Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Petunjuk Teknis Pendaftaran SNPDB MAN IC, MAN PK dan MAKN Tahun Pelajaran 2022/2023

Juknis Pendaftaran SNPDB MAN IC 2022-2023 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) lnsan Cendekia merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia. Pendirian MAN Insan Cendekia bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang …

Petunjuk Teknis Pendaftaran SNPDB MAN IC, MAN PK dan MAKN Tahun Pelajaran 2022/2023
Juknis Pendaftaran SNPDB MAN IC 2022-2023

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) lnsan Cendekia
merupakan salah satu prototipe madrasah unggulan berbasis asrama di Indonesia. Pendirian MAN Insan Cendekia bertujuan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam bidang Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK), menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), mempunyai wawasan keislaman dan kebangsaan yang baik, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bemegara. Di samping itu, keberadaan MAN lnsan Cendekia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School, yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya. 

Pada awalnya hanya ada dua MAN lnsan Cendekia di Indonesia, yaitu MAN lnsan Cendekia Serpong dan MAN Insan Cendekia Gorontalo. 

Pada tahun 2012 Kementerian Agama menegerikan MA Cendekia Jambi untuk dijadikan MAN Insan Cendekia Jambi. Sejak tahun 2015 Kementerian Agama telah mendesiminasi prototipe penyelenggaraan pendidikan MAN lnsan Cendekia, sehingga saat ini terdapat 24 lokasi MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia.

Adapun Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK) merupakan salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN Jalur Tesyang sudah ada. MAN-PK pada MAN Jalur Tes bertujuan merevitalisasi praktik baik penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang pemah diprakarsai oleh Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir tahun 1987 yang dibuka pertama kali di lima daerah, yaitu: Ujung Pandang, Jember, Yogyakarta, Ciamis, dan Padang Panjang. 

Dengan penekanan pada kurikulum keagamaan yang padat serta penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris, MAPK saat itu dinilai berhasil menghasilkan lulusan yang berwawasan ke•Islaman, ke-Indonesiaan, dan ke•modernan yang baik.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kementerian Agama terus menggalakkan program diversifikasi madrasah aliyah. Selain MAN Jalur Tes, MAN Insan Cendekia, dan MAN Program Keagamaan yang telah disebutkan sebelumnya, Kementerian Agama juga membuka Madrasah Aliyah Negeri Kejuruan yang fokus pada penyelenggaraan pendidikan kejuruan. 

Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Kementerian Agama yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah. Pada tahun 2017, Kementerian Agama membangun piloting MAN Kejuruan di 2 (dua) lokasi, yaitu: Ende (NTT) dan Bolaang Mongondow (Sulut).

Dalam upaya menjamin mutu penyelenggaraan MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri, maka Kementerian Agama menerapkan Sistem Seleksi Nasional Peserta Didik Baru MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MAN Kejuruan (SNPDB MANIC­ MANPK-MAKN). SNPDB MANIC-MANPK-MAKN ini merupakan salah satu instrumen untuk menjaring calon peserta didik yang potensial ditinjau dari sisi akademik, kepribadian, dan kesehatan, sehingga diharapkan dapat mengikuti pendidikan secara optimal di madrasah dengan sistem berasrama.

Adapun Juknis dan Jadwal Pendaftaran SNPDB MAN IC, MAN PK dan MAKN Tahun Pelajaran 2022/2023, terdapat dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Dirjen Pendis Nomor 7113 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis (juknis) Khusus Pelaksanaan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan, Dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2022/2023

Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Juknis Pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru SNPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Tahun Pelajaran 2022/2023, merupakan panduan teknis bagi para pemangku kepentingan terkait pelaksanaan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri Tahun Pelajaran 2022/2023, demikian pernyataan yang terdapat dalam Diktum KESATU Kepdirjen Pendis Nomor 7113 Tahun 2021.

Adapun Tujuan SNPDB MANIC-MANPK-MAKN Tahun Pelajaran 2022/2023 ini adalah: 
  1. memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP negeri dan swasta untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu di MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri; 
  2. memberikan peluang kepada MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan dan ketakwaan, serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi.

Jadwal Pendaftaran

Berikut ini Jadwal Pendaftaran SNPDB MAN IC, MAN PK dan MAKN Tahun Pelajaran 2022/2023, sebagai berikut
  • Informasi dan Sosialisasi SNPDB tanggal 03­ Januari s.d 14 Februari 2022
  • Pendaftaran (online) Jalur Tes tanggal 10 Januari s.d 14 Februari 2022
  • Pendaftaran (online) jalur prestasi tanggal 10 Januari s.d 7 Februari 2022
  • Seleksi Berkas tanggal 11 Januari – 18 Februari 2022
  • Pengumuman Kelulusan Jalur Prestasi tanggal 16 Februari 2022
  • Pengumuman Peserta CBT tanggal 21 Februari 2022
  • Uji Coba Computer Based Test (CBT) tanggal 23 – 24 Februari 2022
  • Pelaksanaan Tes Seleksi dengan Computer Based Test (CBT) tanggal 26 – 27 Februari 2022
  • Pengumuman Kelulusan tanggal 16 Maret 2022
  • Daftar Ulang tanggal 21- 31 Maret 2022
  • Awal Masuk Asrama tanggal 16 Juli 2022

Download Petunjuk Teknis Pendaftaran SNPDB MAN IC, MAN PK dan MAKN Tahun Pelajaran 2022/2023


Informasi selengkapnya bisa dibaca pada salinan Jadwal Persyaratan dan Juknis Pendaftaran Seleksi Nasional Peserta Didik Baru SNPDB Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) Tahun Pelajaran 2022/2023 bisa anda lihat dan juga mengunduhnya melalui link di bawah ini.



Demikian informasi tentang Jadwal dan Juknis Pendaftaran SNPDB MAN IC, MAN PK dan MAKN Tahun Pelajaran 2022/2023. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.