Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Peserta Terbaik Sayembara Peringatan Hari Dharma Samudera Direktorat Sekolah Dasar Tahun 2021

Peserta Terbaik Sayembara Peringatan Hari Dharma Samudera Sebagai puncak perayaan Hari Dharma Samudera yang jatuh pada 15 Januari 2021, selain menggelar kegiatan talkshow “Peringatan Hari Samudra dan Literasi Lingkungan” yang penuh dengan makna literasi kemaritiman, Direktorat …

Peserta Terbaik Sayembara Peringatan Hari Dharma Samudera Direktorat Sekolah Dasar Tahun 2021
Peserta Terbaik Sayembara Peringatan Hari Dharma Samudera
Sebagai puncak perayaan Hari Dharma Samudera yang jatuh pada 15 Januari 2021, selain menggelar kegiatan talkshow “Peringatan Hari Samudra dan Literasi Lingkungan” yang penuh dengan makna literasi kemaritiman, Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud juga mengumumkan pemenang Sayembara Peringatan Hari Dharma Samudera yang bertajuk “Aku dan Aksiku Untuk Lautku.”

Dari 400 lebih peserta yang mengikuti sayembara “Aku dan Aksiku Untuk Lautku”, tim penilai pun berhasil memilih 3 peserta terbaik yang berhak mendapatkan tablet atau gadget yang nanti dapat dimanfaatkan sebagai media belajar. Tiga peserta terpilih tersebut diantaranya, Danish Iffatul Latho'if Soegiyanto Siswa Kelas 6 SDN Nginden Jangkungan 1/247 Surabaya, sebagai juara pertama. Lalu kemudian ada Alfariezky Excellentzio Adryano, Siswa Kelas 2 SDN 037 Sabang, Bandung, sebagai juara terbaik dua, dan Eiffel Natalie Angelica Riyanto Siswi Kelas 3 SD Nasional Kps Balikpapan, sebagai siswi juara terbaik tiga.

Direktur Sekolah Dasar, Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., yang secara langsung mengumumkan para pemenang di atas KRI Dewa Ruci, pada tanggal 24 Januari 2021 ini, menyampaikan ucapan selamat serta rasa bangganya. Tidak hanya terhadap peserta yang terpilih melainkan juga terhadap semua peserta didik yang sudah mengikuti sayembara tersebut.

“Selamat kepada anak-anakku yang sudah terpilih. Tingkatkan terus kemampuan literasi dalam menulis dan dalam memahami literasi-literasi yang lain. Semoga ini memperkuat kemampuan dan kompetensi anak-anakku dalam mempersiapkan profil Pancasila. Bunda berharap capaian ini dapat menginspirasi kawan-kawan yang lain di sekolah maupun di seluruh nusantara melalui kegiatan peringatan Hari Samudra kerjasama Direktorat Sekolah Dasar dengan TNI Angkatan Laut Republik Indonesia. Bunda juga bangga kepada seluruh peserta yang sudah mengikuti sayembara ini. Bagi yang belum beruntung, jangan berkecil hati dan jangan patah semangat. Masih banyak kesempatan yang dapat diikuti di waktu lainnya,” ucap Sri Wahyuningsih.

Danish Iffatul Latho'if Soegiyanto, Siswa Kelas 6 SDN Nginden Jangkungan 1/247 Surabaya ini, menyampaikan rasa senanagnya karena terpilih sebagai peserta terbaik satu.

“Danish sangat bersyukur sekali bahwa karya tulis dan video aksi bisa menjadi 3 karya terbaik,” ucapnya pada saat di interview melalui Whatsapp chat.

Ia juga menyampaikan alasan mengikuti sayembara ini karena kebetulan ia sering melakukan aksi bersih-bersih pesisir Pantai Surabaya yang lalu kemudian menjadi inspirasinya.

“Setiap minggu Danish selalu ikut aksi bersih-bersih pesisir pantai Surabaya dan mencoba menuangkan ceritanya dalam karya tulis ini,” ujarnya.

Dalam proses membuat karya sayembara ini Danish mengaku tidak mengalami kesulitan dalam membuat karya tulis. Akan tetapi ia mengalami kesulitan dalam membuat alur cerita dalam video.

“Alhamdulillah dengan bantuan ayah video aksiku untuk lautku bisa selesai sesuai dengan cerita karya tulis yang dibuat,” tambahnya.

Danish juga menyampaikan harapannya untuk teman-teman di Nusantara untuk tetap semangat dalam berkarya. “Teman-teman jangan takut mencoba berkarya dalam bidang apapun, yang terpenting kita berani untuk membuatnya.Harapan Danish untuk diri sendiri semoga menjadi anak kebanggaan orang tua dan bermanfaat bagi masyarakat. Buat Samudera Indonesia selalu bersih, indah dan hewan-hewan laut semakin melimpah.” Imbuhnya.

