Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Revisi Jadwal Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2021


Revisi Jadwal Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2021
Revisi Jadwal AKMI 2021

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, disingkat AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. 

Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Literasi Numerasi

Literasi numerasi merupakan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari.

Literasi Membaca

Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan kapasitas individu, sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Literasi Sains

Literasi sains adalah pengetahuan dan kecakapan ilmiah dalam mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasar fakta, memahami karakteristik sains, serta kesadaran bagaimana sains dan teknologi mempengaruhi manusia dan lingkungan.

Literasi Sosial Budaya

Literasi sosial budaya merupakan kemampuan individu dan masyarakat dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa, termasuk kemampuan untuk menerima dan beradaptasi, serta bersikap secara bijaksana atas keberagaman

Perubahan/Revisi Jadwal AKMI Tahun 2021

Jadwal pelaksanaan AKMI Tahun 2021 telah direvisi melalui Surat Edaran DIrektorat KSKK Madrasah Tahun 2021 dengan Nomor Surat S-3575/DJ.I/Dt.l.l/PP.00/10/2021 tertanggal 15 Oktober 2021 tentang Pemberitahuan Revisi Jadual Penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2021.

Perubahan/Revisi Jadwal AKMI Tahun 2021 ini untuk memastikan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2021 dan memperhatikan Surat Edaran Sadan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek nomor 4935/H/PG.00.02/2021 tentang Koordinasi Pelaksanaan AN dan AKMI Pada Madrasah lbtidaiyah (MI).

Perubahan Jadwal Pelaksanaan AKMI Tahun 2021 ini terdapat pada pelaksanaan utama Asesmen Komptensi Madrasah Indonesia (AKMI) 2021, sedangkan untuk pelaksanaan Gladi Bersih untuk Siswa peserta AKMI 2021 tidak mengalami perubahan.

Sebagaimana hasil dari koordinasi antara Kemdikbud dengan Kemenag RI, bahwa madrasah yang mendapatkan jadwal pelaksanaan AKMI 2021 yang bertepatan dengan waktu pelaksanaan AN SD/Ml 2021 diminta tetap memilih pelaksanaan AKMI (SE Dit. KSKK Madrasah).

Dan nantinya kepada Madrasah Ibtidaiyah (MI) tersebut akan disiapkan waktu susulan Asesmen Nasional (AN) SD/Ml pada rentang waktu 29 November 2021 sampai dengan 2 Desember 2021 dengan teknis pelaksanaan yang akan diatur kemudian.

Perubahan Jadwal AKMI 2021 tersebut sehingga menjadi sebagai berikut:

perubahan jadwal akmi

Download Surat Edaran Revisi Jadwal Pelaksanaan AKMI Tahun 2021


Surat Edaran Direktoran KSKK Madrasah terkait perubahan/revisi jadwal pelaksanaan AKMI Tahun 2021 ini dapat diunduh melalui link yang kami sediakan dibawah ini.

Revisi Jadwal Pelaksanaan AKMI Tahun 2021 - DOWNLOAD

Demikianlah tentang Revisi Jadwal Pelaksanaan AKMI Tahun 2021 yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi madrasah pelaksana AKMI maupun ANBK Tahun 2021 ini.

Artikel Terbaru :

Post a Comment for "Revisi Jadwal Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun 2021"