Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tahun 2021 Dalam Rangka Gerakan Literasi Nasional

Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tahun 2021 Kegiatan ini dilatarbelakangi bahwa Indonesia sebagai bangsa yang menjunjung tinggi aspek pengetahuan, teknologi, dan budaya harus terus mengembangkan budaya literasi. Pengembangan budaya literasi dilakukan melalui pendidikan …

Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tahun 2021 Dalam Rangka Gerakan Literasi Nasional
Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tahun 2021
Kegiatan ini dilatarbelakangi bahwa Indonesia sebagai bangsa yang menjunjung tinggi aspek pengetahuan, teknologi, dan budaya harus terus mengembangkan budaya literasi. Pengembangan budaya literasi dilakukan melalui pendidikan yang terintegrasi, mulai dari pendidikan nonformal dalam ranah keluarga, pendidikan formal di sekolah, sampai pada pendidikan secara sosial di masyarakat.

  Pengembangan ini sejalan dengan prasyarat kecakapan hidup abad ke-21 yang disepakati oleh World Economic Forum pada tahun 2015. Dalam prasyarat ini, literasi diklasifikasikan menjadi enam literasi dasar yang mencakup literasi baca-tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya serta kewargaan. Penguasaan enam literasi dasar ini menjadi sangat penting, tidak hanya bagi peserta didik, tetapi juga bagi orang tua serta masyarakat pada umumnya.

Selain itu, literasi juga menjadi bagian penting dalam upaya penumbuhan budi pekerti. Seperti yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penanaman Budi Pekerti, upayanya adalah melalui aktivitas membaca. Untuk mendukung hal tersebut, minat baca pada anak perlu dipupuk sejak usia dini, dimulai dari lingkungan keluarga. 

Ketersediaan pilihan buku yang sesuai dengan jenjang pembacanya, terutama usia dini, akan membantu meningkatkan minat baca pada anak. Selain itu, buku yang bermutu dan berkualitas juga akan mendorong aktivitas membaca dan menulis, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Dengan kemampuan membaca yang baik, lima literasi dasar berikutnya (numerasi, sains, digital, finansial, serta budaya dan kewargaan) dapat ditumbuhkembangkan. 

Oleh karena itu, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) sebagai salah satu unit utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil ikhtiar penyediaan bahan bacaan literasi yang bermutu dan dapat dijangkau ketersediaannya oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, bahan bacaan ini diharapkan mampu mendorong praktik baik literasi baca-tulis di sekolah, di komunitas literasi, serta pada kegiatan lain yang berkaitan erat dengan penumbuhan budaya literasi.

Sudah lima tahun (2016—2020) Badan Bahasa melaksanakan program penyediaan bahan bacaan literasi untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN) yang dicanangkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penyediaan bahan bacaan ini mencakup jenjang pendidikan usia dini sampai menengah atas. 

Ada empat pola penyediaan buku yang telah dilaksanakan, yaitu reproduksi buku-buku cerita rakyat yang pernah diterbitkan Badan Bahasa, mengundang penulis untuk menulis buku, sayembara penulisan buku, dan alihwahana buku-buku literasi terbitan Badan Bahasa ke dalam bentuk komik.

Pada tahun 2021 konsentrasi penyediaan bahan bacaan literasi berfokus pada jenjang PAUD usia 4—6 tahun, SD Kelas 1, dan SD Kelas 2 dan 3. Pola penyediaan dilakukan dengan menyeleksi penulis buku agar kompetensi penulis dapat diarahkan secara maksimal untuk menggali dan menuangkan ide dalam menulis buku bacaan anak usia dini dan kelas awal.

Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tahun 2021

Tujuan Kegiatan

  1. menggali potensi penulis agar menumbuhkan generasi muda cerdas dan berkarakter melalui tematema yang terkait dengan nilai-nilai budi pekerti;
  2. menuangkan ide dan kreativitas ke dalam bentuk tulisan dan gambar; dan
  3. meningkatkan kesadaran dan kepedulian anak-anak jenjang usia dini dan SD kelas awal akan pengetahuan.

Hasil Kegiatan Lomba

Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tahun 2021 ini diharapkan dapat menghasilkan penulis dan buku bacaan literasi terbaik sesuai dengan jenjang usia dini dan kelas awal, yaitu sebanyak 35 buku untuk jenjang PAUD usia 4—6, 20 buku untuk jenjang SD Kelas 1, dan 20 buku untuk jenjang SD Kelas 2 dan 3.

Berikut informasi Proses Seleksi dan Kriteria calon penulis buku bacaan literasi dan Pendaftaran Peserta berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) Kegiatan Penyediaan Buku Bacaan Literasi Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi 2021

Proses Seleksi

  1. Kriteria calon penulis buku bacaan literasi
    • Merupakan warga negara Indonesia
    • Mengajukan kelengkapan pendaftaran sesuai ketentuan
    • Jika tidak memiliki kemampuan ilustrasi, penulis wajib bekerja sama dengan illustrator profesional.
  2. Panitia akan menyeleksi seluruh calon penulis.
  3. Calon penulis yang memenuhi kriteria penilaian akan dipilih untuk menjadi penulis buku bacaan literasi tahun 2021.
  4. Penulis terpilih wajib mengikuti seluruh rangkaian pembuatan buku bacaan literasi tahun 2021, di antaranya kegiatan pertemuan penulis dan revisi setelah penilaian Pusat Perbukuan (Pusbuk).
  5. Buku bacaan literasi yang akan dibuat berjumlah 75 buku dengan pembagian: 35 buku untuk jenjang PAUD usia 4—6 tahun (Prabaca 2), 20 buku untuk jenjang SD Kelas 1 (Pembaca Dini), 20 buku untuk jenjang SD Kelas 2 dan 3 (Pembaca Awal).
  6. Satu penulis dapat menulis lebih dari satu buku untuk jenjang yang berbeda (ditentukan berdasarkan hasil penilaian juri).
  7. Satu buku yang ditulis akan dihargai Rp12.500.000,00 (dipotong pajak).
  8. Buku yang ditulis menjadi hak cipta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Informasi Pendaftaran dan Pengumuman Penulis Terpilih

  1. Calon penulis yang ingin mengikuti seleksi mengirimkan hal berikut:
    • foto/scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa;
    • biodata (format terlampir);
    • Papan cerita/storyboard (format terlampir);
    • ilustrasi/gambar berwarna untuk satu atau dua halaman berdasarkan storyboard; dan
    • surat pernyataan keaslian naskah/ilustrasi dan kesediaan mengikuti rangkaian kegiatan (surat pernyataan terlampir).
  2. Seluruh syarat dibuat dalam format PDF dan dilampirkan ketika melakukan pendaftaran di https://bit.ly/SeleksiPenulisGLN2021 .
  3. Pengumuman penulis terpilih akan diinformasikan melalui laman badanbahasa.kemdikbud.go.id pada tanggal 10 April 2021


Jadwal Kegiatan


Download Petunjuk Teknis Penyediaan Buku Bacaan Literasi Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi 2021

Selengkapnya mengenai file pdf dari Petunjuk Teknis Penyediaan Buku Bacaan Literasi Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi 2021 ini bisa anda download DISINI

Demikain informasi mengenai Petunjuk Teknis Penyediaan Buku Bacaan Literasi Seleksi Penulis Buku Bacaan Literasi 2021 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat....

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.