Contoh Materi Matsama dan Kegiatan Awal Tahun Bagi Siswa Madrasah - Guru Madrasah

Monday, May 22, 2017

Contoh Materi Matsama dan Kegiatan Awal Tahun Bagi Siswa Madrasah

Contoh Materi Matsama dan Kegiatan Awal Tahun Bagi Siswa Madrasah



Daftar Isi [Tampilkan]
contoh materi matsama
Sudah menjadi hal yang lumrah bahwa tiap Tahun Pelajaran baru tiba para orang tua sibuk mencarikan lembaga pendidikan terbaik bagi putra-puterinya. Melalui pendidikan, mereka menggantungkan cita-cita untuk masa depan anak-anaknya. Anak-anak yang sehat, berkarakter, bermoral, lagi cerdas menjadi dambaan. Karenanya para orang tua tidak segan-segan mengeluarkan sejmlah uang yang tidak sedikit agar anak-anaknya tidak sekadar sekolah, namun mendapatkan layanan pendidikan terbaik di negeri ini.

Dan disaat harapan orang tua begitu besar, masih ada catatan kelam terhadap ritual penyambutan Peserta Didik Baru oleh sekolah. Biasanya dikenal dengan kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD), sebelumnya disebut Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dan khusus di lingkungan pendidikan Madrasah (MI, MTs dan MA) kini telah berubah nama menjadi Masa Ta’aruf Siswa Madrasah disingkat MATSAMA.

Dibawah ini adalah contoh materi kegiatan MATSAMA (bagi peserta didik baru) serta Kegiatan awal tahun pelajaran bagi siswa Madrasah yang naik kelas menjadikan masuk pada kelas baru, materi ini bisa disesuikan dengan keadaan dan kondisi madrasah masing-masing. Adapaun contoh kegiatan MATSAMA Madrasah adalah sebagai berikut :

JENJANG RAUDLATUL ATHFAL (RA) DAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) 

Materi MATSAMA bagi peserta didik baru RA serta peserta didik baru Kelas I (satu) MI diisi yang dengannya kegiatan pengenalan Madrasah, antara lain :
  1. Sosialisasi;
  2. Tatacara belajar (belajar sambil bermain);
  3. Kumpulan data kepentingan Tata Bisnis Madrasah serta Komite Madrasah;
  4. Kegiatan keagamaan;
  5. Kegiatan kepramukaan.
Adapun bagi peserta didik kelas II (dua) hingga yang dengannya kelas VI (enam) MI bisa diadakan kegiatan yng bersifat konstruktif serta edukatif sesuai yang dengannya pertumbuhan serta perkembangan peserta didik yng mencakupi kegiatan :
  • Penyusunan pengurus kelas;
  • Pengenalan warga kelas;
  • Menciptakan kegiatan yng dinamis di kelas yang dengannya dipandu wali kelas;
  • Pembentukan kelompok belajar;
  • Menyusun tata tertib kelas;
  • Pembenahan 7 (tujuh) K (Kebersihan, Keamanan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kebugaran atau kesehatan serta Kerindangan);
  • Kegiatan keagamaan.

JENJANG MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) DAN MADRASAH ALIYAH (MA) 

Materi MATSAMA bagi peserta didik baru kelas VII (tujuh) MTs serta Kelas X (sepuluh) MA diisi yang dengannya kegiatan MATSAMA, antara lain :
Pengenalan Madrasah (program, struktur, tata tertib, kode etik/tata krama Madrasah, orientasi kepramukaan serta lain-lain);
  1. Penanaman konsep pengenalan diri peserta didik serta kegiatan keagamaan sesuai yang dengannya tujuan pendidikan nasional;
  2. Pendidikan karakter bangsa serta agama;
  3. Kegiatan kesiswaan;
  4. Aturan Baris Berbaris (PBB);
  5. Pembentukan pengurus kelas;
  6. Pembagian kelompok belajar;
  7. Mencatat jadual;
  8. Tata tatacara diskusi kelompok yang dengannya dipandu oleh panitia serta wali kelas melakukan bimbingan.
Adapun Bagi peserta didik Kelas VIII (delapan) serta Kelas IX (sembilan) MTs dan Kelas XI (sebelas) serta Kelas XII (dua belas) MA, yng menjadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) bisa dilibatkan dalam kegiatan MATSAMA, sedangkan yng tak masuk dalam pengurus OSIS diisi yang dengannya kegiatan :
  • Menyusun pengurus kelas yang dengannya programnya/materi pembelajaran kelas;
  • Pembentukan kelompok belajar;
  • Teknik berdiskusi;
  • Pendidikan karakter bangsa serta agama;
  • Mencatat jadual;
  • Menyusun tata tertib kelas;
  • Kegiatan 7 (tujuh) K;
  • Kegiatan keagamaan;
  • Memberikan materi pembelajaran selama 1 (satu) tahun salah satunya indikator yng ingin dicapai;
  • Penelusuran bakat serta minat siswa.
Itulah contoh dari kegiatan MATSAMA untuk siswa madrasah yang dapat Guru Madrasah bagikan. dan hal terpenting dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah materi minimal dalam kegiatan, madrasah apalagi yang dalam naungan pondok pesantren bisa menyesuaikan kegiatannya. Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kegiatan MATSAMA ini harus dilandasi nilai-nilai religius dan dipandu oleh wali kelas masing-masing yang dengannya melibatkan guru yang mengajar di kelas dan semua pihak yang berkompeten didalamnya./credit:abdimadrasah.com
Baca Juga :