Buku Manajemen Berbasis Sekolah Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi

Buku Manajemen Berbasis Sekolah Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi
Buku Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi
Situasi pandemi merupakan situasi yang tidak biasa. Aktivitas kehidupan manusia mengalami perubahan yang sangat drastis. Hal ini berdampak pada dunia pendidikan. Layanan pendidikan pun tidak dapat dilakukan dengan cara-cara yang biasa. Bukan hanya dalam pembelajaran, pandemi menyebabkan layanan pendidikan secara keseluruhan harus dilakukan dengan cara berbeda dan tidak biasa.

Oleh karena itu, satuan pendidikan perlu melakukan inovasi terhadap layanan pendidikan secara menyeluruh. Mulai dari aspek suasana belajar yang berbeda, proses pembelajaran yang berbeda, serta tata kelola yang berbeda. Semua itu menuntut manajemen pengelolaan yang berbeda dan membutuhkan beragam inovasi.

Manajemen pendidikan di masa pandemi membutuhkan inovasi dan kreativitas untuk dapat memberikan variasi layanan pendidikan kepada peserta didik agar proses pendidikan tetap dapat berjalan secara optimal. Dengan demikian, prinsip manajemen berbasis sekolah menjadi pijakan yang kuat bagi satuan pendidikan dalam memberikan layanan pendidikan di masa pandemi secara optimal.

Sebagai sebuah siklus, kita tentu saja tidak akan mampu menghindari perubahan di berbagai aspek kehidupan. Demikian juga dengan dunia pendidikan, tuntutan perubahan menjadi dinamika yang pasti adanya. Namun faktanya, sekolah belum banyak melakukan perubahan mendasar. Pola pembelajaran klasikal, misalnya, dari zaman dahulu hingga kini masih sama, dengan karakteristik sebagai berikut:
  • Lingkungan sekolah dianggap tidak menjadi faktor penting keberhasilan pendidikan;
  • Guru lebih banyak menjalankan metode ceramah dalam pembelajaran;
  • Frame sekolah dan para guru tentang belajar masih sama, bahwa belajar itu di kelas;
  • Orientasi pembelajaran lebih kepada materi ajar.
Dengan demikian, selintas saja kita dapat melihat bahwa belum terjadi proses kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran untuk mengikuti perkembangan zaman.

Jadi, ketika banyak aspek di kehidupan berubah sesuai dengan zamannya, dunia pendidikan kita seakan stagnan. Inilah yang seja-tinya sejak dahulu diingatkan tokoh pendidikan bangsa Ki Hajar Dewantara, bahwa manajemen perubahan dalam pendidikan sejatinya harus terus berubah sebagai bentuk adaptasi perubahan zaman.

Manajemen perubahan tersebut menjadi substansi penting dan menjadi fitrah yang dihadapi manusia. Karena itu, perubahan dalam dunia pendidikan juga menjadi hal fundamental yang harus diperhatikan para pemangku kepentingan.

Download Buku Manajemen Berbasis Sekolah Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi

Selengkapnya mengenai file pdf dari Buku Manajemen Berbasis Sekolah Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi ini bisa anda download  DISINI

Demikian postingan kami mengenai Buku Manajemen Berbasis Sekolah Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi. Semoga bermanfaat..

Posting Komentar untuk "Buku Manajemen Berbasis Sekolah Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi"