Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Juknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMK Tahun 2021

Juknis FIKSI SMK 2021 Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional yang bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Je…

Petunjuk Teknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMK Tahun 2021
Juknis FIKSI SMK 2021
Merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka telah dibentuk Pusat Prestasi Nasional yang bertanggung jawab kepada Menteri melalui Sekretaris Jenderal. Pusat Prestasi Nasional bertugas untuk melaksanakan penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan di bidang pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik yang diimplementasikan antara lain melalui pelaksanaan Lomba, Festival, dan Kompetisi.

Salah satu fungsi Pusat Prestasi Nasional adalah pelaksanaan pengembangan prestasi satuan pendidikan dan peserta didik. Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu upaya sebagai pengembangan prestasi peserta didik adalah meningkatkan minat entrepreneurship dikalangan peserta didik, Pusat Prestasi Nasional melaksanakan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) jenjang SMK pada tahun 2021 yang dilaksanakan melalui seleksi secara bertahap. FIKSI jenjang SMK diprogramkan untuk merintis dan memastikan Indonesia di masa depan mampu menjadi tonggak kemandirian ekonomi global. 

Strategi untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship sejak dini merupakan salah satu pilihan yang bijak, dimana dapat ditekuni secara sungguh-sungguh sehingga dapat menjadi modal untuk meraih kesuksesan di masa depan. Melalui FIKSI, generasi muda Indonesia khususnya siswa SMK dengan kompetensi yang dimiliki diharapkan dapat terus meningkatkan kepercayaan diri dan kecakapan dalam berinovasi menghasilkan berbagai ide dan kreasi wirausaha.


Filosofi FIKSI Jenjang SMK menekankan pada kearifan lokal yang diterjemahkan menjadi konsep ide/gagasan utama yang meliputi aspek inovatif, teknologi, dan pemasarannya. Lima bidang yang dilombakan merupakan spektrum dari bidang keahlian SMK, bidang lomba FIKSI jenjang SMK Tahun
2021 tersebut adalah :

1) Teknologi Rekayasa dan TIK;
2) Kesehatan dan Pekerjaan Sosial;
3) Agri Usaha dan Agro Teknologi;
4) Kemaritiman;
5) Pariwisata,

Industri Seni dan Kreatif. Seleksi FIKSI jenjang SMK dilaksanakan secara bertahap, terdiri dari seleksi Ringkasan eksekutif (executive summary), penilaian karya tulis dan wawancara. Sebagai program kelanjutan FIKSI akan dilaksanakan EXPO (Pameran) produk inovasi dari para peserta yang masuk babak final bersamaan dengan seleksi tahap III. Penyelenggaraan EXPO merupakan puncak pembuktian dan selebrasi hasil inovasi dan kreativitaspeserta didik yang memiliki nilai jual.

Diharapkan pada EXPO tersebut akan membuka peluang untuk menjalin kerja sama dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKa), Perguruan Tinggi, dan penggiat dunia usaha. Buku petunjuk teknis ini disusun untuk menjelaskan informasi mengenai prosedur, peraturan, dan mekanisme pelaksanaan FIKSI jenjang SMK sebagai pedoman bagi penyelenggara FIKSI Jenjang SMK Tahun 2021. 

Semoga penyelenggaraan FIKSI tahun 2021 dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan peserta didik dikehidupannya kedepan dan lingkungan sekitarnya sebagai penggerak ekonomi yang berdampak pada masyarakat sekitar dan secara luas dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Download Juknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMK Tahun 2021


Selengkapnya mengenai Juknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMK Tahun 2021 ini bisa anda lihat dan unduh melalui link yang kami sediakan dibawah ini.


Demikian informasi mengnai Juknis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) SMK Tahun 2021 yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.