Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 Secara Daring

Juknis FLS2N SMK 2022 Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbudristek telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 secara daring (online).

Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 Secara Daring
Juknis FLS2N SMK 2022

Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbudristek telah menerbitkan Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 secara daring (online).

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2022 merupakan ajang talenta bagi peserta didik SMK di seluruh Indonesia untuk menunjukkan minat dan bakatnya di Bidang Seni.

Penyelenggaraan FLS2N diharapkan mampu menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi untuk mendukung industri kreatif di Indonesia.

Penyelenggaraan FLS2N merupakan salah satu bentuk implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Melalui kegiatan seni, dapat dikembangkan nilai-nilai karakter sebagai harmonisasi antara olah pikir, olah rasa, olah hati dan olah tubuh untuk membentuk manusia sejati dan menjadi sarana peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Melalui FLS2N Jenjang SMK diharapkan dapat mengasah karakter peserta didik SMK Indonesia dengan beraneka ragam bahasa, budaya, kesenian yang dilahirkan dan diwariskan para leluhur kita dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Melalui kegiatan FLS2N diharapkan dapat dipupuk toleransi, kolaborasi, dan kebersamaan dalam bingkai Peradaban Nusantara yang beragam dan kaya raya kekhasannya.

Sehubungan dengan masih menyebarnya Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), maka Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi penyelenggaraan FLS2N Tahun 2022 secara daring sebagai upaya memberikan ruang dan ajang pengembangan talenta, bakat, minat, kreativitas, serta inovasi bagi peserta didik SMK.

Petunjuk Teknis Pelaksanaan FLS2N ini disusun untuk memberikan informasi tentang penyelenggaraan FLS2N Jenjang SMK baik di Tingkat Provinsi maupun Tingkat Nasional Tahun 2022 secara daring (online).

Tujuan

  1. Membangun karakter bangsa melalui penanaman dan peningkatan jiwa seni serta pelestarian terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
  2. Membina dan meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni dan budaya sekaligus mengembangkan sikap kompetitif dalam diri peserta didik, sehingga mampu mengasah kepekaan peserta didik dalam menghargai seni dan karya orang lain.
  3. Mengembangkan bakat dan minat dalam bidang seni dan budaya sekaligus sebagai sarana promosi potensi peserta didik kepada dunia usaha dan industri, khususnya ekonomi kreatif serta komunitas di bidang seni.
  4. Memberikan pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidang seni dan budaya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran, jiwa kompetitif dan kolaboratif secara positif.
  5. Mempererat persahabatan dan kerjasama antar SMK se Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa sesama peserta didik Indonesia yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda.
  6. Melibatkan publik dan ekosistem pendidikan dan kebudayaan untuk berpartisipasi aktif sehingga tercipta kebersamaan dalam pengembangan seni dan budaya di dunia pendidikan.

Hasil yang Diharapkan

  1. Terbangunnya karakter bangsa dan meningkatnya jiwa seni serta lestarinya nilai- nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
  2. Tercapainya peningkatan kreativitas peserta didik dalam bidang seni dan budaya, berkembangnya sikap kompetitif dalam diri peserta didik serta terasahnya kepekaan peserta didik dalam menghargai seni, budaya dan karya orang lain.
  3. Berkembangnya bakat dan minat khususnya di bidang seni, budaya dan potensi peserta didik dikenal oleh dunia usaha dan dunia industri khususnya ekonomi kreatif serta komunitas di bidang seni.
  4. Adanya pengalaman untuk mencapai prestasi tertinggi di bidangnya dengan menjunjung tinggi nilai kejujuran.
  5. Terjalinnya persahabatan dan kerjasama antar SMK seluruh Indonesia dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, sesama peserta didik Indonesia yang berasal dari berbagai karakter dengan tingkat keterampilan dan budaya yang berbeda.
  6. Terciptanya ekosistem pendidikan dan kebudayaan serta berpartisipasi aktif, sehingga tercipta kebersamaan dengan publik dalam pengembangan seni di dunia pendidikan.

Sasaran

Sasaran FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 adalah peserta didik SMK aktif Tahun Pelajaran 2022/2023 baik SMK seni maupun SMK non seni yang terpilih mewakili 34 provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Tema

Tema Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2022 adalah:

”MEMULIAKAN KEARIFAN LOKAL MENEMBUS DUNIA”

Pembiayaan

Biaya pelaksanaan FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan/atau Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) Pusat Prestasi Nasional Tahun 2022 DIPA-023.01.1.69.0397/2021, tanggal 17 Desember 2021.

Bidang Lomba

Bidang lomba dan jumlah peserta FLS2N Jenjang SMK tahun 2022 adalah sebagai berikut.
  1. Menyanyi Solo : 1 orang
  2. Gitar Solo : 1 orang
  3. Film Pendek : 2 orang, terdiri dari 1 orang mewakili kategori Film Fiksi, dan 1 orang mewakili kategori Film Dokumenter
  4. Monolog : 1 orang
  5. Tari Tradisional : 1 orang
  6. Musik Tradisi Daerah : 5 orang
  7. Cipta Lagu : 1 orang
  8. Seni Lukis : 1 orang

Download Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 Secara Daring


Selengkapnya mengenai Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 Secara Daring ini bisa anda download dan juga mengunduhnya melalui link yang kami sediakan dibawah ini.



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Petunjuk Teknis Juknis FLS2N Jenjang SMK Tahun 2022 Secara Daring. Semoga bermanfaat.. 

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.