Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT tentang Keikutsertaan Siswa Pada SNMPTN dan SBMPTN 2021

Keikutsertaan Siswa Pada SNMPTN dan SBMPTN tahun 2021 LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang menyelenggarakan tes masuk PT bagi calon mahasiswa baru berdasarkan kesetaraan, keadilan, fleksibilitas, efisiensi dan akuntabel. LTMPT merupakan lembaga pe…

Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT tentang Keikutsertaan Siswa Pada SNMPTN dan SBMPTN 2021
Keikutsertaan Siswa Pada SNMPTN dan SBMPTN tahun 2021
LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang menyelenggarakan tes masuk PT bagi calon mahasiswa baru berdasarkan kesetaraan, keadilan, fleksibilitas, efisiensi dan akuntabel. LTMPT merupakan lembaga penyelenggara tes masuk Perguruan Tinggi (PT) bagi calon mahasiswa baru secara terstruktur dan terukur.

Pada tahun 2021 ini Tim Pelaksana LTMPT telah mengeluarkan Surat Edaran tentang Keikutsertaan Siswa Pada SNMPTN dan SBMPTN tahun 2021 dengan nomor 02/SE.LTMPT/2021. Surat tersebut ditujukan kepada Kepala SMA/MA/SMK dan Siswa SMA/MA/SMK seluruh Indonsesia.

Disebutkan dalam surat tersebut bahwa sehubungan dengan beredarnya informasi di masyarakat terutama tentang “keikutsertaan siswa/peserta pada pelaksanaan SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021” yang dikhawatirkan akan menjadi informasi keliru atau persepsi yang salah, berikut disampaikan beberapa hal penting terkait pelaksanaan seleksi.
  1. LTMPT tidak pernah menerbitkan aturan tentang larangan bagi siswa/lulusan MA Keagamaan untuk mendaftar atau mengikuti SNMPTN, UTBK-SBMPTN 2021.
  2. Seleksi jalur masuk PTN yang diselenggarakan LTMPT yaitu SNMPTN dan UTBK-SBMPTN, dengan Program Studi (Prodi) yang ditawarkan pada kedua jalur tersebut DIUSULKAN oleh Rektor masing-masing PTN termasuk PTKIN dan Politeknik Negeri.
  3. Program studi yang ditawarkan oleh PTKIN pada SNMPTN dan SBMPTN 2021 adalah program studi yang bersifat umum saja, sedangkan prodi Keagamaan di PTKIN tidak ditawarkan pada kedua seleksi tersebut. Khusus bagi program studi keagamaan, PTKIN akan menyelenggarakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) secara tersendiri.
  4. Program studi yang ditawarkan oleh Politeknik Negeri pada SNMPTN dan SBMPTN 2021 hanya untuk Program Studi D4 saja, diluar program studi tersebut Politeknik Negeri menyelenggarakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) secara tersendiri.
  5. Siswa kelas XII tahun 2021 pada SMA/SMK/Madrasah Aliyah (MA) baik negeri maupun swasta yang eligible, diperbolehkan mengikuti SNMPTN 2021 dengan pilihan Prodi yang ada di PTN (sesuai persyaratan dari PTN), atau PTKIN (prodi umum saja dan sesuai persyaratan) atau Politeknik (khusus program studi D4 sesuai persyaratan).
  6. Seleksi jalur SNMPTN menggunakan nilai rapor. Kesesuaian nilai mata pelajaran dan nilai mata pelajaran dengan prodi yang dipilih merupakan suatu pertimbangan dalam seleksi.
  7. Siswa kelas XII tahun 2021 pada SMA/SMK/Madrasah Aliyah (MA) baik negeri maupun swasta (yang belum lolos SNMPTN 2021) dan lulusan tahun 2020 dan 2019 diperbolehkan mengikuti SBMPTN 2021 dengan pilihan Prodi yang ada di PTN (sesuai persyaratan dari PTN), atau PTKIN (prodi umum saja dan sesuai persyaratan) atau Politeknik (khusus program studi D4 dan sesuai persyaratan).
  8. Penetapan lulus seleksi pada SNMPTN dan SBMPTN merupakan kewenangan penuh Rektor PTN/PTKIN/Direktur Politeknik atau bukan menjadi kewenangan LTMPT.
Demikian siaran pers ini disampaikan, untuk menjadi pemahaman bagi masyarakat, khususnya para Kepala SMA/MA/SMK, Guru BK dan Siswa Kelas XII SMA/MA/SMK di Seluruh Indonesia. Terima kasih kepada Wartawan Mitra LTMPT atas kerjasama yang baik dan berkenan menerbitkan siaran pers ini kedalam bentuk berita pada masing-masing media massa.

Download Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT tentang Keikutsertaan Siswa Pada SNMPTN dan SBMPTN 2021 

Selengkapnya mengenai file tentang Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT tentang Keikutsertaan Siswa Pada SNMPTN dan SBMPTN Tahun 2021 bisa  anda download DISINI.

Demikian informasi mengenai Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT tentang Keikutsertaan Siswa Pada SNMPTN dan SBMPTN 2021 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.