui Ujian Mandiri) serta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

SNMPTN diselenggarakan pertama kali oleh Ditjen Dikti tahun 2008 atas jawaban terhadap kisruh yang terjadi di forum rektor PTN se-Indonesia terkait penyelenggaraan SPMB oleh Perhimpunan SPMB Nusantara, yang dianggap tidak sesuai dengan pola keuangan PTN non-BHMN.

Pada awalnya, SNMPTN terdiri dari dua jalur yaitu SNMPTN undangan (seperti PMDK) melalui nilai rapot dan SNMPTN tulis melalui ujian tulis. Pada tahun 2013, SNMPTN tulis diubah nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). dan SNMPTN Undangan kemudian berganti nama menjadi SNMPTN (tidak pakai undangan) dengan kriteria seleksi penerimaan berdasarkan nilai rapot, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis lainnya.

Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 sudah dimulai hari ini, tanggal 15 Februari 2021. Bagi anda yang ingin mendaftar kuliah lewat jalur SNMPTN ini, silakan simak 7 langkah sukses mendaftar SNMPTN agar bisa diterima di PTN idaman.

SNMPTN merupakan jalur prestasi bagi PTN untuk memilih calon mahasiswa barunya. Persaingan terbilang ketat karena peminat SNMPTN ini tersebar dari seluruh penjuru negeri. Maka diperlukan ketelitian dan juga kehati-hatian agar tidak sampai terpental di jalur ini.

Dikutip dari instagram resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), 7 langkah sukses untuk mendaftar SNMPTN itu pertama adalah siswa melakukan login di portal LTMPT (portal.ltmpt.ac.id) menggunakan akun LTMPT dengan alamat email dan password yang telah terregistrasi.

Langkah kedua, siswa mengisikan Kelengkapan Data Orang Tua pada halaman Profil. Ketiga, siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan prodi yang dipilih pada halaman pilihan. Sedangkan langkah keempat adalah siswa mengisikan portofolio (sesuai kebutuhan prodi).

Berikut adalah langkah kelima yang menjadi langkah pendaftaran SNMPTN meski tidak wajib. Yakni siswa mengisikan prestasi apa yang telah diraih selama bersekolah pada halaman Prestasi di laman portal LTMPT yang telah disebutkan diatas.

Selanjutnya adalah langkah keenam yakni siswa melakukan finalisasi pada halaman Finalisasi. Lalu langkah terakhir pada proses pendaftaran SNMPTN ini adalah siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Pendaftaran SNMPTN akan dibuka pada 15 Februari pada oukul 15.00 WIB. Masa pendaftaran akan dibuka sampai dengan tanggal 24 Februari mendatang.

Artikel Terbaru :

Post a Comment for "Pendaftaran SNMPTN Sudah Dibuka, Simak 7 Langkah Sukses Mendaftar SNMPTN 2021"