Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Contoh Format Surat Permohonan Pengganti Blangko Ijazah

Jumat, 13 Oktober 2017 | Jumat, Oktober 13, 2017 WIB Last Updated 2017-10-13T01:25:42Z
format surat permohonan pengganti blanko ijasah
Mengapa blanko ijasah harus diganti? Blangko ijazah diganti tentunya karena terjadi masalah, misalnya saja hilang, rusak, atau kesalahan dalam penulisan nama dan data lainnya. Oleh karena itu penulis ijazah harus hati-hati dan teliti dalam menulis ijazah agar tidak terjadi kesalahan yang fatal sehingga berakibat ijazah rusak. jika sudah terjadi maka langkah atau solusi yang tepat adalah mengajukan permohonan Ijazah baru.

Jika terjadi kesalahan maka ijasah tidak boleh di tipe-x, karena sudah jelas tertuang dalam juknis penulisan ijazah dilarang atau tidak boleh men tipe-x atau mencoret ijazah karena akan menyebabkan blangko rusak. Jika terjadi kesalahan pada penulisan nama, tempat tanggal lahir, nisn atau nama orang tua, disarankan agar menghapus menggunakan penghapus pena. hal tersebut sesuai dengan peraturan Kepala Balitbang Kemendikbud RI No 018/H/EP/2017 tentang Petunjuk Teknis Pengisian Blangko Ijazah Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2016/2017 yang bisa rekan guru lihat DISINI.

Adapun untuk lebih Jelasnya mengenai solusi jika terjadi kesalahan penulisan ijazah silahkan anda baca penjelasan berikut:
  • Bila terjadi kesalahan penulisan ijazah, tidak boleh dihapus dengan tip-ex atau dicoret, akan tetapi harus diganti dengan blangko ijazah yang baru.
  • Ijazah yang mengalami kesalahan penulisan harus disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudut yang berlawanan baik pada halaman muka maupun halaman belakang blangko ijazah
  • Ijazah yang salah dalam pengisiannya harus dilaporkan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota dengan mencantumkan no seri ijazah yang salah tersebut.
  • Ijazah yang salah dalam penulisannya harus dimusnahkan dengan disertai berita acara pemusnahan ijazah yang ditandangani oleh kepala sekolah dan disaksikan oleh pihak kepolisian
  • Jika terjadi kesalahan penulisan ijazah setelah pemusnahan blangko ijazah salah dan tidak terpakai, maka sekolah dapat mengeluarkan ralat berupa surat keterangan yang menyatakan terjadi kesalahan dalam pengisian ijazah. Surat keterangan di tandatangai oleh kepala sekolah
  • Membuat surat permohonan atau pengajuan Penggantian kesalahan penulisan Blangko Ijazah atau rusak, hilang dll. 
CONTOH SURAT PERMOHONAN PENGGANTIAN BLANGKO IJAZAH

Untuk membantu rekan guru atau administrator sekolah dalam membuat surat permohonan pengganti ijasah, maka Guru Madrasah akan membagikan contoh surat tersebut dalam bentuk words sehingga siap edit dan bisa digunakan untuk penggantian blangko ijzah SD, SMP, SMA, SMK.

Jangan lupa pada surat ditambahkan kop sekolah, nomor seri ijazah dan keterangan rusak. Selain itu kami juga membagikan berita acara serah terima blangko ijazah yang rusak. Lebih jelasnya silahkan download filenya melalui tautan yang kami sematkan dibawah ini.

Download File :
  • Contoh Surat Permohoan Penggantian Ijasah - DOWNLOAD
  • Contoh Berita Acara Serah Terima Blanko Ijasah - DOWNLOAD
Demikian mengenai contoh surat permohonan penggantian ijasah yang rusak. Semoga bisa membantu rekan guru. Jangan lupa untuk mendapatkan update artikel dari Guru Madrasah dengan like fans page kami.

Artikel Menarik Lainnya :

CLOSE ADS
CLOSE ADS
×
Artikel Terbaru Update