Inilah Tema dan Logo Peringatan Hari Santri Tahun 2022

gurumadrasah.com-Tema dan Logo Peringatan Hari Santri Tahun 2022
Hari Santri 2022

Tema dan Logo Hari Santri 2022 ditetapkan untuk memeriahkan pelaksanaan peringatan Hari Santri di tahun 2022 ini.


Tema dan logo Hari Santri ini selanjutnya akan menjadi branding rangkaian kegiatan peringatan hari bersejarah bagi Santri di seluruh Indonesia tersebut.

Hari Santri rutin diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Puncak peringatan Hari Santri Tahun 2022 adalah Sabtu, 22 Oktober 2022.

Sejarah Hari Santri 2022 tidak terlepas dari perjuangan para ulama dan santri dalam mempertahankan dan memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia. Mengutip dari situs resmi Kementerian Agama (Kemenag), sejarah Hari Santri bermula dari fatwa 'Resolusi Jihad' yang disampaikan KH Hasyim Asy'ari.

Pada 22 Oktober 1945, KH Hasyim Asy'ari memimpin perumusan fatwa 'Resolusi Jihad' di kalangan kiai pesantren. Fatwa yang ditetapkan pada 22 Oktober 1945 itu berisi kewajiban berjihad untuk mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dengan melawan pasukan penjajah yang masih ada di Indonesia.

Puncak perjuangan atas landasan jihad kebangsaan tersebut kemudian melahirkan peristiwa heroik pada 10 November 1945 di Surabaya. Peristiwa itu juga dikenal sebagai cikal bakal dan sebagai peringatan Hari Pahlawan.

Baca artikel detiknews, "Hari Santri 2022, Sejarah dan Info Launching Peringatan Tahun Ini" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6314981/hari-santri-2022-sejarah-dan-info-launching-peringatan-tahun-ini.

Tema dan Logo Hari Santri Tahun 2022

Peringatan Hari Santri 2022 mengusung tema ”Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Sedangkan Logo Hari Santri 2022 tampak sebagai berikut.

Filosofi Logo

Logo peringatan Hari Santri 2022 mengandung filosofi: merangkul (melindungi, peduli), jabat tangan (saling membantu), daun (energi dan harapan), _infinity_ (tak hingga), matahari (sumber energi, daya yang tak habis), dan mata (melihat dan mengamati)

MERANGKUL
Melingkarkan lengan pada pundak (tubuh, pinggang, dan sebagainya) orang lain sambil melingkarkan kedua lengan. bermakna melindungi, memberikan empati dan kepedulian.
JABAT TANGAN
Makna keakraban dalam setiap pertemuan. saling berbudaya, memberikan sapa. Mengulurkan tangan untuk saling membantu antar manusia dengan manusia yang lain
DAUN
Daun hijau tidak hanya memberikan kehidupan dan energi pada manusia, tetapi juga memberikan harapan.
INFINITY
Simbol takhingga (bahasa Inggris: infinity symbol) yang dilambangkan sebagai ∞, merupakan simbol matematika yang mewakili konsep takhingga.
MATAHARI
Selalu memberikan cahaya untuk kehidupan manusia, merupakan sumber energi alam semesta dan penghuninya, daya yang tak akan pernah habis
MATA
Indera Penglihatan manusia, untuk memandang segala hal, melihat keadaan disekitar. Melihat dan mengamati apa yang terjadi dan apa yang bisa diperbuat.


Download Pedoman identitas visual, tema, dan logo Hari Santri Tahun 2022 


Selengkapnya mengenai Pedoman identitas visual, tema, dan logo Hari Santri Tahun 2022 ini bisa anda lihat dan juga mengunduhnya pada link yang kami sediakan dibawah ini.




Demikian postingan kami pada kesempatan kali ini mengani Tema dan Logo Peringatan Hari Santri Tahun 2022. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Inilah Tema dan Logo Peringatan Hari Santri Tahun 2022"