Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Pendidikan Agama BERBASIS TIK Tahun 2020

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) menyelenggarakan Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Berbasis TIK Bagi Guru Pendidikan Agama TK/RA SD/MI SMP/MTS Tahun 2020. Adapun yang dimaksud Lomba Inovasi Pembelajaran Insp…

Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Pendidikan Agama BERBASIS TIK
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) menyelenggarakan Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Berbasis TIK Bagi Guru Pendidikan Agama TK/RA SD/MI SMP/MTS Tahun 2020. Adapun yang dimaksud Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Pendidikan Agama Berbasis TIK adalah lomba menciptakan kreasi baru model pembelajaran pendidikan agama dalam rangka menanamkan nilai-nilai damai yang berbasis teknologi informatika yang dapat menginspirasi guru-guru lain di Indonesia.

Hasil yang diharapkan dari Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Pendidikan Agama Berbasis TIK Tahun 2020 ini adalah sebagai berikut:
  1. Terwujudnya peningkatan kompetensi profesional guru-guru Pendidikan Agama pada aspek pengembangan pembelajaran inspiratif.
  2. Terciptanya budaya kompetisi dan pengembangan pembelajaran inspiratif dan berbasis teknologi.
  3. Terciptanya karya model pembelajaran inspiratif dalam penanaman nilai-nilai moderasi di sekolah tahun 2020.
Peserta Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Berbasis TIK Bagi Guru Pendidikan Agama di TK/RA SD/MI SMP/MTS Tahun 2020, adalah Guru Pendidikan Agama sekolah umum (TK, SD, SMP), madrasah (RA, MI, MTs.) maupun Sekolah Indonesiadi Luar Negeri (SILN) baik PNS maupun Non PNS yang masih aktif dibuktikan dengan surat keterangan aktif mengajar dari sekolah.

Bentuk Karya Lomba yang dilombakan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Berbasis TIK untuk Guru Pendidikan Agama di TK/RA SD/MI SMP/MTS Tahun 2020, berupa kreasi model pembelajaran inspiratif dalam menyajikan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum2013, seperti bahan ajar atau sumber ajar yang akan dijadikan bahan ajar para guru dalam mendiseminasikan moderasi beragama, dalam bentuk Power Point atau Video (Animasi, FilmPendek, Dokumenter, dan lain-lain)

Tema Lomba 


Tema Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Pendidikan Agama Berbasis TIK Tahun 2020 adalah Moderasi dari Sekolah, dengan Tema Internalisasi Nilai-Nilai Agama dan Budaya di Sekolah dalam

Menumbuhkan Moderasi Beragama, adapun sub tema pilihan yaitu sebagai berikut:
  1. Kebangsaan
  2. Keragaman
  3. Kearifan Lokal
  4. Toleransi
  5. Damai Itu Indah
  6. Cinta Tanah Air
  7. Melawan Hoax

Ketentuan Keikutsertaan

  1. Lomba bersifat individual (perorangan)
  2. Peserta adalah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama (Islam, Protestan, Katolik, Hindu, Budha, Khonghucu) TK/PAUD, SD/MI sederajat, danSMP/MTs sederajat maupun Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) baik PNS maupun Non PNS yang masih aktif dibuktikan dengan surat keterangan aktif mengajar dan rekomendasi dari kepala sekolah.
  3. Karya lomba belum pernah di ikutsertakan pada lomba apapun sebelumnya.
  4. Setiap peserta hanya dijinkan mengirimkan 1 (satu) karya lomba.
  5. Karya lomba harus asli buatan peserta.
  6. Menampilkan satu KD Kurikulum 2013 yang berlaku dan dikaitkan dengan menanamkan salah satu nilai pada subtema di atas.
  7. Mendownload Form Biodata Peserta, Surat Keterangan dan Rekomendasi Kepala Sekolah, Surat Keterangan Keaslian Karya Lomba,

Mekanisme Pengiriman


  1. Mengirimkan karya lomba dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Jika karya lomba dalam bentuk video,wajib diupload ke youtube dengan subject #moderasidarisekolah_nama peserta_nama sekolah
    • Jika karya lomba dalam bentuk ppt, wajib mengrimkan email ke agamabudayabnpt@gmail.com
    • adapun kelengkapan berkas yaitu Surat Keterangan dan Rekomendasi Kepala Sekolah,Surat Pernyataan Keaslian Karya Lomba, dan Biodata Peserta di scan dan dikirim dengan format PDFkeagamabudayabnpt@gmail.com
  2. Karya lomba yang telah dikirimkan menjadi milik panitia.

Juara lomba yang diputuskan, masing-masingakan mendapat sertifikat dan kenang-kenangan serta hadiah berupa dana pembinaan sebagai berikut:

  • Juara 1 : Rp15.000.000,-
  • Juara 2 : Rp12.500.000,-
  • Juara 3 : Rp10.000.000,-
  • Juara Harapan 1 : Rp 7.500.000,-
  • Juara Harapan 2 : Rp 6.000.000,-
  • Juara Harapan 3 : Rp 4.500.000,-
  • Finalis : Rp 3.250.000.-
  • Finalis : Rp 3.250.000.-
  • Finalis : Rp 3.250.000.-
  • Finalis : Rp 3.250.000,-

Download Juknis dan Poster Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Pendidikan Agama BERBASIS TIK


Download Poster Pengumuman Lomba
Download Petunjuk Teknis Pelaksanaan Lomba
Download Contoh Formulir Surat Pernyataan Orisinalitas Karya
Download Contoh Formulir SuratKeterangan dan Rekomendasi Kepala Sekolah
Download Contoh Formulir Biodata Peserta

Demikian informasi mengenai Lomba Inovasi Pembelajaran Inspiratif Pendidikan Agama BERBASIS TIK yang diselenggarakan oleh BNPT. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.