Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Inilah Syarat dan Link Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 Tahun 2022

Beasiswa LPDP Tahap 2 Pembukaan pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 sudah dimulai tanggal 4 Juli 2022. Pendaftaran beasiswa tersebut dilakukan secara online. LPDP merupakan sebuah lembaga pengelola dana abadi untuk mendanai beasiswa yang berada di bawah pengawasan Kementerian Ke…

Inilah Syarat dan Link Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 Tahun 2022
Beasiswa LPDP Tahap 2

Pembukaan pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 sudah dimulai tanggal 4 Juli 2022. Pendaftaran beasiswa tersebut dilakukan secara online. LPDP merupakan sebuah lembaga pengelola dana abadi untuk mendanai beasiswa yang berada di bawah pengawasan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

LPDP adalah sebuah Badan Layanan Umum (BLU) yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang, d mana dalam UUD 1945 mengamanatkan bahwa sekurang-kurangnya dua puluh persen Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) adalah untuk fungsi pendidikan.

Program beasiswa LPDP terdiri dari dua program, yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga. Jadi tidak ada program beasiswa untuk tingkat sarjana atau S1.

Lama masa studi maksimal untuk program Magister LPDP adalah 2 tahun dan untuk program Doktor 4 tahun. Apabila melebihi masa waktu tersebut, maka dapat dikenakan penalti bagi pemegang atau pelakasana beasiswa tersebut.

Untuk masyarakat yang sudah menyelesaikan pendidikan D4 atau S1 dapat mendaftar beasiswa program magister (S2).

Sedangkan lulusan S2 bisa mendaftar program beasiswa doktor (S3). Beasiswa Reguler LPDP dapat diikuti oleh masyarakat umum, CPNS/PNS, anggota TNI, dan Polri yang memenuhi persyaratan dari LPDP.

Tujuan Beasiswa LPDP

Tujuan beasiswa LPDP adalah untuk mendukung ketersediaan SDM (sumber daya manusia) Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas, mempunyai jiwa kepemimpinan dan memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas dan bangsa di masa depan.

Masyarakat yang nantinya akan mendapatkan kepercayaan dan kesempatan dari LPDP merupakan orang yang sudah terseleksi melalui beberapa tahapan dan akan melakukan studi lanjutan Magister maupun Doktor akan dibiayai oleh LPDP baik yang di dalam maupun di luar negeri.

Penerima beasiswa program Beasiswa Reguler LPDP 2022 akan mendapatkan berbagai bantuan mulai dari biaya pendidikan hingga biaya penunjang yakni biaya Pendidikan, biaya pendaftaran, biaya SPP/tuition fee, tunjangan buku, biaya penelitian, tesis/disertasi, biaya seminar internasional, biaya publikasi jurnal internasional, biaya pendukung, transportasi, aplikasi visa/residence permit, asuransi kesehatan, biaya hidup bulanan, biaya kedatangan, biaya keadaaan darurat (jika diperlukan) dan tunjangan keluarga (khusus Doktor).

Kategori Beasiswa

Terdapat tiga kategori beasiswa LPDP tahap II yang dapat dipilih, yaitu sebagai berikut.

1. General Scholarship 2022
a. Beasiswa Reguler 2022
b. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD) 2022
c. Beasiswa Co-funding 2022

2. Targeted Scholarship 2022
a. Beasiswa PNS, TNI, dan Polri 2022
b. Beasiswa Kewirausahaan 2022

3. Affirmative Scholarship 2022
a. Beasiswa Penyandang Disabilitas 2022
b. Beasiswa Putra Putri Papua 2022
c. Beasiswa Pra Sejahtera 2022
d. Beasiswa Daerah Afirmasi 2022

Tahapan Seleksi

Proses seleksi seluruh jenis beasiswa LPDP meliputi :
  1. seleksi administrasi;
  2. seleksi bakat skolastik; dan
  3. seleksi substansi.

Syarat Pendaftaran

Berikut ini adalah syarat umum pendaftaran Beasiswa LPDP Tahun 2022 Tahap 2.
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Telah menyelesaikan studi program D4 atau S1 untuk beasiswa magister; program S2 untuk beasiswa doktor, atau D4/S1 langsung doktor.
  3. Bagi pendaftar dari D4/S1 langsung doktor wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut: Memiliki LoA Unconditional dari perguruan tinggi tujuan, dan Memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa S3.
  4. Pendaftar yang telah menyelesaikan studi S2 tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi S3 tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.
  5. Bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman yang tertera pada pengumuman beasiswa reguler LPDP.
  6. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister untuk tujuan program magister ataupun doktor untuk tujuan program doktor baik di perguruaan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
  7. Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.
  8. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional.
  9. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.
  10. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas yang tertera pada situs LPDP.
  11. Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran dengan format pernyataan (poin-poin terlampir).
  12. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online.
  13. Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
  14. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.
  15. Menulis riwayat dan tautan publikasi ilmiah (jika ada).

Sedangkan syarat khusus pendaftaran Beasiswa LPDP Tahun 2022 Tahap 2 adalah sebagai berikut.
  1. Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu: 35 tahun (S2) dan 40 tahun (S3).
  2. Melampirkan Surat Rekomendasi dari tokoh masyarakat atau akademisi.
  3. Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit (poin-poin terlampir).
  4. Mengunggah dokumen (IPK) dengan ketentuan sebagai berikut: 3,00 (S2) dan 3,25 (S3) dari skala 4,00 atau yang setara dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
  5. Khusus untuk pendaftar jenjang Doktor dari program Magister Penelitian tanpa IPK, wajib melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi asal.
  6. Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman yang tertera pada pengumuman beasiswa reguler LPDP.
  7. Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh lembaga resmi yang ditentukan oleh LPDP dengan ketentuan: Pendaftar program Magister Dalam Negeri skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 500, TOEFL iBT 61, PTE Academic 50, atau IELTS 6,0. Pendaftar program Magister Luar Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 80, PTE Academic 58, atau IELTS 6,5. Pendaftar program Doktor Dalam Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP 530, TOEFL iBT 70, PTE Academic 50, atau IELTS 6,0. Pendaftar program Doktor Luar Negeri, skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL iBT 94, PTE Academic 65, atau IELTS 7,0.
  8. Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.
  9. Melampirkan surat usulan mengikuti Beasiswa LPDP sekurang-kurangnya dari pejabat yang berwenang, untuk pendaftar CPNS/PNS, TNI, dan Polri.

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftaran dilakukan secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id
  2. Lengkapi dan unggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.
  3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.
  4. Pastikan dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis dibuat/diterbitkan pada tahun 2022.

Timeline Seleksi Beasiswa

  1. Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Pendaftaran : 4 Juli – 5 Agustus 2022
  2. Seleksi administrasi : 8 Agustus – 19 Agustus 2022
  3. Seleksi bakat skolastik : 29 Agustus – 10 September 2022
  4. Seleksi substansi: 26 September – 4 November 2022.

Dan sesuai timeline seleksi beasiswa LPDP tahap II, seleksi diberlakukan untuk perkuliahan paling cepat Januari 2023. Untuk informasi lebih lengkap, silakan buka laman https://lpdp.kemenkeu.go.id/.

Demikian informasi mengenai Syarat dan Link Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 Tahun 2022 yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat...

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.