Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Download Juknis Emis Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) Tingkat MI 2018-2019

Senin, 17 Desember 2018 | Senin, Desember 17, 2018 WIB Last Updated 2018-12-17T09:22:43Z
Juknis Emis Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) Tingkat MI 2018-2019
Pendataan Emis Capesun jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) melalui E-Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) sudah dimulai dan dibuka aksesnya melalui link: http://emispendis.kemenag.go.id/e-manajemen-un-mi/login.php

Berdasarkan surat edaran tentang pendataan siswa akhr MI (kelas 6) operator madrasah diberi kesempatan hanya tanggal 12 sampai dengan tanggal 22 Desember 2018, untuk lebih jelasnya silahkan simak isi surat edarannya di bawah ini :
  1. Optimalisasi pendataan madrasah ibtidaiyah siswa akhir Kelas 6 akan dilaksanakan tanggal 12-22 Desember 2018
  2. Selama periode tersebut Emis pada MI hanya akan difokuskan untuk peserta didik kelas akhir kelas 6
  3. Modul-modul lainnya akan ditutup untuk sementara waktu, termasuk aplikasi pendataan EMIS RA dan pemukaannya kembali menunggu pengumuman lebih lanjut
  4. Pendataan siswa akhir MI dapat dilakukan melalui web http://emispendis.kemenag.go.id/e-manajemen-un-mi
  5. Para pejabat penanggungjawab data EMIS dikanwil Kemenag Provinsi dan Kankemenag Kab/Kota bertanggung jawab untuk melakukan pemantauan dan pengawasan dalam pelaksanaan pendataan Madrasah Ibtidaiyah siswa akhir (kelas 6) sesuai dengan mekanisme dan waktu yang ditetapkan.

PETUNJUK TEKNIS APLIKASI MANAJEMEN UJIAN NASIONAL

  • Username dan password merupakan user dan password yang sama dengan aplikasi emis_madrasah atau yang sudah teregister dalam e-monitor
  • Setelah proses autentifikasi berhasil, akan terlihat beranda seperti gambar diatas.bagian kiri terdapat menu Bagian kanan merupakan informasi terait dengan siswa dan pengunduhan file .ez dan  berita Acara
Mengisi data administrasi persuratan
Dapat diakses melalui menu bagian kiri. Klik Informasi - Dokumen
Terdiri dari 3 kelompok Data :

Informasi Kepala Madrasah
Melengkapi Nama (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil), NIP (jika ada) dan Alamat (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil. Sebaiknya di ketik manual, kalaupun dicopy paste pastikan alamat dalam satu baris. Contoh Jl. Gunung Sahari No. 123 RT.001 RW.002 Kec. Pasar Baru. Kota Jakarta Pusat. DKI Jakarta)

Informasi Panitia UN
Diisi sesuai data penyelenggara UN (penerima file .ez).
Melengkapi Nama (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil), NIP (jika ada) dan Alamat (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil. Sebaiknya di ketik manual, kalaupun dicopy paste pastikan alamat dalam satu baris. Contoh Jl. Gunung Kencana No. 234 RT.001 RW.002 Kec. Pasar Kemis. Kab. Tangerang, Banten)

Informasi Kasi Madrasah/Pendidikan Islam
diisi brdasarkan Kasi Madrasah/Pendidikan Islam Kab/kota. Melengkapi Nama (ditulis dengan huruf awal kata BESAR selanjutnya huruf kecil), NIP (jika ada)

Untuk mendapatkan  templat, pada bagian kiri klik ‘template’.

Template terdiri dari 2 bagian :

Template Siswa
Klik template - Siswa Kelas Akhir, secara otomatis aplikasi akan memfilter siswa kelas akhir yang akan mengikuti UN.
Dilarang mengcopy paste data Siswa. Dikarenakan setiap siswa akan ID Siswa yang berbeda

Template Ruang Kelas
Fungsinya template ini, mengambil kode dan nama rombel  sebagai referensi pada pengisian data Template Siswa.

Klik template - Ruang Kelas, secara otomatis aplikasi akan menampilkan data ruang kelas / rombel beserta kode rombel. Jika ruang kelas belum lengkap, pengguna dapat menambahkan. Dilarang/hindari menghapus Ruang Kelas/Rombel. Karena akan mempengaruhi data EMIS_MADRASAH

Dilarang mengcopy paste data Ruang Kelas. Dikarenakan setiap siswa akan ID Rombel yang berbeda

Cari Siswa
Fungsi menu ini adalah untuk mencari siswa yang belum masuk dalam daftar siswa kelas akhir (dikarenakan proses mutase) yang akan mengikuti UN.

Setelah dilakukan pencarian akan terlihat informasi Siswa beserta ID EMIS.

ID EMIS ini yang nanti akan dimasukan dalam baris baru/registrasi pada file template. Untuk ID Madrasah/Sekolah dapat mengcopy paste dari baris sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai Juknis Emis Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) Tingkat MI Tahun 2018-2019 ini bisa rekan-rekan operator unduh melalui tautan link yang kami sediakan berikut ini.

Unduh File :
Juknis Emis Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) Tingkat MI 2018-2019
Demikian informasi mengenai Juknis Emis Manajemen Ujian Nasional (E-Manja) Tingkat MI tahun Pelajaran 2018-2019. Semoga bermanfaat..

Artikel Menarik Lainnya :

CLOSE ADS
CLOSE ADS
×
Artikel Terbaru Update