Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Panduan Teknis Pelaksanaan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2020

Selasa, 15 September 2020 | Selasa, September 15, 2020 WIB Last Updated 2020-09-15T07:43:58Z
Panduan Teknis Pelaksanaan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2020
Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Juknis Gala Siswa Indonesia GSI SMP Tahun 2020. Di dalam upaya peningkatan prestasi peserta didik, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan telah menyusun berbagai kebijakan dan strategi.

Salah satu strategi tersebut adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Gala Siswa Indonesia (GSI) bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2020. Kegiatan ini juga merupakan implementasi Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Pentingnya Gala Siswa Indonesia (GSI) sebagai pengembangan talenta di bidang olahraga, khususnya sepakbola merupakan suatu apresiasi terhadap peserta didik dalam mengembangkan bakat minat.

Gala Siswa Indonesia (GSI) merupakan wadah bagi para peserta didik dalam menumbuhkembangkan bakat, minat dan prestasi dalam bidang sepakbola, melalui pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan sekolah.

Penyelenggaraan GSI ini diminati para pencinta sepakbola dalam menumbuhkan atmosfer pertandingan dan menghidupkan kembali pertandingan sepakbola mulai tingkat kecamatan hingga nasional.

Kondisi saat ini dimana Indonesia mengalami pandemi Covid-19 sehingga pelaksanaan Gala Siswa Indonesia (GSI) dilaksanakan melalui strategi daring (online). Untuk itu disusunlah juknis Gala Siswa Indonesia GSI SMP Tahun 2020 sebagai acuan dalam mengikuti seleksi GSI.

Pelaksanaan GSI di tengah pandemi Covid-19 ini tidak menurunkan semangat peserta didik untuk terus mengembangkan bakat minat di bidang sepakbola.

Mekanisme pada pelaksanaan GSI ini merupakan penyesuaian pada masa pandemi dengan mengikuti protokol kesehatan. Begitu pula dengan pelaksanaan GSI tingkat nasional, berbagai kemungkinan situasi pandemi Covid-19 dan penanganannya dapat terjadi dengan dinamika perkembangan yang cepat.

Di dalam mengantisipasi kondisi tersebut, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan 2 (dua) alternatif lain pelaksanaan GSI, selain pelaksanaan pertandingan tingkat nasional.

Tujuan

Tujuan pelaksanaan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2020 adalah sebagai berikut.
  1. Meningkatkan kecintaan dan apresiasi peserta didik terhadap cabang olahraga sepakbola.
  2. Meningkatkan kecakapan peserta didik dalam kolaboratif dan kooperatif.
  3. Meningkatkan semangat peserta didik menjaga kesehatan jasmani.
  4. Menumbuhkan jiwa sportivitas,kerja keras, disiplin, komunikatif, bersahabat menghargai prestasi, dan tanggung jawab.
  5. Mengembangkan bakat dan minat peserta didik sebagai pemain sepakbola.
  6. Mencari dan membina peserta didik bertalenta sepakbola.
  7. Menumbuhkan semangat nasionalisme peserta didik.

Sasaran

Sasaran Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2020 adalah seluruh siswa SMP di Indonesia yang terdaftar dalam DAPODIK per 31 Desember 2019, meliputi:
  1. Siswa kelahiran 1 Januari 2006 dan sesudahnya;
  2. Sekolah Menengah Pertama Negeri ;
  3. Sekolah Menangah Pertama Swasta ;
  4. Sekolah Menengah Pertama Terbuka ; dan
  5. SD – SMP Satu Atap.

Ruang Lingkup

Gala Siswa Indonesia adalah sebuah kompetisi sepakbola antar peserta didik jenjang SMP yang dilaksanakan bertingkat dari tingkat kecamatan (sekolah) sampai dengan tingkat nasional.

Tema

Tema GSI SMP tahun 2020 adalah Semangat Menolak Menyerah.

Strategi Penyelenggaraan

Mempertimbangkan kondisi sebagian besar wilayah Indonesia yang masih berzona merah/oranye/kuning dalam masa Pandemi Covid-19, serta masih berlakunya secara luas kebijakan PSBB, maka GSI SMP tahun 2020 ini dilaksanakan dengan sistem daring/online.

Sistem daring terdiri dari dua tipe, yaitu sinkron dan asinkron. Daring sinkron merupakan tipe daring yang terhubung dalam waktu yang sama seketika (realtime), contohnya adalah aplikasi zoom meeting dan google meet, dan lain-lain.

Daring asinkron merupakan tipe daring yang tidak terhubung dalam waktu yang tidak sama atau tertunda (tidak realtime) sebelum diunduh, contohnya adalah aplikasi Youtube, Whatsapp. Tipe daring singkron akan digunakan untuk kebutuhan bidang-bidang tertentu.

Download Panduan Teknis Pelaksanaan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2020


Panduan Teknis Pelaksanaan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2020 secara lengkap dapat di unduh pada link di bawah ini.


Demikian informasi mengenai Panduan Teknis Pelaksanaan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tahun 2020 yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat..

Artikel Menarik Lainnya :

CLOSE ADS
CLOSE ADS
×
Artikel Terbaru Update