Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Panduan Aplikasi Mobile OSN Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP) Tahun 2022

Panduan Aplikasi Mobile OSN SD SMP Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang kompetisi di bidang Sains yang diikuti oleh siswa pada jenjang SD, SMP dan SMA. OSN diselenggarakan setiap tahun di kota berbeda-beda. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal pendidi…

Panduan Aplikasi Mobile OSN Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP) Tahun 2022
Panduan Aplikasi Mobile OSN SD SMP

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang kompetisi di bidang Sains yang diikuti oleh siswa pada jenjang SD, SMP dan SMA.

OSN diselenggarakan setiap tahun di kota berbeda-beda. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah. Olimpiade Sains Nasional diselenggarakan pertama kali pada tahun 2002.

Dimana pada tahun tersebut Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Olimpiade Internasional Fisika.

Dipercaya menjadi tuan rumah mengharuskan Indonesia harus siap melaksanakannya dengan baik. Selain itu, juga harus siap mencapai 3 sukses.

Tiga sukses tersebut adalah sukses penyelenggaraan, sukses peserta dan juga sukses prestasi.

Tiga sukses tersebut ternyata berhasil dilaksanakan oleh tim Indonesia dengan meraih 2 medali emas serta 2 medali perak.

Pada waktu itu, Olimpiade Internasional Fisika diselenggarakan di Bali dan diikuti oleh 72 negara. Kompetisi di bidang Fisika ini dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri.

Setelah sukses menjalankan acara ini, tim pelaksana memiliki mimpi untuk mengadakan kegiatan ini di Indonesia dan bersifat Internasional.

Tidak butuh waktu lama ternyata mimpi tersebut menjadi kenyataan dengan diadakannya Olimpiade Sains Nasional antar siswa jenjang SMA di tahun yang sama yaitu 2002. OSN SMA yang diselenggarakan mendapatkan respons positif dari Mendiknas Malik Fajar.

Beliau kemudian berpesan untuk para rektor supaya siswa yang mengikuti OSN diterima di UMPTN dan juga mengambil anak-anak berprestasi dari ajang ini.

Mantan Mendiknas berpesan untuk mengadakan OSN tingkat SD, SMP dan SMA di tahun depan atau tahun 2003.

Setelah itu, Direktorat Jenderal pendidikan Dasar dan Menengah segera melakukan koordinasi dengan direktorat terkait untuk menyusun langkah-langkah persiapan, mekanisme serta pelaksanaan, termasuk pembuatan logo, medali emas, perak dan juga perunggu.

Pelaksanaan Olimpiade Sain Nasional SMA di tahun 2002 belum bisa dikatakan sempurna. Namun, ajang ini kemudian disempurnakan pada tahun 2003.

Seiring berjalannya waktu, ada keinginan untuk menyelenggarakan OSN SMA bergilir di semua provinsi di Indonesia.

Pada tahun 2003, OSN diselenggarakan di Balikpapan dan setelah itu acara ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Pada akhirnya perjalanan OSN SMA terus berlanjut dan tahun 2004 acara ini diselenggarakan di Pekanbaru, Riau.

Download Panduan Aplikasi Mobile OSN Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP) Tahun 2022

Untuk tahapan sosialisasi aplikasi lomba OSN SD dan SMP! video panduan: OSN SD https://youtu.be/A6fSNrJ3q_g OSN SMP https://youtu.be/4-f4aiNY16M Download Panduan dan ketentuan OSN pada laman : https://pusatprestasinasional.kemdikb atau bisa mengklik tautan dibawah ini.

DOWNLOAD

Demikian informasi yang kami sampaikan mengenai Panduan Aplikasi Mobile OSN Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP) Tahun 2022. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.