Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan

Buku Panduan Capaian AN Pusat Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah menerbitkan Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan.

gurumadrasah.com- Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan
Buku Panduan Capaian AN

Pusat Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi telah menerbitkan Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan.

Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan ini diterbitkan untuk acuan satuan pendidikan dalam membaca rapor pendidikan.

Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional Satuan Pendidikan ini berisi informasi tentang Rapor Pendidikan sebagai bentuk laporan hasil evaluasi pelaksanaan Asesmen Nasional.

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya.

Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

Peluncuran platform Rapor Pendidikan didasari oleh Permendikbudristek Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan Oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Platform ini ditujukan untuk satuan pendidikan dan pemerintah daerah agar bisa mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan Pendidikan dan menjadi bahan untuk refleksi sehingga bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data.

Satuan pendidikan dapat melihat secara detail elemen-elemen per dimensi, sehingga dapat menggali kondisi capaian dan proses pembelajaran di tempat masing-masing.

Rapor Pendidikan dapat digunakan sebagai referensi utama dalam menganalisa, merencanakan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan. Data yang disajikan objektif dan andal karena laporan tersaji secara otomatis dan terintegrasi.

Rapor pendidikan juga berfungsi sebagai instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik evaluasi internal maupun eksternal yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output).

Pendidikan mengukur indikator yang disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan yang diturunkan dari delapan Standar Nasional Pendidikan.

Terdapat dua jenis Rapor Pendidikan yaitu rapor satuan pendidikan dan rapor pendidikan daerah. Rapor satuan pendidikan menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan di satuan pendidikan, sedangkan Rapor Pendidikan daerah menampilkan indikator juga hasil mutu pendidikan dari daerah dan satuan pendidikan di daerah tersebut.

Di dalam Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan antara lain disampaikan mengenai Hasil Asesmen Nasional. Hasil Asesmen Nasional dilaporkan pada rentang nilai 1,00 – 3,00.

Nilai 1,00 memiliki makna Seluruh aspek/subaspek dalam indikator tersebut kategori capaiannya kurang, sedangkan 3,00 artinya seluruh aspek/subaspek dalam indikator tersebut kategori capaiannya baik.

Pada Asesmen Nasional, secara umum terdapat 3 kategori, yaitu : Kurang (nilai 1), Sedang (nilai 2), dan Baik (nilai 3).

Dengan melihat makna dari nilai hasil AN, suatu satuan pendidikan tidak akan naik nilai indeksnya apabila tidak ada peningkatan kategori capaian baik pada hasil belajar murid maupun indikator-indikator dalam survei lingkungan belajar.

Download Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan


Selengkapnya mengenai file dari Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan ini bisa anda lihat dan juga mengunduhnya melalui link yang kami sediakan dibawah ini.



Demikian postingan kami pada kesempatan kali ini mengenai Buku Panduan Capaian Hasil Asesmen Nasional untuk Satuan Pendidikan. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.