Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas untuk Alternatif PJJ Kelas 7 8 dan 9 SMP

Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud, telah menerbitkan Buku pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas untuk Kel…

Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas Kelas 7 8 dan 9 SMP
Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud, telah menerbitkan Buku pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas untuk Kelas 7 8 dan 9 SMP.

Buku Pembelajaran Berbasis Aktivitas ini dapat dijadikan sebagai sebuah alternatif Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 7 8 dan 9 SMP semester genap tahun pelajaran 2020/2021.

Buku pembelajaran berbasis aktivitas ini diterbitkan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 agar dapat berlangsung secara lebih efektif.

Peserta didik akan banyak melakukan aktivitas belajar selama di rumah dengan memanfaatkan berbagai lingkungan belajar.

Pembelajaran berbasis aktivitas merupakan proses pembelajaran yang mendorong dan mengembangkan keaktifan peserta didik dalam pemahaman konsep maupun teori melalui berbagai aktivitas pengalaman pada berbagai lingkungan belajar,

Pandemi Covid-19 telah ditetapkan Presiden Republik Indonesia sebagai kedaruratan kesehatan dan bencana nasional non-alam.

Sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga pendidikan.

Setidaknya ratusan ribu sekolah ditutup untuk mencegah penyebaran Covid-19, sekitar 68 juta siswa melakukan kegiatan belajar dari rumah, serta sekitar 4 juta guru melakukan kegiatan belajar mengajar di luar sekolah.

Guna harus memastikan hak belajar setiap anak terpenuhi, meskipun dalam kondisi pandemi. Kemendikbud telah menghadirkan beberapa inisiatif untuk mendukung pelaksanaan belajar dari rumah.

Di dalam rangka meringankan kesulitan pembelajaran di masa pandemi, Pemerintah menyiapkan dukungan kebijakan pelaksanaan kurikulum di masa khusus.

Kurikulum drurat (dalam kondisi khusus) yang disiapkan Kemendikbud merupakan penyederhanaan dari kurikulum nasional.

Pada kurikulum darurat, dilakukan pengurangan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran. Dengan demikian, guru dan peserta didik dapat fokus pada kompetensi esensial dan kompetensi prasyarat untuk kelanjutan pembelajaran di tingkat berikutnya.

Bentuk dukungan tersebut salah satunya adalah dengan menyiapkan modul pembelajaran, seperti halnya Buku Pembelajaran Berbasis Aktivitas ini.

Tujuan Pembelajaran

Melalui aktivitas belajar mandiri ini kalian akan dituntun untuk menentukan struktur dan kebahasaan teks persuasi. Selain itu kalian bisa melakukan telaah pustaka agar dapat menyebutkan dan menjelaskan bagian dari struktur dan kebahasaan teks persuasi tersebut. Berdasarkan kegiatan belajar ini diharapkan kalian menjadi siswa yang memiliki rasa ingin tahu dan mampu berpikir kritis

Aktivitas Pembelajaran

Sebelum aktivitas belajar dimulai terlebih dahulu marilah kita berdoa semoga kegiatan ini menjadi sesuatu yang bernilai manfaat. Senang sekali mengetahui kalian tetap bersemangat melakukan proses belajar. Selalu bersyukur kepada Tuhan atas segala nikmat yang diberikan. Jagalah kesehatan mengingat saat ini coronavirus sedang mewabah. Lakukanlah perlindungan diri dengan cara rajin mencuci tangan memakai sabun dan mengenakan masker kesehatan. Untuk memperdalam pengetahuan tentang teks persuasi, bacalah bahan bacaan atau materi yang ada di bagian bawah atau kalian bisa mencari referensi bacaan lain sebagai bekal pemahaman tentang teks persuasi!

Sumber/Media/Alat

Sumber: Buku paket Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII, Kurikulum 2013, internet, surat kabar, majalah, televisi
Media: WhatsApp, Telegram, Zoom, Google Meeting, Google Classroom, dan Email

Download Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas untuk Alternatif PJJ Kelas 7 8 dan 9 SMP

Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas untuk Alternatif PJJ Kelas 7 8 dan 9 SMP semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021 ini bisa anda download melalui link yang kami sediakan dibawah ini.

Download File:
  • Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas Kelas 7 SMP [Download]
  • Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas Kelas 7 SMP [Download]
  • Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas Kelas 7 SMP [Download]
Demikian informasi mengenai Buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Aktivitas untuk Alternatif PJJ Kelas 7 8 dan 9 SMP yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.