Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Kemendikbudristek Masih Buka Kesempatan Calon Pelatih Ahli Sekolah Penggerak Tahun 2021

Sekolah Penggerak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) masih membuka kesempatan bagi calon pelatih ahli program Sekolah Penggerak tahun 2021 hingga 5 Juni 2021. Saat ini telah tercatat lebih dari 10.000 calon pelatih ahli yang mendaftar m…

Kemendikbudristek Masih Buka Kesempatan Calon Pelatih Ahli Sekolah Penggerak
Sekolah Penggerak
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) masih membuka kesempatan bagi calon pelatih ahli program Sekolah Penggerak tahun 2021 hingga 5 Juni 2021. Saat ini telah tercatat lebih dari 10.000 calon pelatih ahli yang mendaftar melalui laman sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/programsekolahpenggerak.

Selanjutnya, rekrutmen ini akan menyaring 700 pelatih ahli dengan kualifikasi terbaik untuk bersama-sama memberikan dampak bagi cita-cita besar pendidikan Indonesia.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengajak para akademisi, praktisi pendidikan, widyaiswara, dan pengawas sekolah di 111 kabupaten/kota daerah sasaran program untuk berpartisipasi. Selain itu, ia juga mengajak pensiunan kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru yang memiliki komitmen untuk berpartisipasi memajukan ekosistem pendidikan.

“Kesempatan untuk menjadi pelatih ahli adalah kesempatan untuk berkontribusi dalam upaya gotong royong mentransformasi pendidikan Indonesia, belajar dan berbagi bersama pengawas, kepala sekolah dan guru di daerah sasaran serta berjejaring dengan berbagai pemangku kepentingan pendidikan dan komunitas dalam program Sekolah Penggerak,” ungkap Menteri Nadiem pada Selasa (27/5).

Mendikbudristek menambahkan bahwa transformasi pendidikan Indonesia tidak akan berjalan sempurna tanpa adanya semangat gotong royong. Untuk itu, dibutuhkan sosok penuh inspirasi dan dedikasi yang mendampingi kepala sekolah, guru serta pengawas sekolah untuk belajar, berbagi, berkonsultasi, dan bersama-sama mewujudkan ekosistem sekolah yang berpihak pada pelajar.

“Kami mencari pelatih ahli terbaik, berintegritas, percaya pada perubahan dan bersedia turut serta bergotong royong memajukan pendidikan Indonesia," ujar Menteri Nadiem.

Mengenal Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak


Pelatih ahli Sekolah Penggerak akan berperan sebagai pendamping dan pendukung bagi kepala sekolah, guru/pendidik dan pengawas sekolah/penilik untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid. Selain itu, sebagai pelatih ahli, ia juga akan mendampingi tiga sampai lima sekolah dalam satu kabupaten selama minimal satu tahun.

Kemudian, pelatih ahli akan bertugas mendorong kolaborasi seluruh ekosistem pendidikan sekolah dan pemangku kepentingan di setiap kabupaten/kota di Indonesia. Seleksi pelatih ahli merupakan rangkaian program Sekolah Penggerak yang menjadi terobosan Merdeka Belajar Episode Ketujuh.

Pendaftaran dan rekrutmen tahap pertama bagi Calon Pelatih Ahli Sekolah Penggerak Tahun 2021 dibuka sejak tanggal 23 April s.d. 5 Juni 2021. Tahap pertama ini terdiri dari pengisian biodata, pengisian esai, dan seleksi administrasi. Tahap kedua meliputi simulasi melatih dan wawancara akan diselenggarakan pada tanggal 28 Juni s.d. 2 Juli 2021. Selanjutnya, tahap ketiga adalah tahapan untuk mengunggah surat kesehatan dan bimbingan teknis kepada yang lolos seleksi tahap kedua. Kemudian, tahap keempat adalah pengumuman dan penetapan hasil seleksi pelatih ahli angkatan pertama, yaitu pada bulan Agustus 2021.

Berikut informasi mengenai rekrutmen Pelatih Ahli Sekolah Penggerak Tahun 2021.
Kriteria Umum:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Berasal dari unsur (i) akademisi; (ii) praktisi pendidikan; (iii) widyaiswara; (iv) pengawas sekolah di 111 kabupaten/kota daerah sasaran program; (v) kepala sekolah, wakil kepala sekolah, manajemen sekolah, dan guru dari sekolah yang mengembangkan kurikulum satuan pendidikan secara mandiri dan atau menggunakan kurikulum internasional; (vi) pensiunan kepala sekolah, pengawas sekolah/penilik, widyaiswara, dan guru/pendidik
  3. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan sehat dari dokter setelah lolos seleksi tahap 2
  4. Pada saat mendaftar berusia minimal 30 (tiga puluh) tahun dan maksimal 65 (enam puluh lima) tahun
  5. Memiliki pengalaman melakukan pendampingan peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah minimal 2 (dua) tahun
  6. Terbiasa dengan teknologi (internet dan aplikasi)
  7. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan
  8. Memiliki komitmen, semangat perbaikan berkelanjutan, jiwa kolaborasi dan terbuka pada hal-hal baru
  9. Bersedia melakukan kunjungan lapangan sebanyak 4-6 kali dalam setahun
  10. Tidak memiliki peran sebagai asesor pada Guru Penggerak atau program Sekolah Penggerak; dan
  11. Mengisi pakta integritas.

Adapun jadwal pendaftaran untuk mengikuti program Pelatih Ahli.

  1. Pembukaan pendaftaran calon pelatih ahli : 27 April—5 Juni 2021
  2. Seleksi Tahap I (registrasi, esai, biodata diri) : 27 April—5 Juni 2021
  3. Seleksi Tahap II (simulasi melatih, wawancara) : 28 Juni—2 Juli 2021
  4. Bimbingan teknis peran pelatih ahli : 3—26 Agustus 2021
  5. Pengumuman dan penetapan pelatih ahli : September 2021
  6. Pelaksanaan pendampingan program Sekolah Penggerak: 5 Oktober—31 Agustus 2021

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#SekolahPenggerak
#GuruPenggerak
#MerdekaBelajar

sumber : https://gtk.kemdikbud.go.id/

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.