Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala

Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala Pandemi Virus Corona (Covid-19) pada beberapa bulan belakangan berdampak pada berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali sektor pendidikan. Untuk membatasi penyebaran dan penularan virus corona (Covid-19) secara luas di satuan pendid…

Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala
Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala

Pandemi Virus Corona (Covid-19) pada beberapa bulan belakangan berdampak pada berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali sektor pendidikan. Untuk membatasi penyebaran dan penularan virus corona (Covid-19) secara luas di satuan pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengambil kebijakan penyelenggaraan Belajar dari Rumah (BDR). Kebijakan yang sama juga diterapkan di lebih dari 180 negara di dunia. Kebijakan BDR diyakini dapat berdampak pada perkembangan kognitif dan nonkognitif peserta didik yang selanjutnya dapat mempengaruhi wajah pendidikan di masa depan.

Beraneka ragamnya kondisi sosial-ekonomi, akses teknologi, serta kondisi wilayah sebaran Covid-19 menyebabkan pelaksanaan BDR serta capaian belajar peserta didik beraneka ragam. Oleh sebabnya, asesmen untuk mengetahui hambatan dan kelemahan peserta didik pada saat BDR perlu dilaksanakan. Asesmen yang meliputi aspek kognitif dan nonkognitif perlu dilaksanakan supaya pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kondisi peserta didik. Hasil asesmen memberikan dasar kepada guru untuk menetapkan perlakuan atau strategi yang tepat kepada masing-masing peserta didik. Remedial atau pengayaan yang dilaksanakan sebagai tindak lanjut hasil asesmen adalah upaya untuk memastikan tidak ada peserta didik yang tertinggal atau dirugikan.

Buku saku ini disusun untuk memberikan inspirasi, wawasan, dan panduan bagi Bapak dan Ibu guru dalam melaksanakan persiapan, pelaksanaan, diagnosis dan tindak lanjut yang tepat pada proses asesmen diagnosis. Diharapkan buku ini menjadi salah satu penguatan terhadap prinsip “teaching at the right level” (pembelajaran sesuai dengan tingkat) khususnya pada masa pandemik.

Pengertian Asesmen Diagnosis Kognitif 


Asesmen Diagnosis Kognitif merupakan asesmen diagnosis yang dapat dilakukan secara rutin, pada awal ketika guru akan memperkenalkan sebuah topik pembelajaran baru, pada akhir ketika guru sudah selesai menjelaskan dan membahas sebuah topik, dan waktu yang lain selama semester (setiap dua minggu/ bulan/ triwulan/ semester).

Tujuan Asesmen Diagnosis Kognitif


Asesmen Diagnosis Kognitif bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan dasar peserta didik dalam topik sebuah mata pelajaran. Asesmen diagnosis dapat mengandung satu atau lebih dari satu topik. Contoh: asesmen diagnosis untuk matematika kelas V bisa mengandung topik penjumlahan dan pengurangan saja, atau semua topik dalam mata pelajaran matematika (termasuk penjumlahan dan pengurangan, jaring-jaring bangun ruang sederhana, pecahan, dll).

Perlunya Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala


Kemampuan dan keterampilan peserta didik di dalam sebuah kelas berbeda-beda. Ada yang lebih cepat paham dalam topik tertentu, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami topik tersebut. Seorang peserta didik yang cepat paham dalam satu topik, belum tentu cepat paham dalam topik lainnya.

Asesmen diagnosis memetakan kemampuan semua peserta didik di kelas secara cepat, untuk mengetahui siapa saja yang sudah paham, siapa saja yang agak paham, dan siapa saja yang belum paham. Dengan demikian Bapak/ Ibu guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan peserta didik.

Buku Saku ini akan memberikan petunjuk pelaksanaan Asesmen Diagnosis Berkala, yang terdiri dari tiga tahap: (1) Persiapan; (2) Pelaksanaan; (3) Diagnosis dan Tindak Lanjut.

Download Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala


Selengkapnya mengenai Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala ini bisa anda unduh melalui link yang kami sediakan dibawah ini.


Demikian informasi mengenai Buku Saku Asesmen Diagnosis Kognitif Berkala yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat...

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.