Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang SMP Dalam Masa Pandemi Covid-19 - Guru Madrasah
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TRENDING
Loading...

Guru Penggerak

30 Jan 2021

Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang SMP Dalam Masa Pandemi Covid-19



Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang SMP
Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh
Meski belakangan pembelajaran tatap muka telah kembali digelar di beberapa daerah, namun masih banyak daerah yang masih harus menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Untuk membantu pembelajaran jarak jauh, Direktorat SMP menerbitkan Pedoman Pembelajaran Jarak Jauh.

Dalam modul ini, seluruh aspek yang berkaitan dengan penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh dijelaskan secara terperinci. Mulai dari latar belakang pembelajaran tatap muka, konsep dasar pembelajaran tatap muka, sampai dengan manajemen pembelajaran tatap muka.

Pada bab pertama, dijelaskan mengenai latar belakang, tujuan, serta sasaran pengguna. Pada bab ini diharapkan seluruh pihak di lapangan akan mengerti mengenai hal-hal tersebut, sehingga menjalankan pembelajaran jarak jauh dengan tujuan yang linier dengan pemerintah pusat. Pihak-pihak yang menjadi sasaran pengguna modul ini, juga diharapkan dapat memberi kontribusi sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Bab selanjutnya menjelaskan mengenai konsep pembelajaran jarak jauh. Bab ini menjelaskan secara detail mengenai metode pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh sendiri terdiri dua kategori, yaitu belajar terbimbing dan belajar mandiri. Kurikulum yang digunakan dalam PJJ adalah tetap mengacu pada kurikulum nasional yang selama ini dilaksanakan oleh satuan pendidikan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang disederhanakan untuk kondisi Khusus, sesuai SK Kabalitbang Nomor 18 Tahun 2020. Pilihan metode pembelajaran sesuai dengan zonasi, sistem penilaian, dan bahan ajar yang digunakan merupakan poin-poin krusial lain yang dimuat pada bagian ini.

Memasuki bab ketiga, kalian akan mendapatkan informasi mengenai langkah-langkah persiapan pembelajaran jarak jauh melalui serangkaian identifikasi. Proses pembelajaran jarak jauh juga diwujudkan dengan menerapkan sejumlah strategi khusus yakni menerapkan metode blended learning. Pembiayaan bahkan monitoring evaluasi dijelaskan pula pada modul ini, mengingat kedua hal tersebut juga menjadi bagian penting yang tak terpisahkan dalam proses pembelajaran.

Dengan memahami seluruh isi pada modul ini, maka diharapkan pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung dengan lancar tanpa terkendala. Selain itu, diharapkan pula tujuan pembelajaran jarak jauh bisa tercapai, agar para peserta didik bisa mendapatkan pengalaman belajar yang berarti meski tidak bisa bertatap muka. 

Download Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang SMP Dalam Masa Pandemi

Untuk mempelajari lebih lanjut, silakan unduh pedoman “Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh” melalui link yang kami sediakan dibawah ini.

Download File:
Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang SMP [Download]

Demikian informasi mengenai Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Jenjang SMP Dalam Masa Pandemi Covid-19 yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat..

sumber : http://ditsmp.kemdikbud.go.id/