Panduan Penggunaan Rapor Pendidikan untuk Satuan Pendidikan


Panduan Penggunaan Rapor Pendidikan untuk Satuan Pendidikan
Rapor Pendidikan

Rapor Pendidikan merupakan platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu yang sudah ada sebelumnya.

Rapor Pendidikan digunakan sebagai acuan untuk mengidentifikasi, merefleksi, dan membenahi kualitas pendidikan Indonesia secara menyeluruh, dengan sistem yang terintegrasi.

Rapor Pendidikan merupakan bentuk penyempurnaan dari Rapor Mutu yang disusun oleh instrumen dan proses evaluasi yang berfokus pada hasil belajar peserta didik. Rapor Pendidikan disusun berdasarkan indikator input, proses, dan output pendidikan.

Pihak yang Dapat Menggunakan Rapor Pendidikan

Rapor Pendidikan hanya dapat diakses dengan log in menggunakan Akun Pembelajaran (belajar.id). Saat ini, pihak yang dapat mengakses Rapor Pendidikan hanyalah kepala satuan pendidikan dan pejabat dinas yang ditunjuk, dengan menggunakan domain @dinas.belajar.id atau @admin.jenjang.belajar.id.

Akan tetapi pada prakteknya, kepala satuan pendidikan atau dinas memiliki hak dan wewenang untuk memperbolehkan tenaga kependidikan atau jajarannya untuk mengakses hasil Rapor Pendidikan.

Keuntungan Rapor Pendidikan

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari Rapor Pendidikan.
  1. Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan,
  2. Satu-satunya platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional,
  3. Sumber data yang objektif dan andal di mana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi,
  4. Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal,
  5. Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output),
  6. Platform penyajian data yang terpusat, sehingga satuan pendidikan tidak perlu menggunakan beragam aplikasi sehingga diharapkan dapat meringankan beban administrasi.

Download Panduan Penggunaan Rapor Pendidikan untuk Satuan Pendidikan

Selengkapnya mengenai Panduan Penggunaan Rapor Pendidikan untuk Satuan Pendidikan ini bisa anda lihat dan juga sekaligus bisa mengunduhnya melalui link yang kami sediakan dibawah ini.



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai Panduan Penggunaan Rapor Pendidikan untuk Satuan Pendidikan. Semoga bermanfaat..