Alfariezky Excellentzio Adryano, Siswa Kelas 2 SDN 037 Sabang Bandung, sebagai siswa terpilih terbaik dua, juga menyampaikan rasa senang dan syukurnya atas penghargaan yang sudah dicapai melalui karya sayembara “Aku dan Aksiku Untuk Lautku”.

“Alfa sangat senang dan bersyukur karya alfa mendapat penghargaan sebagai juara 2. Alfa memang suka sekali laut dan pantai, dan alfa juga senang mendapat kesempatan untuk menyampaikan tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan, termasuk bagi laut,” ujarnya.

Sama seperti yang disampaikan Danish, Alfa juga berharap teman-temannya dapat terinspirasi dari apa yang sudah ia lakukan dalam menjaga lingkungan dan laut. “Seperti yang Alfa sampaikan dalam video bahwa menjaga laut bukan hanya tanggung jawab para nelayan, masyarakat sekitar pantai, atau pemerintah saja. Dimanapun kita tinggal, kita bisa turut menjaga laut. Kita bisa berhenti membuang sampah sembarangan, kita bisa berhenti menggunakan plastik satu kali pakai, kita bisa belajar mengenal dan mencintai laut lalu menularkan rasa cinta dan peduli kita untuk laut kepada orang lain.” Tutupnya.

Eiffel Natalie Angelica Riyanto, Siswa Kelas 3 SD Nasional KPS Balikpapan, peserta terpilih terbaik tiga ini juga menceritakan kenapa tertarik mengikuti sayembara yang diselenggarakan oleh Direktorat Sekolah Dasar. Hal tersebut karena rasa ketertarikannya yang begitu tinggi terhadap laut. Bahkan ia kerap berlibur dan mengunjungi pantai-pantai di Indonesia bersama orang tua dan keluarganya.

“Eiffel cinta Laut dan sering ke Pantai-Pantai di Indonesia. Eiffel pun kemudian mengikuti sayembara ini. Puji dan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud RI Bunda Nining, Eiffel terpilih menjadi juara 3. Senang sekali tidak sangka bisa menjadi juara dan juga bisa mendapatkan hadiah untuk keperluan sekolah yang saat ini semua menggunakan gadget,” ucap Eiffel.

Sama halnya seperti Danish dan Alfa Eiffel juga memiliki harapan yang sama buat teman-teman Sekolah Dasar di seluruh Indonesia. Ia menyampaikan banggalah menjadi anak Indonesia yang memiliki kekayaan laut yang luar biasa dan tetaplah menjaga pantai dan laut dari sampah.

“Jangan buang sampah ke laut karena banyak sekali makhluk hidup dan kekayaan alam di dalam laut yang harus kita lestarikan. Harapan Eiffel Laut Indonesia tetap menjadi laut dan pantai yang terbaik di dunia. Bebas sampah dan banyak wisatawan datang ke Indonesia.” Tutupnya

Selain 3 peserta yang disebutkan di atas yang mendapatkan apresiasi atas karyanya. Direktorat Sekolah Dasar juga memberikan apresiasi kepada 50 peserta terbaik yang sudah mengirimkan karyanya, berupa kuota internet masing-masing sebesar 100 ribu rupiah, sebagai pendukung dalam pemenuhan pembelajaran jarak jauh secara daring.

