Kabar Terbaru

Pengunjung

SEJAK 1 MEI 2017

Flag Counter

Total Pageviews

Inilah Laman Pendataan Peserta UN untuk Semua Jenjang

By On November 27, 2017

Pendataan Peserta UN
Proses pendataan peserta Ujian Nasional (UN) untuk tahun 2018 mendatang sudah dimulai. Sekolah dan Madrasah harus mempersiapkan data para peserta didiknya yang akan mengikuti UN mulai dari sekarang.

Data para peserta UN haruslah sudah valid, mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir hingga Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Hal ini sangat penting sekali, sebab jika ada data peserta didik yang tidak valid maka bisa menyebabkan siswa tersebut tidak bisa mengikuti UN.

Jika misalnya ada data yang tidak valid, maka para operator harus segera melakukan verval terhadap data para calon peserta UN tersebut. Supaya datanya bisa diubah sesuai dengan dokumen yang tersedia. Maka dari itu, silahkan anda mulai mengecek data peserta didik dari sekarang, memastikan apakah sudah valid atau belum.

Saat ini untuk pendataan calon peserta ujian nasional tidak lagi dilakukan secara konvensional dengan mengisi aplikasi bioun secara offline, melainkan dilakukan melalui online berbasis website. Hal ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan baik yang berada di bawah naungan dari Kemendikbud maupun dari Kemenag.

dan untuk setiap jenjang pendidikan memiliki laman/website untuk melakukan pendataan calon peserta ujian nasional yang berbeda-beda. Untuk jenjang SD dan SMP misalnya, itu mempunyai laman pendataan yang berbeda dengan jenjang SMA/MA maupun SMK.

Jika anda berada di jenjang SMP/MTs dan masuk ke laman SMA/MA maka secara otomatis data anda tidak akan ditemukan.

Maka dari itu pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Laman Pendataan Peserta UN untuk Semua Jenjang.

Cara Login di Laman BIOUN 
  1. Silakan rekan-rekan guru copy dan pastekan alamat dibawah ini di tab browser untuk menuju laman yang dimaksud sesuai dengan jenjang madrasah/sekolah masing-masing.
    • SD dan MI; biounsdmi.kemdikbud.go.id
    • SMP,MTs, dan SMPTK; biounsmp.kemdikbud.go.id
    • SMA,MA, SMAK, SMTK, SMK, dan MAK; biounsmama.kemdikbud.go.id
    • Paket A/B/C dan Ula/Wustha/Ulya; biounpaketabc.kemdikbud.go.id
    • SDLB, SMPLB, SMALB biounslb.kemdikbud.go.id
  2. Setelah membuka website tersebut anda akan masuk pada Halaman Login Pengguna Biodata Peserta Ujian Nasional seperti gambar berikut.
    login bioun
  3. Di halaman itu akan ada menu User atau Nama Pengguna, Kata Kunci dan Kode Keamanan. Nama Pengguna dan Kata Kunci untuk Login BIO UN SMP / MTS, SMA/MA dan SMK dan jenjang yang lainnya. kata kunci ini biasanya diperoleh melalui KKDatadik Disdik provinsi atau Kab/Kota setempat atau melalui Kemenag Kab/Kota.
  4. Setelah tahu, silahkan masukkan Nama Pengguna dan Kata Kunci tersebut
  5. Jangan lupa masukkan juga Kode Keamanan yang bersi gabungan angka dan huruf
  6. Klik Sign In

Demikianlah informasi mengenai Laman Pendataan Peserta UN untuk Semua Jenjang yang bisa Guru Madrasah sampaikan. Semoga bermanfaat...

Terimakasih kunjungannya di Guru Madrasah :

Komentar anda sangat berguna demi kemajuan blog ini. Terima kasih atas kunjungan anda....