Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Aktivitas Alternatif PJJ SMA/MA Semester Genap

Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Aktivitas Alternatif PJJ SMA/MA Semester Genap
Modul PJJ Bahasa Inggris SMA
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud, telah menerbitkan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Aktivitas untuk SMA MA.

Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas ini dapat dijadikan sebagai sebuah alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mata pelajaran Bahasa Inggris jenjang SMA MA semester genap tahun pelajaran 2020/2021.

Modul Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis aktivitas ini diterbitkan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 agar dapat berlangsung secara lebih efektif.

Peserta didik akan banyak melakukan aktivitas belajar selama di rumah dengan memanfaatkan berbagai lingkungan belajar.

Pembelajaran berbasis aktivitas merupakan proses pembelajaran yang mendorong dan mengembangkan keaktifan peserta didik dalam pemahaman konsep maupun teori melalui berbagai aktivitas pengalaman pada berbagai lingkungan belajar,

Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga pendidikan, maka dilakukan Pembelajaran Jarak Jauh dalam bentuk Belajar Dari Rumah..


Setidaknya ratusan ribu sekolah ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19, sekitar 68 juta siswa melakukan kegiatan belajar dari rumah, serta sekitar 4 juta guru melakukan kegiatan belajar mengajar di luar sekolah.

Guna harus memastikan hak belajar setiap anak terpenuhi, meskipun dalam kondisi pandemi. Kemendikbud telah menghadirkan beberapa inisiatif untuk mendukung pelaksanaan belajar dari rumah.

Di dalam rangka meringankan kesulitan pembelajaran di masa pandemi, Pemerintah menyiapkan dukungan kebijakan pelaksanaan kurikulum di masa khusus.

Kurikulum drurat (dalam kondisi khusus) yang disiapkan Kemendikbud merupakan penyederhanaan dari kurikulum nasional.

Pada kurikulum darurat, dilakukan pengurangan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran. Dengan demikian, guru dan peserta didik dapat fokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat berikutnya.

Bentuk dukungan tersebut salah satunya adalah dengan menyiapkan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia, seperti halnya Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas untuk SMA MA ini.

Tujuan Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) selama darurat Covid-19 bertujuan untuk :
  1. memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19;
  2. melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19;
  3. mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan; dan
  4. memastikan pemenuhan dukungan psikososial pendidik, peserta didik dan orang tua/wali.

Prinsip Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

Belajar Dari Rumah (BDR) dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sebagai berikut.
  1. Keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala satuan pendidikan dan seluruh warga satuan pendidikan menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan BDR;
  2. Kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum;
  3. BDR dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi Covid-19;
  4. Materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan peserta didik;
  5. Aktivitas dan penugasan selama BDR dapat bervariasi antar daerah, satuan pendidikan dan Peserta Didik sesuai minat dan kondisi masing-masing;
  6. Hasil belajar peserta didik selama BDR diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru; dan
  7. Mengedepankan pola interaksi dan komunikasi yang positif antara guru dengan orang tua/wali.

Metode dan Media Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

BDR dilaksanakan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang di ke dalam 2 (dua) pendekatan, yaitu :
  • pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring); dan
  • pembelajaran jarak jauh luar jaringan (luring).
Di dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh, satuan pendidikan dapat memilih pendekatan (daring atau luring atau kombinasi keduanya) sesuai dengan ketersediaan dan kesiapan sarana dan prasarana.

Download Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Aktivitas Alternatif PJJ SMA/MA Semester Genap

Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Aktivitas Alternatif PJJ SMA/MA Semester Genap selengkapnya dapat dibaca dan diunduh pada tautan di bawah ini.

Download File:
  • Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Aktivitas Semester Genap Kelas 10 SMA/MA – Modul 1 (Download), Modul 2 (Download)
  • Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Aktivitas Semester Genap Kelas 11 SMA/MA – Modul 1 (Download), Modul 2 (Download)
  • Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Aktivitas Semester Genap Kelas 12 SMA/MA – Modul 1 (Download), Modul 2 (Download)
Demikian yang dapat dibagikan mengenai Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Aktivitas Alternatif PJJ SMA/MA Semester Genap. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Aktivitas Alternatif PJJ SMA/MA Semester Genap"