Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022/2023

Kaldik Jateng 2022-2023 Kaldik Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022/2023 tertuang dalam Peraturan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 420/15563 tentang Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022/2023
Kaldik Jateng 2022-2023

Kaldik Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022/2023 tertuang dalam Peraturan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 420/15563 tentang Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 ini disusun dalam rangka memberikan pedoman kepada SatuanPendidikan di Provinsi Jawa Tengah dalam mengatur waktu untuk kegiatan pembelaiaran selama Tahun Pelajaran 2022/2023 serta untuk mewujudkan efektivitas proses pembelajaran.

Ketentuan Umum

Kalender Pendidikan (Kaldik) merupakan bentuk pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran siswa selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Maksud dan Tujuan

Pedoman Penyusunan Kalender Pendidikan dimaksudkan untuk memberikan pedoman bagi satuan pendidikan dalam menyusun rancangan waktu pembelajaran yang didalamnya terdiri dari permukaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur, dengan tujuan sebagai berikut.
  1. Membantu satuan pendidikan merencanakan waktu pembelajaran.
  2. Mendorong satuan pendidikn melakukan perencanaan program pembelajaran.
  3. Menjamin setiap satuan pendidikan menyelenggarakan program pembelajaran sesuai dengan ketentuan waktu pembelajaran yang ditetapkan.

PPDB dan Persiapan Permulaan Tahun Pelajaran

PPDB pada SD/SLB. MI/MILB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/MA/SMK/MAK dilaksanakan pada bulan Mei.

Satuan pendidikan SD/SLB. MI/MILB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/MA/SMK/MAK yang melaksanakaan PPDB tidak sesuai ketentuan, harus mendapatkan izin tertulis dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kepala Kanwil Kementerian Agama atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangannya.

Kegiatan PPDB dilakukan dengan perbedoman pada peraturan perundang-undangan. Dinas Pendidikan Provinisi, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, Dinas Kabupaten/Kota, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota menyusun Pedoman Pelaksanaan PPDB.

Perencanaan pengaturan kelas dan penyusunan jadwal pelalajaran harus sudah selesai tanggal 8 Juli 2022 atau sebelum hari pertama masuk sekolah.

Kepala Satuan Pendidikan berkewajiban menyusun program tahunan, yang harus sudah selesai selambat-lambatnya pada tanggal 11 Juli 2022.

Permulaan Tahun Ajaran 2022/2023 adalah hari Senin, tanggal 11 Juli 2022. Hari-hari pertama masuk satuan pendidikan merupakan serangkaian kegiatan satuan pendidikan pada permulaan tahun ajaran baru, dimulai dengan kegiatan MPLS yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan perundangan


Hari-hari pertama masuk satuan pendidikan berlangsung selama 3 (tiga) hari, muai hari Senin tanggal 11 Juli 2022 dan berakhir pada hari Rabu, tanggal 13 Juli 2022.

Waktu Pembelajaran Efektif

Di dalam penyelenggaraan pendidikan, satuan pendidikan mengunakan sistem semester yang membagi 1 (satu) tahun ajaran menjadi semester gasal dan semester genap.
  1. Waktu pembelajaran efektif setiap jam pelajaran tatap muka untuk SD/MI : 35 menit, SMP/MTs : 40 menit, dan SMA/MA/SMK/MAK : 45 menit.
  2. Waktu pembelajaran efektif setiap jam pelajaran tatap muka untuk SDLB/MILB : 30 menit, SMPLB : 35 menit, dan SMALB : 40 menit.
  3. Waktu pembelajaran efektif setiap jam pelajaran tatap muka pada bukan Ramadhan untuk SD/MI : 30 menit, SMP/MTs : 35 menit, dan SMA/MA/SMK/MAK : 40 menit.
  4. Waktu pembelajaran efektif setiap jam pelajaran tatap muka pada bulan Ramadhan untuk SDLB/MILB : 25 menit, SMPLB : 30 menit, dan SMALB : 35 menit.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelaajran di satuan pendidikan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan menyesuaikan pada pilihan implementasi Kurikulum Merdeka berdasar Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Waktu pembelajaran efektif bagi satuan pendidikan yang masuk pagi dimulai pukul 07.00 WIB, sedangkan satuan pendidikan yang menyelenggarakan selain waktu yang ditetapkan dapat diatur secara khusus oleh satuan pendidikan setelah memperoleh izin dari Dinas Provinsi/Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinisi/Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota seusai dengan kewenangannya.

Kegiatan Tengah Semsester

Kegiatan Tengah Semester diisi dengan Penilaian Tengah Semester dan/atau kegiatan pengembangan bakat, kepribadian, prestasi, dan kreativitas peserta didik.

Khusus satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka dapat memanfaatkan kegiatan tengah semester untuk penyelenggaran Projek Penguatan profil Pelajar Pancasila (P5).

Download Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah TP 2022/2023


Kalender Pendidikan Kaldik Provinsi Jawa Tengah TP 2022/2023 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.



Demikian informasi yang kami sampaikan mengenai Kalender Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022/2023. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.