Cara Cek NISN Ganda Melalui Verval PD untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana LTMPT


Cara Cek NISN Ganda Melalui Verval PD untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana LTMPT
Cara cek NISN ganda di Verval PD
Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

Tujuan dan Manfaat

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Keterangan

  1. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020, penerimaan mahasiswa baru program sarjana dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan memanfaatkan data pokok pendidikan di Kemdikbud sebagai sumber verifikasi dan validasi data calon mahasiswa baru.
  2. Data peserta didik yang masuk kedalam verval LTMPT adalah data yang sudah valid, unik dan tunggal.
  3. Apabila masih terdapat peserta didik yang belum memiliki NISN mohon dipastikan data identitas peserta didik sudah diisikan sesuai data yang valid NIK, nama, tanggal lahir (VervalPD).
  4. Identitas dari satuan pendidikan dipastikan sudah sesuai NPSN, nama lembaga dan titik koordinat sekolah (VervalSP).
  5. Validasi data Akreditasi melalui mekanisme BAN-SM.
Salah satu kendala dalam proses pendaftaran Mahasiswa Baru melaui LTMPT adalah NISN yang tidak valid atau bahkan ganda. Maka dari itu, anda bisa cek apakah NISN peserta didik di sekolah/madrasah Bapak/Ibu apakah sudah valid atau tidak ganda.

Cara Cek NISN Ganda Melalui Verifikasi Validasi Satuan Pendidikan dan Peserta Didik (Verval PD)

Berikut cara Cara Cek NISN Ganda Melalui Verifikasi Validasi Satuan Pendidikan dan Peserta Didik (Verval PD).
  1. Silakan buka link Verval PD DISINI
  2. Selanjutnya klik Menu “Tabel”
  3. Kemudian ketikan NPSN atau nama sekolah di kolom pencarian
Demikian informasi Cara Cek NISN Ganda Melalui Verifikasi Validasi Satuan Pendidikan dan Peserta Didik (Verval PD) yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..