Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Info Pendaftaran Beasiswa S1 Turki TDV Tahun 2021 FULL Scholarship

Beasiswa S1 Turki TDV Tahun 2021 Turki bisa menjadi tujuan studi menarik yang bisa Anda coba. Ada beberapa beasiswa kuliah yang tersedia. Salah satu yang patut dicoba adalah Türkiye Scholarships. Beasiswa ini disediakan Pemerintah Turki setiap tahun. Apa saja peluangnya? Melalui…

Pendaftaran Beasiswa S1 Turki TDV Tahun 2021 FULL Scholarship
Beasiswa S1 Turki TDV Tahun 2021
Turki bisa menjadi tujuan studi menarik yang bisa Anda coba. Ada beberapa beasiswa kuliah yang tersedia. Salah satu yang patut dicoba adalah Türkiye Scholarships. Beasiswa ini disediakan Pemerintah Turki setiap tahun. Apa saja peluangnya? Melalui skema terbaru Türkiye Scholarships 2021 Applications. 

Pelamar internasional (selain Turki) bisa melanjutkan studi jenjang S1, S2 maupun S3 melalui beasiswa Turki 2021 – 2022 tersebut. Beasiswa penuh melalui Türkiye Scholarships ditujukan untuk kuliah di universitas-universitas terbaik yang ada di Turki. Pelamar dari Indonesia salah satu yang mendapatkan kesempatan meraih beasiswa ini.

Beasiswa Pemerintah Turki 2021 mencakup tunjangan bulanan sebesar 800 TL (± Rp 1,5 juta) per bulan untuk beasiswa S1, 1.100 TL (± Rp 2 juta) per bulan untuk beasiswa S2 Turki dan 1.600 TL (± Rp 3 juta) per bulan buat penerima beasiswa S3 Turki. Selain tunjangan bulanan, Beasiswa Turki juga menanggung semua biaya perkuliahan dan penempatan program, akomodasi, tiket pesawat PP ke Turki, asuransi kesehatan, serta kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan dimulai.

Durasi beasiswa berlangsung selama program studi ditambah kursus bahasa Turki selama setahun. Misalnya, beasiswa S1 durasi beasiswa menyesuaikan dengan lamanya program studi, antara 4 - 6 tahun ditambahkan kursus bahasa Turki 1 tahun. Kemudian beasiswa S2 berlangsung selama 2 tahun plus kursus bahasah Turki 1 Tahun, dan beasiswa S3 berlangsung selama 4 tahun ditambah kursus bahasa Turki 1 tahun.

Yang menarik dari Beasiswa Turki 2021 ini adalah pelamar tidak perlu mengajukan aplikasi terpisah untuk mendaftar ke universitas. Mereka menggunakan sistem tunggal. Jadi, program beasiswa sekaligus juga menyediakan penempatan ke universitas. Ketika mendaftar beasiswa secara online, Anda juga sudah bisa mendaftar langsung ke universitas yang diminati menggunakan formulir aplikasi yang sama. Ketika nantinya diterima di program beasiswa, secara otomatis akan diterima juga ke universitasnya. Pelamar bisa memilih maksimum 12 universitas dan departemen.

Kebanyakan program studi yang ditawarkan menggunakan bahasa Turki. Tapi, jangan khawatir ada juga program yang menggunakan bahasa pengantar Inggris, Arab, atau Perancis. Pelamar hanya perlu memastikan memiliki sertifikat kemampuan bahasa yang diakui internasional untuk memilih program tersebut, seperti TOEFL dan IELTS. Nantinya pelamar juga akan dimintai nilai tes seperti GRE, GMAT, atau SAT jika terpilih mengikuti wawancara. Tergantung ketentuan program studinya.

Universitas di Turki yang bekerjasama dalam Beasiswa S1 Turki TDV:

  1. Ankara University Faculty of Theology
  2. Marmara University Faculty of Theology
  3. Social Sciences University of Ankara Faculty of Religious Studies
  4. Istanbul University Faculty of Theology
  5. Uludag University Faculty of Theology
  6. Necmettin Erbakan University Faculty of Theology
  7. Erciyes University Faculty of Theology

Cakupan Beasiswa S1 Turki Oleh TDV:

  1. Gratis biaya perkuliahan hingga lulus termasuk kursus bahasa Turki (TÖMER) dan kursus bahasa Arab.
  2. Tunjangan setiap bulan.
  3. Tiket pesawat PP Indonesia-Turki setiap tahun (kelebihan beasiswa TDV dibandingkan beasiswa YTB).
  4. Tempat tinggal berupa asrama.
  5. Asuransi kesehatan.
  6. Gratis Ijin/Biaya tinggal .
  7. Gratis camp musim panas dan musim dingin (berisi tambahan kursus bahasa Turki, bahasa Arab, dan Al Quran termasuk kegiatan sosial, pelatihan kepemimpinan, trip, dan sebagainya).
  8. Gratis kegiatan ekstrakurikuler (Bahasa Turki, Matematika, Bahasa Arab, Tafsir, Fikih, Hadith, Bahasa Inggris, dll).
  9. Berbagai fasilitas dan kegiatan lainnya, seperti: fasilitas olahraga indoor-outdoor, studi ekskursi pada situs bersejarah dan berbagai kota lainnya, piknik dan berbagai aktivitas sosial, konferensi, simposium, penelitian akademik, dll.

