Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Buku Saku Tanya Jawab RPP 1 Halaman Terbaru dari Kemdikbud

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Baru-baru ini menerbitkan buku saku Tanya jawab rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) revisi terbaru thun 2020. Sebagaimana kita ketahui bersama, terkait dengan Penyederhanaan RPP, Mendikbud sudah memberika acuan untuk guru yang tertuang …

Inilah Buku Saku Tanya Jawab RPP 1 Halaman Terbaru dari Kemdikbud
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Baru-baru ini menerbitkan buku saku Tanya jawab rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) revisi terbaru thun 2020. Sebagaimana kita ketahui bersama, terkait dengan Penyederhanaan RPP, Mendikbud sudah memberika acuan untuk guru yang tertuang pada surat edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. 

Mengutip pernyataan Mas Menteri, esensi dari sebuah RPP adalah bukan dari sekedar penulisan RPPnya melainkan tentang proses refleksi guru terhadap pembelajaran yang terjadi. Guru saat menulis sebuah RPP, kemudian dilaksanakan dalam proses pembelajaran, dan guru melihat RPPnya kembali untuk melakukan refleksi apakah maksud dari RPP yang disusun telah tercapai dalam proses pembelajaran. Maka disitulah terjadipembelajarannya, bukan pada penulisan RPP yang berjumlah 10 halaman atau lebih yang hanya sekedar untuk administrasi saja.

Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya untuk mensosialisasikan kebijakan Penyederhanaan RPP ini kepada para pemangku kepentingan pendidikan. Salah satu upayanya adalah tersusunnya Buku Saku “Tanya Jawab RPP di Sekolah Dasar”. Buku saku ini memuat seputar tanya jawab tentang penyusunan dan pengembangan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan Kurikulum 2013. Harapannya buku saku ini dapat memberikan informasi dan pemahaman tentang esensi RPP sebagai suatu proses pembelajaran, khususnya untuk para guru. Semoga buku ini dapat memberikan stimulus untuk terus berkreasi dan berinovasi dengan bebas. Selamat membaca dan salam “merdeka belajar”!

Secara singkat tiga komponen inti yang harus dimuat dalam RPP dituliskan dalam buku saku ini melalui tanya jawab yang bisa rekan-rekan guru jadikan referensi dalam penulisan RPP. Berikut guru-id tuliskan penjelasan tentang komponen inti pada format rpp revisi terbaru 2020

Tanya

1. Apa yang dimaksud dengan Tujuan Pembelajaran

Jawab

Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

A. Tujuan Pembelajaran berdasarkan Behaviourism Tanya


Apa saja komponen tujuan pembelajaran?

Jawab

Dalam behaviourism, komponen tujuan pembelajaran terdiri atas audience (A), behaviour (B), condition (C), dan degree (D). Namun demikian, dalam konteks materi dan kemampuan tertentu komponen degree (D) bisa saja tidak ada.

Tanya

Apa yang dimaksud dengan audience, behaviour, condition, dan degree?

Jawab

Audience adalah siswa (peserta didik), yakni siapa yang mengikuti proses pembelajaran. Behaviour adalah perilaku siswa yang dapat diamati selama mengikuti proses pembelajaran. Rumusan perilaku ini berupa kata kerja aktif. Condition adalah persyaratan yang harus dipenuhi, sehingga perilaku yang diharapkan dapat ditunjukkan oleh siswa. Degree adalah tingkat keberhasilan pencapaian perilaku yang dapat berbentuk kecepatan, ketepatan, kuantitas, dan/atau kualitas, tetapi bukan nilai karakter.

Tanya

Seperti apa contoh tujuan pembelajaran?

Jawab
  1. Melalui kegiatan mengamati video daur air, siswa dapat menjelaskan tahapan proses terjadinya hujan secara tertulis.
    • Audience: siswa
    • Behaviour: menjelaskan tahapan
    • proses terjadinya hujan
    • Condition: melalui kegiatan mengamati video daur air 
    • Degree: secara tertulis
  2. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
    • Audience: siswa
    • Behaviour: berjalan lurus ke satu arah
    • Condition: setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana
    • Degree: dengan tepat
  3. Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
    • Audience: Siswa
    • Behaviour: Memperkenalkan diri
    • Condition: Melalui lagu
    • Degree: Tidak ada

*Komponen ABCD tidak harus disusun berurutan berdasarkan abjad

B. Tujuan Pembelajaran berdasarkan Non- Behaviourism Tanya


Apa saja komponen tujuan pembelajaran?

Jawab

Dalam non-behaviourism, komponen tujuan pembelajaran terdiri atas audience, behaviour, dan content

Tanya

Apa yang dimaksud dengan audience, behaviour, dan content?

Jawab

Audience adalah siswa (peserta didik), yakni siapa yang mengikuti proses pembelajaran. Behaviour adalah perilaku siswa yang dapat diamati selama mengikuti proses pembelajaran. Rumusan perilaku ini berupa kata kerja aktif. Content adalah materi yang terdiri dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan abstrak (keterampilan berpikir kognitif) dan keterampilan konkrit (keterampilan kinestetik)

Tanya

Seperti apa contoh tujuan pembelajaran?

Jawab

Contoh tujuan pembelajaran: 
  1. Siswa dapat menjelaskan tahapan proses terjadinya hujan melalui kegiatan mengamati video daur air.
    • Audience: siswa
    • Behaviour: menjelaskan
    • Content: tahapan proses terjadinya hujan
  2. Siswa dapat berjalan lurus ke satu arah pada permainan sederhana.
    • Audience: siswa
    • Behaviour: berjalan lurus ke satu arah
    • Content: permainan sederhana
  3. Siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
    • Audience: Siswa
    • Behavior: Memperkenalkan diri
    • Content: Nama panggilan Tanya

Apa yang dimaksud dengan langkah-langkah pembelajaran? 

Jawab

Langkah-langkah pembelajaran adalah urutan aktititas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. 

Tanya

Apa saja kegiatan yang harus dikembangkan pada setiap langkah pembelajaran? 

Jawab

Pendahuluan, berisi aktifitas guru dalam menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran yang dapat dilakukan dengan cara memberi motivasi belajar, mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan apa yang akan dipelajari, menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai, dan menyampaikan cakupan materi.

Inti, berisi aktifitas siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dengan menggunakan metode dan media pembelajaran serta sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan tujuan yang akan dicapai. Aktifitas proses pembelajaran tersebut dilaksanakan secara tematik integratif.

Penutup, berisi aktifitas bersama antara guru dan siswa dalam melakukan refleksi untuk mengevaluasi seluruh rangkaian aktifitas dan hasil-hasil yang diperoleh dari proses pembelajaran yang telah berlangsung, memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas serta menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya. 

Tanya

Apa yang dimaksud dengan penilaian pembelajaran? 

Jawab

Penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Download Buku Saku Tanya Jawab RPP 1 Halaman Terbaru dari Kemdikbud

Selengkapnya mengnai buku saku RPP 1 Halaman dari kemendikbud bisa anda unduh melalui tautan Google drive yang kami sediakan dibawah ini.

Download File:
Buku Saku Tanya Jawab RPP 1 Halaman Terbaru dari Kemdikbud

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Buku Saku Tanya Jawab RPP 1 Halaman Terbaru dari Kemdikbud. Semoga bermanfaat

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.