Akreditasi Asesmen Nasional Info ASN Berkas Soal Info Beasiswa Info Lomba Kunci Jawaban Modul Belajar

Pedoman Tahap Final Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tahun 2021


Pedoman Tahap Final Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tahun 2021
Pedoman Tahap Final FIKSI 2021

Diproyeksikan, enam dari tujuh ekonomi terbesar dunia di tahun 2050 berasal dari negara berkembang yang dipimpin oleh China di puncak, India nomer dua, Indonesia nomor empat,” ungkap Kepala Ekonom PwC John Hawksworth. Data yang menunjukkan bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar ke-4 dunia di tahun 2050 ini merupakan salah satu motivasi utama dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa ini. Tahun 2050 adalah ketika para siswa usia pendidikan menengah saat ini berusia di kisaran 45-50 tahun, usia produktif yang matang, yang pada saat itu akan memegang tanggung jawab penuh terhadap penyelenggaraan, kemajuan, dan keberlangsungan pembangunan. Sehingga perlu disiapkan inisiatif dan program-program yang turut andil dalam mempersiapkan para pemimpin masa depan ini.

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) hadir untuk memastikan Indonesia siap menjadi tonggak kemandirian ekonomi global di masa depan. FIKSI diselenggarakan untuk memberikan wadah berekspresi dan mengembangkan diri bagi anak Indonesia yang memiliki minat dan bakat istimewa di bidang wirausaha. Menjadi seorang entrepreneur merupakan alternatif pilihan yang bijak dan menekuninya secara sungguh-sungguh dapat menjadi modal untuk meraih kesuksesan di masa depan. Melaui FIKSI, generasi muda Indonesia khususnya siswa SMA diharapkan dapat terus meningkatkan kepercayaan diri dan kecakapan dalam berinovasi menghasilkan berbagai ide dan kreasi wirausaha.

Puncak dari program FIKSI adalah Pameran kewirausahaan SMA. Pameran Kewirausahaan merupakan suatu bentuk kegiatan mempertunjukkan, memperagakan, memperkenalkan, mempromosikan dan menyebarluaskan informasi produk maupun informasi visual hasil karya Finalis FIKSI SMA 2021. Pada tahun ini, sebanyak 130 kelompok finalis FIKSI yang lolos akan diundang untuk untuk mempresentasikan dan memamerkan produk wirausaha mereka secara virtual dalam kegiatan Pameran Kewirausahaan. Selain itu, para finalis akan mengikuti rangkaian kegiatan seru lainnya guna menambah skill finalis dalam bidang kewirausahaan serta mendapat dukungan dari masyakat.

Pedoman ini disusun untuk memberikan gambaran pelaksanaan Expo FIKSI 2021 dengan tema “Dare to Start: Create the Future”

Dasar Hukum

Pelaksanaan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia didasarkan pada:
  1. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33
  2. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Peraturan Pemerintah RI No. 41 Tahun 2011 tentang Pengembangan Kewirausahaan dan Kepeloporan Pemuda serta Penyediaan Prasarana dan Sarana Kepemudaan.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.
  6. DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Program Penyediaan dan Layanan Pendidikan Pusat Prestasi Nasional tahun 2021.

Tujuan

  1. Membangun semangat dan jiwa kewirausahaan sosial kepada siswa;
  2. Memberikan bekal pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan agar siswa kelak dapat memulai dan mengakselerasi wirausaha sosialnya;
  3. Mengaktivasi empati, membangun rasa tanggung jawab, serta kemandirian ekonomi pada siswa;
  4. Menumbuhkan generasi wirausahawan muda kreatif dengan wawasan sosial secara berkelanjutan;
  5. Membentuk jejaring yang dapat mendukung kegiatan wirausaha sosial, terutama dalam mempertahankan keberlanjutannya;
  6. Mendorong terbentuknya model praktik pembelajaran kewirausahaan sosial di tingkat SMA;
  7. Menjadi media sosialisasi/diseminasi hasil karya wirausahawan sosial muda kreatif kepada masyarakat.

Bentuk Kegiatan Final FIKSI 2021

  1. Kegiatan pada tahap Final FIKSI 2021 terbagi ke dalam 3 kegiatan utama, yaitu:
  2. Seleksi presentasi dan wawancara yang akan dilaksanakan secara virtual,
  3. Virtual expo untuk memamerkan karya inovasi finalis.
  4. Pembinaan kewirausahaan untuk seluruh finalis FIKSI 2021.

Waktu dan Tempat

Rangkaian kegiatan Final FIKSI 2021 dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 16 Oktober 2021. Seleksi presentasi dan wawancara dilaksanakan secara virtual pada tanggal 12 sampai dengan 13 Oktober 2021. Fasilitas Virtual Expo akan dibuka selama pelaksanaan Final FIKSI, sedangkan untuk kegiatan “Expo Day” akan diselenggarakan pada tanggal 14 Oktober 2021. Pada kegiatan “Expo Day”, para finalis akan membuka ruang virtual meeting (via Google Meeting) untuk berinteraksi dengan publik/pengunjung Expo.

Informasi mengenai pameran virtual dapat dilihat di laman FIKSI 2021 (sma.pusatprestasi nasional.kemdikbud.go.id/fiksi/)

Download Pedoman Tahap Final Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tahun 2021


Selengkpanya mengenai file pdf dari Pedoman Tahap Final Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tahun 2021 ini bisa anda lihat dan juga mengunduhnya melalui link dibawah ini.



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Pedoman Tahap Final Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) Tahun 2021. Semoga bermanfaat..


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Artikel terkait :