Akreditasi Asesmen Nasional Info ASN Berkas Soal Info Beasiswa Info Lomba Kunci Jawaban Modul Belajar

Simak, Ini Kisi Kisi dan Materi Lengkap Uji Kompetensi PPPK Guru Tahun 2021


Kisi Kisi dan Materi Lengkap Uji Kompetensi PPPK Guru 2021
Kisi Kisi dan Materi Lengkap Uji Kompetensi PPPK Guru 2021

Tahapan Seleksi PPPK Guru 2021 saat ini masih berlangsung dan memasuki tahapan sanggah. Bagi PPPK Guru yang sudah dinyatakan lulus hasil administrasi untuk mempersiapkan dalam pembelajaran materi.

Sesuai dengan Permenpan RB Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Pengadaan PPPK Guru, ada tiga tahap yang akan dilalui peserta meliputi, kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural dan wawancara.

Kemdikbud menjelaskan melalui laman webnya PPPK kompetensi teknis yang akan diikuti oleh pelamar PPPK guru sesuai mata pelajaran, soalnya berjumlah 80 sampai 100 butir soal dengan bobot nilai 60 persen, dengan waktu pengerjaan soal 120 menit.

Kemudian, Kompetensi Manajerial 25 butir soal dengan durasi waktu 25 menit, kompetensi Sosio Kultural 20 butir soal dengan waktu 15 menit, Pertanyaan wawancara dan dijawab dengan menulis sebanyak 10 soal dengan waktu 10 menit.

Untuk kisi kisi materi PPPK Guru 2021 sebagai berikut :

1. Kompetensi Teknis

Kompetensi teknis merupakan tes yang menguji pengetahuan, keterampilan, dan sikap pelamar yang berkaitan dengan bidang teknis jabatan.
soal-soal kompetensi teknis akan menguji seputar kemampuan pelamar PPPK guru dalam hal membangun sistem pengajaran maupun sistem penilaian terhadap siswa.

2. Kompetensi Manajerial

Merupakan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.

3. Kompetensi Sosio Kultural

Kompetensi sosio-kultural merupakan tes untuk menguji pengetahuan, keterampilan, juga sikap PPPK guru yang berkaitan dengan bagaimana ia berinteraksi di lingkungan yang majemuk.Dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan jabatan.

Untuk waktu mengerjakan soal kompetensi untuk PPPK guru 170 menit, kalau tidak ada perubahan.

Disamping itu, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Makarim menyampaikan Pada PPPK tahun ini, pemerintah akan memberikan kesempatan pelamar untuk mengikuti seleksi hingga 3 kali selama tahun berjalan. Kesempatan ini dibuka secara khusus bagi pelamar PPPK yang merupakan guru honorer dan lulusan pendidikan profesi.

Lanjutnya, jika gagal pada kesempatan pertama, dapat belajar dan mengulang ujian hingga dua kali lagi di tahun yang sama.

Tahap Seleksi PPPK 2021


Seleksi PPPK Non Guru 2021

Tahun ini, formasi PPPK mendapatkan jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan CPNS. Rincian dari jumlahnya sendiri adalah 531.076 untuk PPPK guru dan 20.960 PPPK non guru.

Seleksi PPPK non guru sendiri diatur dalam Permenpar No.29/2021 yang dijelaskan dalam pasal 11, pengadaan PPPK jabatan fungsional akan melalui tahapan sebagai berikut:
  1. Perencanaan;
  2. Pengumuman lowongan;
  3. Pelamaran; seleksi;
  4. Pengumuman hasil seleksi; dan
  5. Pengangkatan menjadi PPPK

Pengadaan PPPK 2021 nantinya akan terdiri dari dua bagian, seperti yang diatur dalam pasal 19 Permenpan No.29/2021, yaitu seleksi administrasi dan seleksi kompetensi.

Seleksi administrasi dilakukan untuk mencocokan persyaratan administrasi dan kualifikasi pelamar dan dilakukan oleh panitia seleksi instansi. Jika nanti kamu dinyatakan lulus, maka kamu bisa mengikuti seleksi kompetensi. Seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kesesuaian Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis, dan Kompetensi Sosial Kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Seleksi PPPK Guru 2021


Lalu, untuk tahapan seleksi PPPK guru diatur dalam Permenpan No.28/2021 dalam pasal 12 ayat 2. Aturan tersebut menyebutkan bahwa pengadaan PPPK JF guru tahun 2021 dilaksanakan melalui tahapan:
  1. Perencanaan;
  2. Pengumuman lowongan;
  3. Pelamaran; seleksi;
  4. Pengumuman hasil seleksi; dan
  5. Pengangkatan menjadi PPPK.

Tidak jauh berbeda dengan tahap seleksi PPPK nonguru, tahap seleksi PPPK guru juga akan melewati tahap seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Seleksi kompetensi akan menggunakan sistem CAT-UNBK Kemendikbud Ristek, bukan CAT BKN.

Seleksi kompetensi akan dilaksanakan sebanyak tiga kali dengan pengumuman hasil seleksi di setiap tahap. Untuk tahap seleksi kompetensi I hanya bisa diikuti THK-II dan guru non ASN di sekolah negeri.

Seleksi kompetensi II, boleh diikuti oleh peserta yang tidak lulus pada Seleksi Kompetensi I, dan guru swasta dan lulusan PPG. Sementara untuk seleksi kompetensi III boleh diikuti oleh peserta yang tidak lulus di tahap seleksi kompetensi II.

Dengan adanya seleksi kompetensi 3 tahap ini diharapkan memperbesar peluang peserta untuk lolos sehingga bisa memenuhi kuota dari PPPK guru karena hingga saat ini masih banyak sekolah yang kekurangan guru.

Belajar Persiapan PPPK


Untuk menghadapi seleksi PPPK 2021, tentunya harus mempersiapkan diri dengan matang. Salah satu caranya adalah dengan menemukan formula belajar yang asik dan efektif yang bisa dilakukan di tengah-tengah kesibukan tentunya.

Sebagai tips untuk lulus, mungkin anda bisa mulai belajar latihan soal PPPK yang sesuai dengan kisi-kisi soal PPPK 2021 dari sekarang, atau juga bisa belajar melalui video-video pembelajaran yang bisa anda temukan di Youtube.

Demikian infromasi mengenai Kisi Kisi dan Materi Lengkap Uji Kompetensi PPPK Guru 2021 yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat...

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Artikel terkait :