Akreditasi Asesmen Nasional Info ASN Berkas Soal Info Beasiswa Info Lomba Kunci Jawaban Modul Belajar

Jadwal Persiapan dan Pelaksanaan Asesmen Nasional AN Perjenjang Tahun 2021


Jadwal Persiapan dan Pelaksanaan Asesmen Nasional AN Perjenjang Tahun 2021
Jadwal AN Tahun 2021

Asesmen Nasional adalah evaluasi sistem pendidikan untuk mendorong dan memfasilitasi terjadinya perbaikan mutu pembelajaran. Asesemen nasional terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Mnimum (AKM), Survei Lingkungan, dan Survei Lingkungan Belajar.

Dilansir dari Persiapan Asesmen Nasional Tahun 2021 yang dipaparkan pada Rapat Koordinasi Asesmen Nasional tanggal 13 Agustus 2021, persiapan dan pelaksanaan Asesmen Nasional 2021 disesuaikan dengan kondisi pandemi di tiap daerah, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketentuan Satuan Pendidikan

Pada tahun 2021, gladi bersih dan pelaksanaan Asesmen Nasional dilakukan di wilayah yang menurut ketentuan pemerintah di pusat sudah boleh menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Sementara itu, sekolah-sekolah di wilayah-wilayah lainnya akan melaksanakan Asesmen Nasional pada awal tahun 2022.

Ketentuan Peserta Didik


  1. Peserta didik peserta Asesmen Nasional (AN) dan cadangannya dipilih secara acak oleh Kemendikbudristek.
  2. Peserta didik yang terpilih dapat digantikan oleh peserta cadangan jika (a) sedang tidak sehat/bergejala COVID, (b) memiliki penyakit komorbid, dan/atau (c) tidak dapat melakukan perjalanan sekolah dengan aman.
  3. Selain itu peserta didik yang terpilih juga diharapkan (namun tidak diwajibkan) mengikuti gladi bersih Asesmen Nasional.

Ketentuan untuk satuan pendidikan


  1. Pada tahun 2021, gladi bersih dan pelaksanaan AN dilakukan di wilayah yang menurut ketentuan pemerintah pusat sudah boleh menerapkan PTM terbatas.
  2. Satuan pendidikan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19, sebagaimana diatur dalam panduan PTM terbatas.
  3. Satuan pendidikan menyampaikan informasi tentang tujuan dan pelaksanaan AN kepada orang tua peserta didik peserta AN.

Peserta didik peserta AN dan cadangannya dipilih secara acak oleh Kemendikbudristek.

  1. Peserta didik yang terpilih mengikuti AN sesuai jadwal pelaksanaan untuk satuan pendidikannya.
  2. Peserta didik yang terpilih dapat digantikan oleh peserta cadangan jika (a) sedang tidak sehat/bergejala Covid, (b) memiliki penyakit komorbid, dan/atau (c) tidak dapat melakukan perjalanan ke sekolah dengan aman.
  3. Selain itu, peserta didik yang terpilih juga diharapkan (namun tidak diwajibkan) mengikuti gladi bersih AN.

Survei Lingkungan Belajar


  1. Pelaksanaan secara mandiri, menggunakan aplikasi berbeda dari peserta didik
  2. Waktu pengisian survey dalam rentang waktu pelaksanaan AN peserta didik
  3. Proktor mencetak kartu login untuk peserta pendidik dan kepala satuan pendidikan melalui laman yang disediakan oleh Kemendikbudristek.
  4. Pendidik dan kepala satuan pendidikan melakukan login kelaman Survei Lingkungan Belajar melalui https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/

Jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional per jenjang di tahun 2021


Adapun jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional per jenjang di tahun 2021 untuk sekolah yang berada di wilayah yang menerapkan PTM Terbatas adalah untuk siswa kelas 10 SMK dan Paket C akan digelar dari tanggal 20 s.d. 23 September 2021.

Sementara, kelas 10 SMA akan mengikuti Asesmen Nasional dari tanggal 27 s.d. 30 September 2021. Lalu, untuk kelas 8 SMP dan Paket B dilaksanakan pada tanggal 4 - 7 Oktober 2021. Untuk jenjang SD dan Paket A dilaksanakan pada tanggal 8 - 11 November 2021 dan 15 - 18 November 2021.

Selengkapnya bisa lihat tabel jadwal persiapan dan pelaksanaan AN Tahun 2021 di bawah ini.


Demikian informasi mengenai Jadwal Persiapan dan Pelaksanaan Asesmen Nasional AN Perjenjang Tahun 2021 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Artikel terkait :