Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Kemenag Akan Kembali Gelar Gebyar PAI TK, Catat Tanggal Pelaksanaannya!

Direktur PAI, H.Amrullah. doc:pendis.kemenag.go.id Guru madrasah.com - Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kembali akan menggelar Gebyar Pendidikan Agama Islam Siswa Taman Kanak-kanak (Gebyar PAI Siswa TK) …

Kemenag Akan Kembali Gelar Gebyar PAI TK, Catat Tanggal Pelaksanaannya!
Direktur PAI, H.Amrullah. doc:pendis.kemenag.go.id

Guru
madrasah.com - Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kembali akan menggelar Gebyar Pendidikan Agama Islam Siswa Taman Kanak-kanak (Gebyar PAI Siswa TK) Tingkat Nasional II. Berbagai langkah persiapan telah dilakukan untuk memastikan agar penyelenggaraan Gebyar tahun 2023 ini dapat berjalan dengan sukses.

Direktorat PAI telah melakukan sosialisasi Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Gebyar PAI Siswa TK ke setiap Kanwil Kemenag Provinsi melalui Kepala Bidang PAIS/Pendis/PAKIS. Saat ini, masing-masing Kanwil tengah menyiapkan mekanisme pelaksanaan seleksi peserta yang nantinya akan mewakili provinsi dalam kegiatan Gebyar PAI Siswa TK di tingkat nasional.

Dalam rapat koordinasi penyelenggaraan Gebyar PAI Siswa TK Tingkat Nasional II Tahun 2023, Direktur PAI, Amrullah menyatakan bahwa perhelatan ini merupakan kali kedua setelah penyelenggaraan pertama di tahun 2022. Amrullah berharap kesuksesan penyelenggaraan di tahun 2022 dapat terulang kembali bahkan meningkat kualitasnya, sehingga eksistensi PAI terutama pada PAUD dan TK dapat lebih terasa pengaruhnya terhadap mutu pendidikan anak usia dini.

“Kegiatan ini sudah dimulai dengan koordinasi, dengan persiapan yang sudah 50% seperti penyusunan juknis. Saya berharap penyelenggaraan di tahun ini minimal bisa mengulangi kesuksesan pelaksanaan tahun sebelumnya, syukurnya bisa lebih baik.” ujar Amrullah dalam rakor secara daring, pada Rabu (23/08/2023).

Amrullah meyakini, dengan mengangkat tema “Moderat Sejak Usia Dini”, momen ini tidak hanya akan mengundang antusiasme lebih luas dibanding tahun sebelumnya, tetapi juga memberikan semangat kepada guru, siswa, dan segenap insan PAI dari Sabang sampai Merauke untuk menguatkan sikap moderat.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit PAI pada PAUD dan TK Lelis Tsuroya Herniatin mengatakan bahwa ajang kompetisi semacam Gebyar PAI Siswa TK ini dapat menjadi sarana aktualisasi diri para guru PAI TK dan siswanya. Setidaknya, guru PAI dan peserta didik TK termotivasi untuk semakin mengembangkan potensi dirinya.

“Kami berharap ajang kompetisi seperti Gebyar PAI Siswa TK ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya agar wajah PAI pada PAUD dan TK dapat semakin positif di mata publik” terang Lelis.

Rapat koordinasi penyelenggaraan Gebyar PAI Siswa TK Tingkat Nasional II Tahun 2023 dihadiri oleh perwakilan Bidang PAIS/Pendis/PAKIS Kanwil Kemenag seluruh provinsi, perwakilan Forum Komunikasi Guru (FKG) PAI TK, dan jajaran pejabat administrator serta PTP Direktorat PAI.

Gebyar PAI Siswa TK terdapat dua kategori lomba; yakni lomba bagi guru dan lomba bagi siswa. Adapun mata lomba yang dikompetisikan meliputi Lomba Inovasi Pembelajaran Guru TK, Lomba Cipta Lagu Moderasi Beragama Versi Anak, Lomba Da’i Cilik, dan Lomba Hafalan Surah Pendek.

Pendaftaran untuk tingkat nasional akan dibuka pada 4-9 September 2023. Tahapan lomba mulai seleksi hingga babak penyisihan akan berlangsung secara daring. Peserta yang lolos babak penyisihan dan masuk dalam 6 besar untuk masing-masing cabang lomba akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti babak final Gebyar PAI TK yang dilakukan secara luring. Pelaksanaan acara grand final rencananya akan berlangsung pada 4-6 Oktober 2023.

sumber: pendis.kemenag.go.id


0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.