Persyaratan Beasiswa S1 Turki Oleh TDV:

  1. Bukan merupakan warganegara Turki.
  2. Maksimal berusia 21 tahun (lahir setelah tanggal 1 Januari 2000).
  3. Tidak memiliki gangguan kesehatan baik secara mental atau fisik atau yang dapat menghambat studi di Turki.
  4. Merupakan lulusan SMA/SMK/Sederajat dengan hasil akhir yang baik (minimal 70% dari nilai maksimal. Misal: nilai minimal 70 apabila standard nilai maksimal adalah 100). Terbuka juga untuk pelamar yang masih menempuh kelas 12 (atau akan lulus tahun 2021).
  5. Tidak pernah mengulang atau dikeluarkan dari sekolah dengan waktu lebih dari dua tahun tanpa alasan yang sah setelah menyelesaikan sekolah menengah.
  6. Tidak pernah mendapatkan hukuman atau Surat Peringatan (SP) dari sekolah.
  7. Bagi mereka yang menjadi penerima Beasiswa TDV sebelumnya dapat mendaftar beasiswa ini apabila beasiswanya tidak diakhiri secara sepihak oleh pihak yayasan.
  8. Bagi mereka yang saat ini sedang menjalankan studi di Turki tidak dapat mendaftar beasiswa ini.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan:

  1. Salinan resmi ijazah SMA/SMK/Sederajat yang telah dilegalisasi. Apabila belum lulus, bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus dari pihak sekolah.
  2. Salinan resmi transkrip nilai yang menunjukkan bahwa pelamar telah menyelesaikan sekolah dengan nilai yang baik. Apabila belum lulus, bisa menyertakan transkrip nilai sampai semester 5.
  3. Salinan Kartu Identitas. Pilih salah satu: KTP atau Paspor atau Kartu Keluarga.
  4. Surat Keterangan Sehat dari Dokter/Puskesmas/Rumah Sakit yang menerangkan bahwa siswa tidak memiliki masalah kesehatan yang dapat mengganggu selama studi di Turki.
  5. Pasfoto ukuran 4,5cm x 6cm sebanyak 6 lembar.
  6. Visa pendidikan, bisa mengurus setelah dinyatakan diterima pada Beasiswa TDV.
  7. Sertifikat prestasi akademik / kemampuan jurusan / kemampuan bahasa seperti TOEFL, IELTS (tidak wajib).
  8. Surat motivasi (Letter of Intent).
  9. Surat rekomendasi dari kepala sekolah atau guru pembimbing.
  10. Surat Penyetaraan dalam bahasa Turki. Surat Penyetaraan ini bisa didapatkan dari Kedutaan Besar Turki di Jakarta atau apabila tidak bisa, siswa dapat membuatnya di Kementerian Pendidikan di Turki setelah sampai di Turki.
Alamat Kedutaan Besar Turki di Jakarta:
Jl. H.R. Rasuna Said, Kav. 1, Kuningan
Jakarta Selatan – 12950
Telp. 021-5256250

Catatan: Seluruh berkas dokumen yang masih menggunakan bahasa Indonesia diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah

Cara Mendaftar Beasiswa S1 Turki Oleh TDV:

  1. Untuk mendaftar Beasiswa S1 Turki oleh TDV, peserta dapat mendaftarkan diri secara online pada link berikut: https://dbys.tdv.org/Account/Login.
  2. Apabila belum memiliki akun, klik tulisan Sign Up. Untuk bagian pilihan Nationality (kewarganegaraan), jika tidak ada tulisan Indonesia, pilih Endonezya (negara Indonesia dalam bahasa Turki).
  3. Masukkan data-data yang diminta, kemudian masukkan email serta password yang akan digunakan. Untuk Secret Question dan Hint Answer bebas diisi pertanyaan yang hanya diketahui pelamar. Contoh: Secret Question: What city were you born in? Hint Answer: Bandung Pastikan email, password, Secret Question, dan Hint Answer yang sudah diisi dicatat supaya tidak terlupa.
  4. Selanjutnya cek email untuk mengaktifkan akun. Kemudian kembali pada website https://dbys.tdv.org/Account/Login, masukkan email dan password untuk login.
  5. Lengkapi seluruh formulir dengan data-data yang diminta.
  6. Batas waktu pendaftaran Beasiswa S1 Turki TDV sampai dengan 15 MARET 2021.
  7. Pihak panitia akan memberitahukan via email bagi peserta yang lolos ke tahapan selanjutnya (bagi yang tidak mendapatkan email pemberitahuan artinya tidak lolos ke tahapan selanjutnya).
  8. Tahapan selanjutnya berupa seleksi wawancara yang akan diadakan di Kedubes Turki di Jakarta.
  9. Topik wawancara Beasiswa S1 Turki TDV meliputi kemampuan membaca Al Quran, pengetahuan dasar Islam, pengetahuan umum, tingkah laku sehari-hari, ekspresi diri, keinginan dan kesadaran mengenai pendidikan tinggi, partisipasi dalam kegiatan sosial dan akademik, serta keterampilan bahasa dan visual.

Timeline Pendaftaran Beasiswa S1 Turki:

  1. Waktu Pendaftaran: 1 Februari s/d 15 Maret 2021
  2. Evaluasi oleh TDV: 16 Maret s/d 11 April 2021
  3. Seleksi wawancara: 15 April s/d 30 Juni 2021
  4. Evaluasi wawancara: 30 Juni s/d 15 Juli 2021
  5. Pengumuman Penerima Beasiswa: setelah 15 Juli 2021
Saran dari penerima beasiswa sebelumnya, pada saat wawancara siapkan seluruh dokumen asli, latihan berbicara (supaya tidak grogi), dan cari di google mengenai pengalaman wawancara awardee sebelumnya. Segala pertanyaan mengenai Beasiswa S1 Turki TDV bisa diajukan pada kontak berikut:
Email: egitim@tdv.org
Website Resmi: diyanetburslari.tdv.org

Demikian informasi mengenai Pendaftaran Beasiswa S1 Turki TDV Tahun 2021 FULL Scholarship yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat...

https://indbeasiswa.com/

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.