Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Panduan Singkat Registrasi Akun SIMPKB dan Belajar Seri Calon Guru ASN PPPK

Panduan Registrasi Akun SIMPKB dan Belajar Seri ASN PPPK SIM PKB kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan. Sistem ini disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditujukan untuk seluruh guru di Indonesia. Pada …

Panduan Singkat Registrasi Akun SIMPKB dan Belajar Seri Calon Guru ASN PPPK
Panduan Registrasi Akun SIMPKB dan Belajar Seri ASN PPPK
SIM PKB kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen untuk Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan. Sistem ini disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditujukan untuk seluruh guru di Indonesia.

Pada tahun 2017, Ditjen GTK membuat peraturan tentang wajibnya tenaga pendidik untuk memiliki SIM PKB. Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memfasilitasi terbentuknya guru-guru yang profesional.

Melalui SIM PKB ini, seorang guru bisa menempuh pendidikan profesi (meliputi pretest, postest, dan kegiatan PPG lain) dan mendapatkan benefit berupa tunjangan.

Meskipun ditujukan bagi seluruh guru di Indonesia, tetapi ada syarat yang mendasari agar seorang guru bisa mendaftar. Untuk mendaftar, seorang guru harus terdaftar di komunitas guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang berada di bawah Kemdikbud.

Fungsi SIMPKB

Pada dasarnya, SIM PKB merupakan platform untuk menghimpun guru yang telah terdaftar dalam GTK. Komunitas GTK ini nantinya bisa memfasilitasi guru dalam melaksanakan PKB (Pengembangan Keprofesian yang Berkelanjutan). Berfungsi sebagai sumber informasi untuk mengelola data dan sekaligus pusat layanan dalam pelaksanaan PKB.

Adapun fungsi dari PKB adalah sebagai berikut.
  1. Membantu guru dalam meningkatkan kompetensi guna mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh undang-undang.
  2. Mengoptimalkan kompetensi guru di tengah perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar bisa menjadi fasilitator pada proses pembelajaran.
  3. Meningkatkan komitmen guru untuk mengemban tugas dan fungsi pokoknya secara profesional.
  4. Menumbuhkan kecintaan akan profesinya sebagai guru.
  5. Mengemban citra, harkat, martabat profesi guru.
PKB ditujukan bagi guru yang tiga atau sepuluh kelompok kompetensinya belum mendapatkan nilai UKG di atas KKM. Lantas, bagaimana untuk guru yang belum melakukan UKG?

Guru tersebut bisa mengikuti tes awal sebelum membuat akun di SIM PKB. Jika Bapak/Ibu baru masuk ke suatu sekolah dan belum terdaftar di dapodik, maka bisa menghubungi ketua tim MGMP atau KKG.

Tidak hanya itu, SIM PKB juga memuat berbagai informasi yang dibutuhkan oleh guru terkait seminar, layanan info GTK, pelatihan, pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan, dan sebagainya. Adanya pengembangan keprofesian ini diharapkan kompetensi guru selalu selaras dengan perkembangan zaman.

Download Panduan Singkat Registrasi Akun SIMPKB dan Belajar Seri Calon Guru ASN PPPK

Selengkapnya mengenai file pdf dari Panduan Singkat Registrasi Akun SIMPKB dan Belajar Seri Calon Guru ASN PPPK ini bisa anda lihat dan download pada link dibawah ini.


Demikian postingan kami mengenai Panduan Singkat Registrasi Akun SIMPKB dan Belajar Seri Calon Guru ASN PPPK pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat...

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.