Berikut nama-nama 50 peserta terbaik yang sudah terpilih:
  1. Aafreeda Alayna Tahira, Kelas 3 SD Labschool Unesa 1.
  2. Ainun Mahya Ariyo Bimo, Kelas 3 SDN Srengseng Sawah 11.
  3. Pelangi Kamaya Bassa, Kelas 5 SDK 9 Penabur Jakarta.
  4. Hanin Adzkiya Alvinnuri, Kelas 4 SD Islam Al Mujahidin Cilacap.
  5. Aeesha Quibilah Nafania, Kelas 4 SD Islam Al Azhar 11 Surabaya.
  6. Amada Kamila Putri, Kelas 5 SD Islam Al Azhar 11 Surabaya.
  7. Belva Bintang Ganesha, Kelas 5 SDN Ulujami 07 Pagi.
  8. Agatha Ester Feodora Simanjuntak, Kelas 3 SD Katolik San Francesco Balige.
  9. Yudistira Mahatma Maharishi, Kelas 4 SD Al Falah Assalam.
  10. Aristacitya R.N, Kelas 4 SD Islam Al Azhar 11.
  11. Kaori Naomi Wu, Kelas 6 Charis National Academy.
  12. Alesia Thessaly Hamidah, Kelas 6 SDN Duri Pulo 05 Pagi Jakarta.
  13. Zaidan Athaya Pratista, Kelas 6 SD Islam Al Azhar 29 Semarang.
  14. Kayla Mumtazah Mudzakkir, Kelas 5 SD Muhammadiyah Manyar Gresik Jawa Timur.
  15. Kayla Almaira Rinaldi, Kelas 6 SD Tetum Bunaya.
  16. Geil Jevan Sianipar, Kelas 5 SDK Penabur Harapan Indah Bekasi.
  17. Bustanir Raziq, Kelas 6 Sdn 050675 Langkat, Sumatera Utara.
  18. Samuel Anderson Lim, Kelas 2 SDK Penabur Harapan Indah.
  19. Vania Zahra, Kelas 6 SDI Al Azhar 6 Jaka Permai.
  20. Fathan Muhammad Rahmatan Lil Alam, Kelas 6 SDN Cibiru 050.
  21. Ghaitsa Nadiyah Kamilah, Kelas 6 SDN Tanjung Duren Selatan 01.
  22. Lucia Nataniela Sulistyo, Kelas 4 SDK BPK PENABUR PASKAL 164 BANDUNG.
  23. Priya Mahardika Nugraha, Kelas 1 SDN Ujung Menteng 02.
  24. Arkana, Kelas 6 SD NASIONAL KPS BALIKPAPAN.
  25. Daiva Khayra Prestian, Kelas 3 SD Al Hikmah Surabaya.
  26. Puti Renobayan Jouzu Abadi, Kelas 4 SDN 243 Cicabe.
  27. Maulita Chaerani Widiarto, Kelas 4 SDN BINTARA XI BEKASI BARAT BEKASI JAWA BARAT.
  28. Maura Azy-Syura, Kelas 1 SDN 003 Tarakan, Kalimantan Utara.
  29. Chiferta Quedisha Zaidee, Kelas 3 Sdia Al Azhar 11 Surabaya.
  30. Khalilah Kayyisah, Kelas 5 SDN Gendongan 01.
  31. Milana Beatrice Jemima Sagala, Kelas 4 SDK 9 Penabur Jakarta.
  32. Andaru Nawang Winarko, Kelas 2 SDN006 Sekupang Batam.
  33. Yohanes Maria Vianney Santanu Wisanggeni Santoso, Kelas 1 SD Bina Bersama.
  34. Yurafa Ardanaraya, Kelas 4 SD ISLAM AL AZHAR 11 SURABAYA.
  35. Kiara Nathania Satriady, Kelas 1 SD MUHAMMADIYAH MANYAR GRESIK.
  36. Misha Azzahra Atmono Putri, Kelas 2 SD Laboratorium UPI Cibiru.
  37. Zumar Safa Qoria'tul Lathifah, Kelas 6 SD Negeri Tamansari 02.
  38. Azara Viola Ayudya Nugraha, Kelas 6 SD ISLAM AL AZHAR 11 SURABAYA.
  39. Nur Sabrina Mulyaningtyas, Kelas 5 SD Baran.
  40. Dian Kinarya Inggar, Kelas 6 SD 1 Bantul Yogyakarta.
  41. Kaysha Thalita Quintri Khanzilla, Kelas 2 SDN 006 TIBAN BARU SEKUPANG BATAM.
  42. Khansa Jasmine Putri Azizah, Kelas 4 SD Sekolah Darma Bangsa Bandar Lampung.
  43. Derryl Gennaio Alfarizzi, Kelas 5 SDN Petukangan Selatan 01.
  44. Alfatya Naima Andini, Kelas 3 SD ISLAM CAHAYA ILMU SEMARANG.
  45. Almira Shaafa Difara, Kelas 3 SD MUHAMMADIYAH KUTOARJO.
  46. Dennis Khaila Putri, Kelas 3 SDN SRENGSENG SAWAH 11.
  47. Nadya Maharani Putri, Kelas 6 SDN Parakanmuncang 1.
  48. Anak Agung Gede Krisna Adi Nugraha, Kelas 1 SD Negeri 3 Pejeng Kangin.
  49. Amelia Intan Khairina, Kelas 4 SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga.
  50. Adriel Owen Teja Wiguna, Kelas 5 SD Cahaya Bangsa, Padalarang.
Demikian informasi mengenai Peserta Terbaik Sayembara Peringatan Hari Dharma Samudera Direktorat Sekolah Dasar yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

sumber : http://ditpsd.kemdikbud.go.id/

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.