Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Petunjuk Teknis Kompetisi Madrasah Young Researcher Super Camp MYRES Tahun 2020

Sabtu, 29 Agustus 2020 | Sabtu, Agustus 29, 2020 WIB Last Updated 2020-08-29T04:55:38Z
Petunjuk Teknis Kompetisi Madrasah Young Researcher Super Camp MYRES Tahun 2020
Kegiatan Kompetisi Madrasah Young Researcher Super Camp MYRES Tahun 2020 diselenggarakan untuk menumbuhkembangkan bakat minat dan budaya meneliti untuk kalangan generasi muda.

Pelaksanaan kegiatan kompetisi MYRES Tahun 2020 perlu mengikuti protokol kesehatan, sehingga potensi penyebaran Covid-19 dapat dicegah.

Berdasarkan pertimbangan terssebut, maka diterbitkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang Petunjuk Teknis Juknis Pelaksanaan Madrasah Young Researcher Super Camp MYRES Tahun 2020.

Latar Belakang Kegiatan


Pendidikan nasional di Indonesia berubah sejak bulan Maret 2020 hingga sekarang. Kegiatan pembelajaran di dalam kelas berubah menjadi kegiatan belajar mengajar online.

Perubahan tersebut perlu dimaklumi karena memang menjadi salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Pemerintah melalui Menteri Kesehatan mengeluarkan Protokol Kebiasaan Baru untuk memulai tatanan baru bekerja, baik di kantor maupun industri.

Protokol tersebut mengharuskan agar masyarakat selalu hidup bersih dan menerapkan pola hidup sehat.

Hal ini menjadi tantangan terbesar pembangunan pendidikan di Indonesia, menunjukkan kesungguhan negara yang sedang berdaptasi dengan masa new normal Pandemi Covid-19 dengan ragam perubahan besar pada era revolusi industri ke empat seperti sekarang ini.

Di dalam menjawab tantang tersebut sekaligus sebagai perwujudan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka Direktorat Pendidikan Islam terus berupaya untuk membina dan mengembangkan bakat, minat, dan prestasi siswa Madrasah Aliyah melalui kegiatan kesiswaan.

Upaya tersebut juga sejalan dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan sebagai acuan dalam pengembangan dan pelaksanaan pembinaan kesiswaan.

Kompetensi intelektual, keterampilan, dan sikap siswa hanya dapat dicapai melalui kegiatan yang dapat mengakomodir berbagai kecerdasan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah mendorong siswa ke dalam aktivitas penelitian,

Untuk menghidupkan kegiatan penelitian di kalangan siswa Madrasah Aliyah, maka dilakukan lomba penelitian ilmiah dalam berbagai bidang ilmu yang dikemas dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Lomba Karya Tulis Ilmiah Siswa Madrasah Berbasis Riset.

Tujuan


Kompetisi MYRES Tahun 2020 bertujuan sebagai berikut.
  1. Memberikan peluang seluas-luasnya dalam rangka ruang gerak terbatas untuk tetap menggali keahlian dan pemikiran kreatif melalui riset dalam tatanan new normal di masa pandemi Covid-19.
  2. Memotivasi siswa Madrasah untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya.
  3. Membangun integritas dan sikap bertanggung jawab, kemampuan beradaptasi , kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan berkomunikasi dan kemampuan menulis karya ilmiah.
  4. Sarana pembelajaran bagi siswa Madrasah dalam menuangkan ide dan gagasan kreatif dalam bentuk tulisan.
  5. Menumbuhkembangkan budaya menelitia di kalangan siswa Madrasah.
  6. Mendorong pencapaian hasil penelitian yang orisinal, berkualitas, dan kompetitif.
  7. Mengembangkan potensi intelektual dan daya pikir kritis bagi siswa Madarasah terhadap situasi yang berkembang.


Hasil yang Diharapkan


Hasil yang diharapkan muncul dari kompetisi MYRES Tahun 2020 adalah sebagai berikut.
  1. Memaksimalkan kemampuan siswa Madrasah untuk terus kreatif dan berkomitmen untuk melalukan aktivitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
  2. Termotivasinya siswa Madrasah dalam berkreasi pada bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya.
  3. Terbangunnya integritas dan sikap bertanggung jawab, percaya diri, serta terampil dalam berkomunikasi, berpikir analitis melaluin ide-ide baru yang dituangkan dalam karya ilmiah.
  4. Berkembangnya budaya meneliti di kalangan Madrasah yang dapat menghasilkan peneliti berkualitas dan kompetitif.
  5. Mengembangkan siswa Madarasah untuk berpikir kritis dan bersikap intelektual.
  6. Terciptanya generasi yang berprestasi dan produktif.

Juknis Kompetisi Madrasah Young Researcher Super Camp MYRES Tahun 2020 secara lengkap dapat di unduh >>> DISINI

Demikian informasi mengenai Petunjuk Teknis Kompetisi Madrasah Young Researcher Super Camp MYRES Tahun 2020. Semoga bermanfaat..

Artikel Menarik Lainnya :

CLOSE ADS
CLOSE ADS
×
Artikel Terbaru Update