adsvertise

Friday, November 8, 2019

Materi Silaturahim Mendikbud RI Dengan Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI)

Materi Silaturahim Mendikbud RI Dengan Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI)



Materi Silaturahim Mendikbud RI Dengan Persatuan Guru Seluruh Indonesia
Selamat datang dan berkunjung kembali di blog Guru madrasah yang selalu menyajikan informasi terupdate seputar dunia pendidikan. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah hasil diskusi atau materi Materi Silaturahim Mendikbud RI Dengan Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) yang berlangsung pada tanggal 4 November 2019. Berikut adalah kutipan dari hasil diskusi tersebut dan faile lengkapnya bisa anda unduh di akhir postingan ini.

Sepanjang sejarah pergerakan nasional menuju kemerdekaan Negara Kesatuan Republik lndonesia peran perguruan swasta sangat penting Seperti Perguruan Ma'arif, Perguruan Muhammadiyah. Perguruan Taman Siswa, INS Kayu Tanam dll, mempunyai peran penting dalam menyiapkan pemimpin-pemimpin pergerakan nasional yang merupakan the founding fathers Negara tercinta Republik lndonesia.

Ki Hadjar Dewantoro sendiri yang menjadi Menteri Pendidikan Nasional pertama sekaligus Bapak Pendidikan Nasional yang hari lahirnya diperingati setiap tahun. sebagai Hari Pendidikan Nasional, adalah pendiri sekaligus guru atau pendidik di perguruan swasta Taman Siswa. Oleh karena itu dapat dikatakan, perguruan swasta termasuk didalamnya para guru swasta punya andil besar dalam menyiapkan pemimpin-pemimpin bangsa sekaligus berperan penting mengantarkan Republik Indonesia ini, merdeka dari kekuasaan penjajah.

Akan tetapi dalam sepanjang perjalanan sejarah sejak sebelum kemerdekaan maupun pasca kemerdekaan RI sampai saat ini para guru atau pendidik perguruan swasta belum memperoleh kondisi kerja yang terbaik sesuai dengan amanat konstitusi. Selama 68 tahun kemerdekaan posisi guru swasta seolah-olah terlepas dalam konstelasi berbagai kebijakan perbaikan pendidikan di lndonesia. Ketika para guru PNS sudah memperoleh kejelasan status dan kedudukan hukumnya dengan gaji rutin dan sejumlah tunjangan serta kondisi kerja yang memadai, sebagian besar guru swasta masih terus menggantungkan nasibnya pada dukungan dana masyarakat yang rata-rata berpenghasilan terbatas. Meskipun sejumlah subsidi pemerintah diberikan, tetapi sampai saat ini belum dapat mengangkat kondisi kerja guru swasta menjadi lebih baik. Banyak diantaranya masih memperoleh rata-rata gaji atau penghasilan dibawah upah minimum provinsi/kabupaten/kota tanpa memiliki jaminan sosial tenaga kerjanya.

Download Materi Silaturahim Mendikbud RI Dengan PGSI


Selengkapnya tentang Materi Silaturahim Mendikbud RI Dengan Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) bisa anda download DISINI

Demikian informasi tentang Materi Silaturahim Mendikbud RI Dengan Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) Semoga bermanfaat dan Terima Kasih atas kunjungannya
Baca Juga :



Copyright © 2019. Guru Madrasah - Portal Informasi Guru Madrasah Indonesia -