Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Buku Panduan Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 2021 v.01.10


Buku Panduan Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 2021 v.01.10
Panduan Pengisian PDSS 2021
PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa pada dasarnya berisi riwayat kinerja sekolah serta prestasi siswa dalam bidang akademik dengan benar dan lengkap. Seluruh data tersebut digunakan sebagai basis data utama untuk penyelenggaraan dan keikutsertaan siswa dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Di dalam PDSS SNMPTN, sistem dapat mengakomodasi kurikulum nasional 2006 KTSP serta kurikulum 2013 yang terbaru. Dan jika sekolah tidak menggunakan kurikulum nasional, sekolah tidak dapat melakukan pendaftaran di sistem PDSS.

Di samping itu, sistem juga dapat mengakomodasi apabila terdapat perbedaan kurikulum pada semester ganjil dan genap, atau jika sekolah menerapkan kurikulum yang berbeda dari satu semester ke semester berikutnya. Tentu saja pengisian yang dilakukan oleh pihak sekolah harus dilakukan sebenar-benarnya sesuai kondisi nyata, yang ditunjukkan lewat pernyataan Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab kebenaran data pada tahap finalisasi di akhir.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, sistem ini dibutuhkan dalam proses SNMPTN. Dan karena SNMPTN diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT, artinya pangkalan data ini juga dikelola oleh LTMPT.

Agar pihak sekolah dapat melakukan pengisian data ke dalam sistem ini, sekolah harus sudah terdaftar terlebih dahulu di dalam sistem. Kalau sekolahmu ternyata belum pernah terdaftar, kamu bisa hubungi pihak sekolah untuk melakukan pendaftaran. Atau, kamu bisa pastikan juga status sekolah, apakah sekolahmu benar-benar belum pernah terdaftar sama sekali di dalam PDSS, atau sudah terdaftar tapi sekolahmu belum pernah sama sekali mengisi form pendaftaran SNMPTN dan belum melakukan pengisian data.

Panduan Pengisian PDSS 2021

Dokumen ini berisi panduan pengisian PDSS yang harus diisikan oleh pihak sekolah sesuai dengan periode yang sudah ditetapkan oleh LTMPT. PASTIKAN batas waktu pengisian PDSS agar sekolah dapat memanfaatkan dengan baik, waktu yang disediakan. HINDARI mengisi PDSS di hari-hari terakhir agar tidak kesulitan mengakses sistem.

Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan untuk Pengisian PDSS:
  1. Login pada https://pdss.ltmpt.ac.id menggunakan akun yang telah terdaftar di Portal LTMPT.
  2. Pastikan bahwa anda telah menyelesaikan tahapan Penetapan Siswa Eligible sebelumnya. Jika anda belum melakukannya, silakan menyelesaikannya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan di https://www.ltmpt.ac.id/ atau dapat melalui tautan berikut https://www.ltmpt.ac.id/?mid=11.
  3. Jika tahapan 2 sudah selesai dilakukan, selanjutnya adalah mengisikan jenis studi per Siswa per Jurusan.
  4. Definiskan kurikulum setiap semester tingkat sejumlah dengan total semester yang harus ditempuh siswa dikurangi 1 semester yang sedang berjalan.
  5. Definisikan mata pelajaran setiap semester tingkat.
  6. Lakukan finalisasi data kurikulum. Perlu diingat bahwa setelah melakukan finalisasi, sekolah sudah tidak bisa lagi mengubah jenis studi siswa maupun kurikulum dan mata pelajar lagi. Mohon pastikan anda sudah benar dalam pengisian sebelum melakukan finalisasi.
  7. Isikan nilai per siswa per semester tingkat dengan mata pelajaran yang telah didefinisikan sebelumnya. Anda bisa melakukan pengisian per siswa maupun secara bulk upload.
  8. Lakukan finalisasi data nilai. Mohon pastikan anda sudah melakukan pengisian dengan benar sebelum melakukan finalisasi ini.
Setiap tahapan akan dijelaskan lebih detil pada bagian selanjutnya dalam dokumen ini. Jika sekolah kesulitan mengisi, silahkan melaporkan permasalahan yang dihadapi pada kanal bantuan yang telah disediakan oleh LTMPT

Download Pandian Pengisian PDSS Tahun 2021

Selengkapnya mengenai file Buku Panduan Pengisian PDSS 2021 ini bisa anda download melalui link yang kami sediakan dibawah ini.

Download File

Demikian informasi mengenai Buku Panduan Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 2021 v.01.10 yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat...

Artikel Terbaru :

Post a Comment for "Buku Panduan Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 2021 v.01.10"