Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Panduan Pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) 2023

PDSS 2023 Guru madrasah.com - PDSS adalah singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. PDSS adalah salah satu elemen paling penting bagi siswa dan sekolah untuk pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN di PTN 2023.

Panduan Pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) 2023
PDSS 2023

Guru
madrasah.com
- PDSS adalah singkatan dari Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. PDSS adalah salah satu elemen paling penting bagi siswa dan sekolah untuk pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN di PTN 2023. 

Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) menjadi salah satu syarat keikutsertaan sekolah untuk mendaftarkan siswanya masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur SNBP 2023 atau dulu disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Dokumen ini berisi panduan pengisian PDSS yang harus diisikan oleh pihak sekolah sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh panitia SNPMB. PASTIKAN batas waktu pengisian PDSS agar sekolah dapat memanfaatkan dengan baik waktu yang disediakan. Disarankan untuk tidak mengisi PDSS di hari-hari terakhir agar tidak kesulitan mengakses sistem.

Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk Pengisian PDSS:
  1. Login pada https://pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal SNPMB.
  2. Cek profil sekolah pada sidebar Profil yang berisikan Informasi Sekolah dan Kepala Sekolah.
  3. Definisikan jenis kelas yang ada pada sekolah Anda pada menu Jurusan. Data jurusan ini diambil dari Portal SNPMB, pastikan Anda sudah memilih jenis kelas untuk setiap jurusan yang sudah didefinisikan.
  4. Finalisasi data sekolah dan jurusan Anda pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Sekolah”.
  5. Tambahkan siswa Eligible pada sidebar Siswa. Anda bisa menambahkan satu per satu siswa per jurusan dengan mengisikan NISN. Data NISN ini didapatkan langsung dari Portal SNPMB. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan siswa per jurusan dengan melakukan impor data. Panduan lebih detil akan dijelaskan pada bagian 5 dokumen ini.
  6. Finalisasi data siswa pada sidebar Finalisasi dengan menyetujui pernyataan yang ada pada tabel yang berjudul “Finalisasi Data Siswa”.
  7. Selanjutnya adalah mendefinisikan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan. Mohon diperhatikan bahwa setiap jurusan jenis studi yang didefinisikan pada tahapan sebelumnya harus didefinisikan kurikulumnya juga.
  8. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.
  9. Lakukan finalisasi data kurikulum. Mohon pastikan anda sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.
  10. Tahapan selanjutnya adalah mengisikan jenis studi setiap Siswa Eligible per Jurusan.
  11. Isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Anda bisa melakukan pengisian per siswa maupun secara bulk upload.
  12. Lakukan finalisasi data nilai. Mohon pastikan anda sudah melakukan pengisian dengan benar sebelum melakukan finalisasi ini karena finalisasi data nilai tidak dapat dibatalkan.
  13. Anda masih bisa melakukan pembatalan finalisasi data sekolah, siswa eligible, dan kurikulum dengan syarat belum mengisi nilai atau finalisasi data nilai belum dilakukan. Syarat-syarat pembatalan finalisasi akan dijelaskan selanjutnya.

Setiap tahapan akan dijelaskan lebih detil pada bagian selanjutnya dalam dokumen ini. Jika sekolah kesulitan mengisi, silahkan melaporkan permasalahan yang dihadapi pada kanal bantuan yang telah disediakan pada halaman kontak SNPMB.

Download Panduan Pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) 2023

Selengkapnya mengenai Panduan Pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) 2023 ini bisa anda unduh melalui link yang kami sediakan dibawah ini.


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Panduan Pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) 2023. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.