Buku Seri Manual Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Strategi Think Aloud

Buku Seri Manual Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Strategi Think Aloud
Buku Seri Manual GLS di SMA Strategi Think Aloud
Kemampuan membaca dan memahami suatu teks tertulis merupakan salah satu keterampilan yang mutlak diperlukan agar peserta didik dapat menambah cakrawala pengetahuan dan mengambil manfaat dari apa yang dibacanya mengingat aktivitas membaca dapat diibaratkan sebagai “pembuka jendela dunia” yang berkontribusi besar untuk meningkatkan kualitas diri.

Keterampilan ini harus sedini mungkin dibekalkan kepada peserta didik dari jenjang dini hingga jenjang lanjut dengan menggunakan sejumlah tehnik yang dapat dimaksimalkan sesuai dengan jenjang dan peruntukannya. Seri Manual GLS, ‘Think Aloud” ini dibuat untuk menyempurnakan kegiatan literasi di sekolah dengan tetap berfokus pada upaya untuk menumbuhkan generasi yang memiliki kemampuan berpikir kritis, mampu memecahkan masalah dengan kreatif, mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik.

Pengertian Think Aloud

Think Aloud atau berpikir lantang/nyaring adalah strategi untuk memverbalkan atau membunyikan secara lisan apa yang ada di dalam fikiran pembaca pada saat berusaha memahami teks, memecahkan masalah, atau mencoba untuk menjawab pertanyaan terkait teks.

Pada saat melakukan pemodelan Think Aloud, guru secara sistematis mengucapkan dengan lantang/nyaring kata, kalimat atau bagian khusus yang dipilih sebagai bahan yang dimodelkan. Guru menjelaskan bagaimana alur berpikir yang “seharusnya” dilakukan untuk memahami bagian teks yang dimaksud.

Manfaat Strategi Think Aloud

  1. Membantu peserta didik dalam memantau alur berpikir mereka saat membaca sehingga guru mampu mengarahkan/memfokuskan alur berpikir yang seharusnya agar pemahaman membaca peserta didik lebih maksimal.
  2. Mengajarkan kepada peserta didik bagaimana membaca kembali kalimat, membaca untuk mengklarifikasi dan/atau mencari makna secara kontekstual sesuai dengan teks yang mereka baca.
  3. Memperlambat waktu membaca sehingga peserta didik mampu memahami teks lebih menyeluruh dan kontekstual.
  4. Meningkatkan daya berpikir kritis peserta didik dalam memahami teks.
  5. Membentuk karakter baik sehingga peserta didik lebih percaya diri, berani, terbuka, jujur dan berpikir kritis.

Sasaran

Sasaran dari manual Think Aloud ini adalah:
  1. Guru sebagai pemodel awal pembaca aktif dan efektif
  2. Peserta didik yang telah mencermati pemodelan dapat melakukan strategi Think Aloud secara mandiri

Download Buku Seri Manual Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Strategi Think Aloud
Selengkapnya mengenai file pdf dari Buku Seri Manual Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Strategi Think Aloud ini bisa anda download DISINI.

Demikian informasi mengenai Buku Seri Manual Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Strategi Think Aloud yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Buku Seri Manual Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Strategi Think Aloud"