Buku Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL) - Guru Madrasah

2019/08/17

Buku Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL)



Buku Sintaks 45 Metode Pembelajaran
Buku ini menjelaskan tentang sintaks (prosedur/tata langkah) berbagai metode pembelajaran yang termasuk kedalam student centered learning atau pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, suatu sintaks pembelajaran menunjukkan dengan jelas kegiatan-kegiatan yang diperlukan oleh guru/dosen, tugas-tugas khusus yang harus dilakukan siswa/mahasiswa, disamping mengkaji model pembelajaran, buku ini juga mengkaji kelebihan, kelemahan dari metode pembelajaran.

Buku Sintaks 45 Metode Pembelajaran, Pendekatan scientific atau lebih umum dikatakan pendekatan ilmiah merupakan pendekatan dalam kurikulum 2013. Dalam pelaksanaannya, ada yang menjadikan scientific sebagai pendekatan ataupun metode. Namun karakteristik dari pendekatan scientific tidak berbeda dengan metode scientific (scientific method). Sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan, sasaran pembelajaran mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dielaborasi untuk setiap satuan pendidikan. Ketiga ranah kompetensi tersebut memiliki lintasan perolehan (proses psikologi) yang berbeda. Sikap diperoleh melalui aktivitas “menerima, menjalankan, menghargai,

Sudah bertahun-tahun para ahli meneliti dan menciptakan berbagai macam pendekatan mengajar. Salah satunya dikembangkan oleh para ahli di bidang pembelajaran, menelaah bagaimana pengaruh tingkah laku mengajar tertentu terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Joyce dan Weil (1996) dan Joyce, Weil, dan Shower (1992), setiap pendekatan yang ditelitinya dinamakan model pembelajaran, meskipun salah satu dari beberapa istilah lain digunakan seperti strategi pembelajaran, metode pembelajaran, atau prinsip pembelajaran.

Mereka memberikan istilah model pembelajaran dengan dua alasan. Pertama, istilah model pembelajaran memiliki makna yang lebih luas daripada suatu strategi, metode, atau prosedur. Model pembelajaran mencakup suatu pendekatan pembelajaran yang luas dan menyeluruh. Misalnya, problem-based model of instruction (model pembelajaran berdasarkan masalah) meliputi kelompok-kelompok kecil siswa bekerjasama memecahkan suatu masalah yang telah disepakati bersama. Dalam model ini, siswa seringkali menggunakan berbagai macam keterampilan dan prosedur pemecahan masalah dan berpikir kritis. Jadi, satu model pembelajaran dapat menggunakan sejumlah keterampilan metodologis dan prosedural.

Model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak dimiliki oleh strategi atau prosedur tertentu. Keempat ciri tersebut ialah (1) rasional teoritik yang logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya, (2) landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar (tujuan pembelajaran yang akan dicapai), (3) tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil; dan (4) lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai. Kedua, model dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi yang penting, apakah yang dibicarakan adalah tentang mengajar di kelas, atau praktek mengawasi siswa.

Model pembelajaran diklasifikasikan berdasarkan tujuan pembelajarannya, sintaksnya (pola urutannya), dan sifat lingkungan belajarnya. Penggunaan model pembelajaran tertentu memungkinkan guru dapat mencapai pembelajaran tertentu dan bukan tujuan pembelajaran yang lain. Suatu pola urutan (sintaks) dari suatu model pembelajaran menggambarkan keseluruhan urutan alur langkah yang pada umumnya diikuti oleh serangkaian kegiatan pembelajaran.

Download eBook Buku Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning

Selengkapnya mengenai Buku Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL) bis anda unduh melalui tautan berikut ini.

Unduh File :
Buku Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL)

Demikian informasi tentang Buku Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Semoga bermanfaat dan terima kasih.