Akreditasi Asesmen Nasional Info ASN Berkas Soal Info Beasiswa Info Lomba Kunci Jawaban Modul Belajar

Pedoman Pelaksanaan PPDB TK SD SMP SMA dan SMK Provinsi Lampung TP 2022/2023


Pedoman Pelaksanaan PPDB TK SD SMP SMA dan SMK Provinsi Lampung TP 2022/2023
Juknis PPDB Lampung 2022-2023

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung telah menerbitkan Juknis atau Pedoman Pelaksanaan PPDB TK/LB SD/SDLB SMP/SMPLB SMA/SMALB SMK Provinsi Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023.

Pedoman Pelaksanaan PPDB TK/LB SD/SDLB SMP/SMPLB SMA/SMALB SMK Provinsi Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023 tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Nomor 800/1025a/V.01/DP.1C/2022.

Penyusunan Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru di Provinsi Lampung dimaksudkan sebagai acuan pokok bagi setiap sekolah dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru pada Tahun Pelajaran 2022/2023.

Pedoman ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Nomor 800/1025a/V.01/DP.1C/2022 tanggal 7 April 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Provinsi Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022 di Provinsi Lampung.

Pedoman disusun Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan atau bentuk lain yang sederajat.

Selain itu, pedoman ini juga disusun dari berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan berdasarkan usul/masukan hasil kesepakatan bersama melalui rapat koordinasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Kantor Wilayah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dan seluruh PPDB Tahun Pelajaran 2022 / 2023 KKKSD, MKKS SMP/SMA/SMK/SLB Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung pada tanggal 6 April 2022.

Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru pada Tahun Pelajaran 2022/2023 diharapkan dapat terselenggara secara tertib, aman, lancar, objektif, transparan, akuntabel dan tidak diskriminatif serta memberikan kesempatan seluas-luasnya bagiwarga masyarakat usia sekolah untuk melanjutkan pendidikannya.

Pedoman diterbitkan sebagai prosedur operasional dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di setiap sekolah pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, digunakan secara bertanggung jawab dengan tujuan agar berjalan secara optimal bagi peningkatan mutu, relevansi dan perluasan akses layanan pendidikan.

Prinsip PPDB

PPDB dilakukan berdasarkan prinsip berikut.
  1. Objektif;
  2. Transparan;
  3. Akuntabel;dan
  4. Berkeadilan.

PPDB dilakukan tanpa diskriminasi kecuali bagi sekolah yang secara khusus dirancang
untuk melayani peserta didik dari kelompok gender atau agama tertentu.

Tujuan

Pedoman Pelaksanaan PPDB ini bertujuan sebagai berikut.
  1. Mendorong peningkatan akses layanan pendidikan;
  2. Digunakan sebagai pedoman bagi Kepala Daerah Kabupaten/Kota dan Kepala Sekolah dalam melaksanakan PPDB.

Download Pedoman Pelaksanaan PPDB TK SD SMP SMA dan SMK Provinsi Lampung TP 2022/2023


Selengkapnya mengenai Pedoman Pelaksanaan PPDB TK SD SMP SMA dan SMK Provinsi Lampung TP 2022/2023 ini bisa anda download melalui link yang kami sediakan dibawah ini.



Demikian informasi yang kami sampaikan mengenai Pedoman Pelaksanaan PPDB TK SD SMP SMA dan SMK Provinsi Lampung TP 2022/2023. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like share gurumadrasah.com....

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Artikel terkait :