Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Instrumen Akreditasi Sekolah SD SMP SMA dan SLB Tahun 2020 Terbaru

Instrumen Akreditasi Sekolah 2020 Seperti yang sudah kita ketahui bahwa akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secarakomprehensif terhadap kelayakan kelayakan dan kinerja program atau satuan pendidikan, sebagai bentuk pertanggungjawaban publik.

Instrumen Akreditasi Sekolah SD SMP SMA Tahun 2020 Terbaru
Instrumen Akreditasi Sekolah 2020
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secarakomprehensif terhadap kelayakan kelayakan dan kinerja program atau satuan pendidikan, sebagai bentuk pertanggungjawaban publik.

Hasil dari akreditasi sekolah/madrasah diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan perangkat kelayakan yang diterbitkan oleh sebuah lembaga mandiri dan profesional, bernama Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M).

Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah merupakan badan evaluasi mandiri yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menetapkan kelayakan program atau satuan pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan.

Akreditasi dilakukan oleh BANSM pada sekolah/madrasah sebagai bentuk satuan pendidikan formal yang meliputi :
  1. Sekolah Dasar (SD);
  2. Madrasah Ibtidaiyah (MI);
  3. Sekolah Menengah Pertama (SMP);
  4. Madrasah Tsanawiyah (MTs);
  5. Sekolah Menengah Atas (SMA);
  6. Madrasah Aliyah (MA);
  7. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK);
  8. Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK);
  9. Sekolah Luar Biasa (SLB);
  10. Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK); dan
  11. satuan pendidikan formal lain yang sederajat.

BAN-S/M menjadi institusi mandiri yang bertanggung jawab kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Tugas BAN-SM, antara lain merumuskan kebijakan operasional, melakukan sosialisasi kebijakan, serta melaksanakan akreditasi pada sekolah atau madrasah.

Di dalam melaksanakan tugas akreditasi sekolah/madrasah, BAN-S/M dibantu oleh Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah yang dibentuk oleh Gubernur.

Kelayakan program dan/atau satuan pendidikan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Standar Nasional Pendidikan dijadikan acuan guna memetakan secara utuh profil kualitas sekolah/madrasah.

Manfaat Akreditasi Sekolah/Madrasah


Hasil dari akreditasi sekolah/madrasah diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut.
  1. Membantu sekolah/madrasah dalam menentukan dan mempermudah kepindahan peserta didik dari suatu sekolah ke sekolah lain, pertukaran guru, dan kerjasama yang saling menguntungkan.
  2. Membantu mengidentifikasi sekolah/madrasah dan program dalam rangka pemberian bantuan pemerintah, investasi dana swasta dan donatur atau bentuk bantuan lainnya.
  3. Acuan dalam upaya peningkatan mutu sekolah/madrasah dan rencana pengembangan sekolah/madrasah.
  4. Umpan balik salam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah/madrasah.
  5. Motivator agar sekolah/madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional bahkan regional dan internasional.
  6. Bahan informasi bagi sekolah/madrasah sebagai masyarakat belajar untuk meningkatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta dalam hal profesionalisme, moral, tenaga, dan dana.

Download Instrumen Akreditasi Sekolah SD SMP SMA dan SLB Tahun 2020 Terbaru


Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah telah menerbitkan draft Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan Tahun 2020.

Instrumen akreditasi satuan pendidikan 2020 ini selanjutnya dapat menjadi acuan dalam penilaian kelayakan program atau satuan pendidikan pada jalur formal.

Selengkapnya mengenai Instrumen Akreditasi Sekolah SD SMP SMA dan SLB Tahun 2020 Terbaru ini bisa anda unduh atau download pada link di bawah ini.

  • Instrumen Akreditasi SD/MI Tahun 2020 – DOWNLOAD
  • Instrumen Akreditasi SMP/MTs Tahun 2020 – DOWNLOAD
  • Instrumen Akreditasi SMA/MA Tahun 2020 – DOWNLOAD
  • Instrumen Akreditasi SMK Tahun 2020 – DOWNLOAD
  • Instrumen Akreditasi SLB Tahun 2020 – DOWNLOAD

Demikian yang dapat dibagikan mengenai Instrumen Akreditasi Sekolah SD SMP SMA dan SLB Tahun 2020 Terbaru yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.