Program Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 Reguler dari Kemendikbudristek

Program Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 Reguler dari Kemendikbudristek
Beasiswa Indonesia Maju Angkatan1 Reguler

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan kesempatan kepada peserta didik di kelas XII jenjang SMA/SMK/MA/sederajat untuk mengikuti program Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 Reguler.

Beasiswa Indonesia Maju adalah beasiswa yang diberikan oleh Kemendikbudristek kepada peserta didik di kelas XII jenjang SMA/SMK/MA/sederajat yang berprestasi pada ajang lomba bidang Sains, Riset, Teknologi, dan Inovasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional untuk melanjutkan pendidikan S1 di perguruan tinggi luar negeri terpilih dalam kerangka Manajemen Talenta Nasional.

Program Beasiswa Indonesia Maju adalah program yang terintegrasi yang terdiri dari dua tahapan, yaitu tahap pembinaan yang mencakup persiapan serta pendaftaran, dan tahap kuliah jika berhasil memperoleh (LoA) dari perguruan tinggi luar negeri terpilih.

Pedoman ini hanya berlaku untuk Program Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 (Reguler), yaitu program yang diluncurkan untuk mendukung siswa yang berencana mulai studi S1 di tahun ajaran 2022 – 2023.

Latar Belakang

  • Salah satu amanah Pembukaan UUD 1945 adalah negara harus hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pilar pembangunan Visi Indonesia 2045 (Bappenas: 2018) salah satunya adalah pembangunan manusia dan penguasaan iptek.
  • Rendahnya Rangking Indonesia pada Global Talent Competitiveness Index (GTCI) Tahun 2020 masih sangat dipengaruhi antara lain oleh rendahnya kontribusi SDM unggul bangsa.
  • Pengelolaan Talenta Hebat sehingga dapat bersaing secara global melalui Kebijakan Manajemen Talenta Nasional (MTN).
  • Perlunya sebuah program fasilitasi karir belajar bagi peserta didik bertalenta dan berprestasi.

Sasaran

Sasaran dari program Beasiswa Indonesia Maju (Reguler) adalah Peserta Didik berprestasi dan bertalenta bidang Sains, Riset, Teknologi, dan Inovasi jenjang Pendidikan Menengah
(SMA/SMK/MA/sederajat) dan sedang menjalankan tahun terakhir studi Pendidikan Menengah (Kelas XII).

Tahapan dan Komponen Beasiswa

Pelaksanaan Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 (Reguler) dibagi ke dalam dua tahap, sebagai berikut.

Tahap Pembinaan

Pada tahapan ini, penerima beasiswa akan mendapatkan pembinaan untuk membantu persiapan penerima beasiswa mendaftar di Perguruan Tinggi terbaik dunia.
Pembinaan yang akan diberikan mencakup:
  • College counselling dari konselor berpengalaman sesuai dengan negara tujuan Perguruan Tinggi yang diminati.
  • Pembinaan penguatan karakter kebangsaan.
  • Kursus persiapan TOEFL iBT/IELTS dan sejenisnya
  • Sharing session dari alumni Perguruan Tinggi terbaik dunia

Pada akhir tahapan, penerima beasiswa akan mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi terbaik dunia. Daftar Perguruan Tinggi yang dapat ditanggung biaya kuliah S1nya oleh Beasiswa Indonesia Maju. Pendaftaran dilakukan untuk periode penerimaan perkuliahan tahun akademik 2022/2023.

Penerima beasiswa tidak diperkenankan melakukan penundaan pendaftaran diri ke Perguruan Tinggi setelah menyelesaikan tahap pembinaan kecuali dengan alasan yang diperkenankan oleh Panitia Penerimaan Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 (Reguler).

Download Booklet Program Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 Reguler Kemendikbudristek


Informasi selengkapnya mengenai program Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 Reguler Kemendikbudristek dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.



Demikian infromasi yang dapat kami samapikan mengenai Program Beasiswa Indonesia Maju Angkatan 1 Reguler Kemendikbudristek. Semoga bermanfaat..

Post a Comment

Previous Post Next Post