Akreditasi Asesmen Nasional Info ASN Berkas Soal Info Beasiswa Info Lomba Kunci Jawaban Modul Belajar

Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK Bidang Studi Sejarah Tahun 2021


Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK Bidang Studi Sejarah Tahun 2021
Modul belajar mandiri calon PPPK sejarah
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter Pancasila yang prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen utama dalam pendidikan sehingga menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun Pemerintah Daerah dalam seleksi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K).

Seleksi Guru P3K dibuka berdasarkan pada Data Pokok Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengestimasi bahwa kebutuhan guru di sekolah negeri mencapai satu juta guru (di luar guru PNS yang saat ini mengajar). Pembukaan seleksi untuk menjadi guru P3K adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil bagi guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan penghasilan yang layak. Pemerintah membuka kesempatan bagi: 1). Guru honorer di sekolah negeri dan swasta (termasuk guru eks-Tenaga Honorer Kategori dua yang belum pernah lulus seleksi menjadi PNS atau PPPK sebelumnya. 2). Guru yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan; dan Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar.

Seleksi guru P3K kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun sebelumnya formasi untuk guru P3K terbatas. Sedangkan pada tahun 2021 semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi. Semua yang lulus seleksi akan menjadi guru P3K hingga batas satu juta guru. Oleh karenanya agar pemerintah bisa mencapai target satu juta guru, maka pemerintah pusat mengundang pemerintah daerah untuk mengajukan formasi lebih banyak sesuai kebutuhan.

Modul Belajar Mandiri bagi Calon Guru PPPK 2021

Modul Belajar Mandiri bagi Calon Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) untuk 25 Bidang Studi (berjumlah 39 Modul). Modul ini merupakan salah satu bahan belajar mandiri yang dapat digunakan oleh calon guru P3K dan bukan bahan belajar yang utama.

Seleksi Guru ASN PPPK adalah upaya menyediakan kesempatan yang adil untuk guru-guru honorer yang kompeten dan profesional yang memiliki peran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar peserta didik. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter Pancasila yang prima.

Sebagai salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan seleksi guru ASN PPPK, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar pada tahun 2021 mengembangkan dan mengkurasi modul Pendidikan Profesi Guru (PPG), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP), dan bahan lainnya yang relevan sebagai salah satu bahan belajar mandiri.

Modul Belajar Mandiri bagi Calon Guru ASN PPPK ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan bacaan (bukan bacaan utama) untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kompetensi pedagogik dan profesional sesuai dengan bidang studinya masing-masing.

Deskripsi Singkat

Dalam rangka memudahkan guru mempelajari bahan belajar mandiri calon guru
P3K, di dalam bahan belajar ini dimuat pada model kompetensi terkait yang
memuat target kompetensi guru dan indikator pencapaian kompetensi. Bahan belajar mandiri bidang studi Sejarah Indonesia berisi pembelajaran - pembelajaran bagi calon guru P3K yang yang terdiri dari, 
  • Pembelajaran 1. Sejarah dan Peradaban Awal Manusia
  • Pembelajaran 2. Peradaban Hindu, Budha, dan Islam
  • Pembelajaran 3. Kolonialisme Bangsa Eropa dan Pergerakan Nasional Indonesia
  • Pembelajaran 4. Pendudukan Jepang, Proklamasi, dan Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan
  • Pembelajaran 5. Indonesia dan Masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
  • Pembelajaran 6. Indonesia Masa Orde Baru dan Reformasi

Bahan belajar mandiri ini memberikan pengamalan belajar bagi calon guru P3K dalam memahami teori dan konsep dari pembelajaran dari setiap materi dan substansi materi yang disajikan.

Komponen-komponen di dalam bahan belajar mandiri ini dikembangkan dengan tujuan agar calon guru P3K dapat dengan mudah memahami teori dan konsep bidang studi Bahasa Indonesia untuk guru SD, sekaligus mendorong guru untuk mencapai kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Rangkuman pembelajaran selalu diberikan pada setiap akhir pembelajaran yang berfungsi untuk memudahkan dalam membaca substansi materi esensial, mudah dalam mengingat pembelajaran dan matari-materi esensial, mudah dalam memahami pembelajaran dan matari-materi esensial, dan cepat dalam mengingat kembali pembelajaran dan matari-materi esensial.

Download Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK Bidang Studi Sejarah Tahun 2021

Selengkapnya mengenai Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK Bidang Studi Sejarah Tahun 2021 ini bisa anda download melalui link yang kami sediakan dibawah ini.

Download File:
Modul Belajar Calon Guru PPPK Bidang Studi Sejarah - DOWNLOAD

Demikian postingan kami pada kesempatan kali ini mengenai Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK Bidang Studi Sejarah Tahun 2021. Semoga bermanfaat...

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Artikel terkait :