Program Wirausaha Merdeka Kemendikbud, Yuk Belajar Jadi Entrepreneur! - Guru Madrasah

2022/11/10

Program Wirausaha Merdeka Kemendikbud, Yuk Belajar Jadi Entrepreneur!



Program Wirausaha Merdeka Kemendikbud, Yuk Belajar Jadi Entrepreneur!
Wirausaha Merdeka

Gurumadrasah.comKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meluncurkan program Wirausaha Merdeka yang diharapkan mampu melahirkan wirausaha muda Indonesia.

Mahasiswa seluruh jenjang, baik D3, D4, S1, S2, dan S3 di seluruh Indonesia bisa mendaftar untuk mengikuti Program Wirausaha Merdeka ini.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi meyakini bahwa program ini mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh lulusan perguruan tinggi yang belum mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kualifikasinya. 

“Program Wirausaha Merdeka ini memberikan peluang untuk para mahasiswa mengembangkan kemampuan wirausaha, serta dapat menyelesaikan persoalan bangsa ke depan,” kata Sri dalam Silaturahmi Merdeka Belajar: Wujudkan Generasi Inovatif Dan Kolaboratif Lewat Wirausaha Merdeka, beberapa waktu lalu dilansir dari Kemendikbud Ristek.

Sudah diikuti 11.000 mahasiswa Indonesia

Saat ini, sudah ada 17 perguruan tinggi pelaksana Wirausaha Merdeka dari seluruh Indonesia, diikuti oleh 11.000 lebih mahasiswa yang lolos program Wirausaha Merdeka.

Tim Wirausaha Merdeka, Bryan Erfanda Putra menyampaikan bahwa implementasi Wirausaha Merdeka pada tahun 2022 juga mendapatkan respon yang baik dari perguruan tinggi pelaksana.

Lebih lanjut disampaikan Bryan, para mahasiswa yang mengikuti Wirausaha Merdeka terlihat sangat antusias hingga sudah ada yang memiliki usaha dan mendaftarkan merek usaha mereka.

“Hal ini menjadi salah satu milestone yang luar biasa terkait implementasi program Wirausaha Merdeka saat ini,” urainya.

Bryan menjelaskan, mahasiswa yang mengikuti program Wirausaha Merdeka akan fokus untuk belajar wirausaha full satu semester bersama dengan para praktisi, para mentor, dan para trainer berpengalaman, serta dibantu untuk bertemu dengan para investor.

“Jadi tidak hanya belajar tentang mindset, namun belajar juga tentang basic wirausaha,” ungkap Bryan.

Program Wirausaha Merdeka sendiri dilaksanakan atas kerja sama Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

17 Kampus Penyelenggara Program Wirausaha Merdeka

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Bina Nusantara
  3. Universitas Prasetiya Mulya
  4. Institut Teknologi Bandung
  5. IPB University
  6. Univerisitas Muhammadiyah Surakarta
  7. Universitas Brawijaya
  8. Politeknik Negeri Jember
  9. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  10. Universitas Riau
  11. Politeknik Negeri Batam
  12. Universitas Lambung Mangkurat
  13. Universitas Cenderawasih
  14. Universitas Muhammadiyah Makassar
  15. Universitas Udayana
  16. Politeknik Negeri Kupang
  17. Universitas Ciputra Surabaya

Persyaratan  Program Wirausaha Merdeka

Bila kamu tertarik, berikut persyaratan bagi mahasiswa untuk bisa mengikuti program Wirausaha Merdeka 2022:
  1. Mahasiswa Aktif
    • S1/D3/D4: Minimal Semester 5
    • D2: Minimal Semester 3
    • S2/S3: Tanpa batasan semester (tanpa konversi SKS)
  2. Tidak sedang menyusun skripsi atau tugas akhir pada waktu mengikuti program.
  3. Tidak mengambil mata kuliah di Perguruan Tinggi asal selama mengikuti program.
  4. Memperoleh surat rekomendasi dari Ketua Program Studi dan pimpinan perguruan tinggi bidang Akademik.
  5. Bersedia mengikuti program penuh waktu (satu semester) dibuktikan dengan surat pernyataan mahasiswa.

Jadwal Program Wirausaha Merdeka

Proses pelaksanaan program dimulai dengan pendaftaran dan seleksi Perguruan Tinggi Pelaksana Program pada 1-25 Juli 2022. Pendaftaran dan seleksi mahasiswa peserta program dimulai pada awal Juli, dan pelaksanaan Program Wirausaha Merdeka sendiri akan dilaksanakan selama bulan Agustus - November 2022. Laporan akhir wajib disampaikan sekitar minggu pertama Desember 2022.

Melalui program Wirausaha Merdeka, diharapkan mahasiswa yang memiliki minat dan potensi dalam kewirausahaan dapat terfasilitasi dengan baik serta mendapatkan dukungan berupa mentoring dan pendampingan dari para ahli dan praktisi wirausaha melalui perguruan tinggi pelaksana.

Informasi remi dan lengkap, serta pendaftaran Program Wirausaha Merdeka dapat dilihat melalui laman https://wirausahamerdeka.id/

Demikian informasi mengenai Program Wirausaha Merdeka Kemendikbud yang dapat kami sampaikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..