Lampu Marhaban Ya Ramadhan
TSYpGUCpTSC0BSAiGUO8TSY9Td==

Buku Panduan Bagi Orang Tua untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar Anak

Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar Anak Anak sebagai generasi penerus bangsa yang tumbuh dan berkembang secara terus menerus, berkesinambungan dan berkelanjutan, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak satu dan lainnya ten…

Buku Panduan Bagi Orang Tua untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar Anak
Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar Anak
Anak sebagai generasi penerus bangsa yang tumbuh dan berkembang secara terus menerus, berkesinambungan dan berkelanjutan, dari satu generasi ke generasi berikutnya. Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak satu dan lainnya tentunya berbeda-beda, yang ditentukan oleh pendidikan yang diperolehnya, baik melalui keluarga, sekolah maupun masyarakat, terutama pendidikan yang diperolehnya pada masa usia dini. 

Masa usia dini dikenal sebagai masa emas (golden age) yang ditandai dengan kemampuan otak yang mampu menyerap informasi sangat tinggi yang berdampak pada perkembangan kepribadian maupun kemampuan kognitifnya kelak.

Peserta didik yang berada di SD/ MI kelas awal termasuk dalam rentang anak usia dini (0-8 tahun). Rentang ini termasuk dalam masa transisi/ peralihan dari pra-sekolah (TK) ke sekolah dasar (SD). Pada masa ini anak dituntut untuk mampu mengembangkan berbagai keterampilan dasar yang sifatnya akademis seperti: kemampuan calistung, adaptasi pembelajaran dari individual ke klasikal, penambahan jumlah mata pelajaran yang berimplikasi pada penambahan jumlah waktu belajar yang lebih banyak, serta sistem belajar yang menjadi lebih formal. 

Dalam upaya menyikapi hal tersebut, perlu dilakukan peningkatan regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) anak, yaitu kemampuan individu (anak) untuk dapat berperan aktif dalam proses belajarnya, dengan cara menggunakan proses berpikir (metakognisi), memotivasi diri sendiri, dan mengontrol perilaku dalam mencapai tujuan belajarnya.

Pembentukan regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) ini ditentukan oleh faktor internal yaitu dirinya sendiri, maupun faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Regulasi diri dalam belajar anak ini sangat ditentukan oleh faktor eksternal, khususnya orang tua sebagai lingkungan terdekat anak yang memiliki peranan begitu besar di dalam perkembangan anaknya, dimana pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku orang tua berpengaruh besar terhadap kemandirian, perkembangan kognitif dan keterampilan sosial anak. 

Oleh karena itu diperlukan suatu panduan bagi orang tua untuk dapat meningkatkan regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) anak.

Tujuan

Buku Panduan Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar (Self Regulated Learning) Anak ini, ditujukan untuk memberdayakan para orangtua siswa khusunya orang tua siswa sekolah dasar kelas awal, dalam meningkatkan pengetahuan, sikap maupun keterampilan orang tua dalam membentuk atau meningkatkan regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) anak. Kompetensi yang diharapkan dari orang tua yaitu meningkatnya pengetahuan, sikap maupun keterampilannya dalam hal:
  1. Perkembangan Anak
  2. Pengasuhan Positif
  3. Komunikasi Efektif
  4. Disiplin Positif
  5. Pengenalan Diri
  6. Strategi Belajar

Ruang Lingkup

Secara garis besar materi Buku Panduan untuk meningkatkan regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) anak ini dikelompokan ke dalam enam materi pembelajaran. Pengelompokan materi didasarkan atas pertimbangan kebutuhan anak serta kebutuhan orang tua dan proporsi waktu yang dimiliki orang tua, dimana hal ini telah disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan. Keenam Materi kegiatan belajar tersebut sebagai berikut: 1) Perkembangan Anak, 2) Pengasuhan Positif, 3) Komunikasi Efektif, 4) Disiplin Positif, 5) Pengenalan Diri dan 6) Strategi Belajar.

Manfaat

Manfaat Buku Panduan ini, yaitu agar orang tua dapat membangun regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) anak, melalui pengetahuan, sikap dan keterampilan yang akan ditingkatkan kepada orang tua terkait hal-hal sebagai berikut: Perkembangan Anak (khususnya pada masa transisi/ sekolah dasar kelas awal), Pengasuhan positif, Komunikasi efektif, Disiplin positif, Pengenalan Diri, dan Strategi Belajar. Keenam materi tersebut merupakan berbagai komponen yang diperlukan untuk dapat meningkatkan regulasi diri dalam belajar (self regulated learning) anak.

Download Buku Panduan Bagi Orang Tua untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar Anak

Selengkapnya mengenai Buku Panduan Bagi Orang Tua untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar Anak ini bisa anda download DISINI.

Demikian informasi mengenai Buku Panduan Bagi Orang Tua untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar Anak yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

0Comments

Artikel Terkini

© Copyright - Guru Madrasah - All Rights Reserved - Made with
Added Successfully

Type above and press Enter to search.