Inilah Tujuh Program Prioritas Kemenag untuk Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah

Direktur GTK Madrasah Thobib Al Asyhar (dok:pendis.kemenag.go.id) Gurumadrasah.com - Melansir dari portal kemenag.go.id bahwasannya Direktor...

Inilah Tujuh Program Prioritas Kemenag untuk Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah
Direktur GTK Madrasah Thobib Al Asyhar (dok:pendis.kemenag.go.id)

Gurumadrasah.com - Melansir dari portal kemenag.go.id bahwasannya Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah terus melakukan terobosan agar dapat hadir nyata di tengah masyarakat. Direktur GTK Madrasah, Thobib Al Asyhar, menyampaikan program prioritas di hadapan peserta Rakor GTK di Tangerang, Selasa (28/5/2024).

Menurutnya, program prioritas tersebut akan dilaksanakan sebagai bentuk kehadiran di tengah masyarakat. "Rakor GTK Madrasah ini diharapkan sebagai media konsolidasi untuk mengidentifikasi seluruh permasalahan GTK dan kita akan urai satu persatu. Kami berharap masing-masing provinsi menyampaikan seluruh masalahnya untuk dikompilasi secara nasional dan akan dipetakan bersama mana skala prioritas yang harus dibereskan," tegasnya.

Pertama, Transformasi Digital Layanan GTK. Program ini diwujudkan dalam bentuk sajian data GTK berbasis GIS (Geographic Information System) yang terintegrasi, program serial info GTK berbasis Media, program pengawasan madrasah berbasis digital, peningkatan kompetensi GTK melalui MOOC dan LMS.

“Kedua, penataan tata kelola administrasi GTK Madrasah. Hal ini dilakukan untuk memastikan sistem pemberian rekomendasi usul mutasi guru dan redistribusi guru berbasis analisis kebutuhan lapangan, serta sertifikasi melalui uji kompetensi Guru dan Pengawas,” sebut Thobib.

Ketiga, peningkatan kompetensi GTK, Program Pendidikan Profesi Guru (PPG), program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB), program beasiswa guru melalui BIB-LPDP, asesmen kompetensi GTK (AKGTK), program pengembangan madrasah pandai berhitung, serta program pengembangan wawasan inklusi bagi guru.

Keempat, program pengembangan anak usia dini holistik integratif dengan melalukan Bimtek penguatan pengembangan PAUD HI dan piloting pembentukan ekosistem PAUD HI.

Kelima, program akselerasi GTK Wilayah 3T yang dilalukan dalam bentuk penyiapan modul pengembangan kompetensi guru di wilayah 3T dan pelatihan guru dan tenaga kependidikan madrasah di wilayah 3T.

Keenam, kesejahteraan guru dan tendik madrasah dilakukan melalui program sertifikasi dan inpassing guru dan program pemberian insentif dan BPJS Ketenagakerjaan bagi Tendik madrasah,” papar Thobib.

Ketujuh, program kerjasama GTK melalui program Pandu Digital bagi Guru Madrasah Bersama Kominfo dan Diklat bagi Kepala Madrasah dan Pengawas dengan Pusdiklat.

Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur GTK Madrasah, Thobib Al Asyhar, para Kasubdit dan Katim pada Direktorat Madrasah, Kepala Bidang Penmad, Katim Guru dan Tendik pada Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia.

Related

Kementerian Agama 2383280893909943833

Post a Comment

CLOSE ADS
CLOSE ADS
item